Selasa, Januari 18, 2022

Menguji Elektrolit Garam Meja

Must Read

Menguji elektrolit garam meja dengan cara sederhana. Elektrolit adalah bahan kimia yang menghantarkan arus listrik dalam larutan air. Apkah garam meja mampu menghantarkan listrik?

aksiografi.com – Listrik sangat penting bagi alam. Listrik digunakan dalam bentuk arus listrik. Elektrolit adalah bahan kimia yang menghantarkan arus listrik dalam larutan air. Akan tetapi, tidak semua larutan menghantarkan listrik.

Pada percobaan ini kamu akan mempelajari elektrolit yang biasa kamu temui dan membandingkan kekuatannya. Kamu akan meneliti elektrolisis air dan air garam. Kamu juga akan melihat sejarah sel elektrolit dan membuat sel elektrolit sederhana.

Tujuan Pembelajaran

Untuk menyimpulkan apakah garam meja merupakan elektrolit.

Bahan-Bahan

  • isolasi
  • 3 baterai jenis “D”
  • 2 sendok teh (10 ml) garam dapur (natrium klorida)
  • ½ cangkir (125 ml) air suling
  • mangkuk
  • sendok
  • penggaris
  • gunting
  • aluminium foil
  • bola lampu senter

Cara Kerja

Perhatian: Jangan gunakan baterai selain jenis “D” dan jangan gunakan lebih dari tiga baterai. Listrik bisa berbahaya.

1. Ikat dengan isolasi ketiga baterai dengan ujung positif menempel ujung negatif lainnya.

2. Larutkan garam dapur dalam air di dalam mangkuk.

3. Potong aluminium foil dengan ukuran 10 cm x 30 cm.

4. Lipat strip aluminium foil tersebut dengan arah memanjang sebanyak empat kali hingga lebarnya 2,5 cm, dan panjangnya 30 cm.

Baca Juga:   Pengaruh Enzim terhadap Zat Pati

5. Dirikan baterai dengan ujung negatif di dalam mangkuk.

6. Bungkus bagian logam bola lampu dengan salah satu ujung strip foil.

7. Pegang strip foil kuat-kuat, dan tekan pada ujung positif baterai.

8. Letakkan ujung strip foil yang lepas dalam air dekat baterai, tetapi tidak menempel. (lihat Gambar di bawah ini).

Menguji Elektrolit Garam Meja

Hasil

Bola lampu menyala.

Mengapa?

Arus listrik dihasilkan oleh aliran muatan listrik. Pada logam, arusnya disebabkan oleh aliran elektron, dan disebut konduksi logam. Pada larutan, arus disebabkan oleh gerakan ion-ion (partikel-partikel positif dan negatif) dan disebut konduksi ionik. Pada percobaan ini, arus listrik dibawa oleh elektron-elektron dalam aluminium foil dan dalam logam dalam baterai dan juga oleh ion-ion dalam larutan garam. Lampu menyala karena saat arus listrik melewati filamen lampu, filamennya memanas dan memancarkan sinar.

Elektron-elektron tidak mengalir secara spontan. Mereka harus dipicu mengalir dengan kekuatan listrik dari baterai. Ujung negatif baterai mendorong elektron, dan ujung positif baterai menarik elektron. Elektron tidak mengalir keluar dari katoda (terminal negatif) baterai dan berenang melalui larutan ke aluminium foil yang menempel anoda (terminal positif).

Akan tetapi, di terminal negatif, kation (partikel positif) dalam larutan menerima elektron; di terminal positif anion (partikel negatif) mengeluarkan elektron. Jarak antara strip foil dan baterai “dijembatani” saat ion-ion dalam larutan mengambil elektron dari satu sisi dan menambahkan elektron ke sisi satunya.

Baca Juga:   Cara Membuat Fenolftalein, Indikator pH

Cobalah Pendekaan Baru

Natrium klorida (garam meja) adalah sebuah elektrolit (senyawa yang menghantar arus listrik dalam larutan air atau dalam keadaan cair). Uji bahan lain untuk menyimpulkan apakah bahan tersebut elektrolit atau non-elektrolit. Ulangi percobaan tadi dengan mengganti garam dengan bahan lain seperti gula meja (sukrosa) dan garam inggris (magnesium sulfat).

Jumlah ion dalam sebuah larutan berbanding langsung dengan kemampuan larutan menghantar listrik (konduktivitas). Jadi, semakin banyak jumlah ion, semakin terang nyala lampu. Ulangi percobaan awal dengan mengganti garam dengan bahan yang padat (gula dan garam inggris), kemudian menggunakan larutan seperti cuka, soda, jus buah, susu, dan makanan cair lain. Angkat baterai dan aluminium foil dari mangkuk dan cuci dengan air suling setiap pengujian. Bandingkan kekuatan elektrolitik setiap larutan dengan membandingkan intensitas cahaya lampu.

Petunjuk untuk Lomba Karya Ilmiah

Pamerkan bahan-bahan pengujian dengan gambar yang menunjukkan intensitas cahaya yang dihasilkan setiap bahan pengujian.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Kapuk Randu sebagai Penanda Musim

Kapuk randu sebagai penanda musim. Pohon kapuk saat buahnya mulai merekah dan siap berjatuhan menjadi penanda akan masuknya Monsun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img