Cara Mengukur Jarak Fokus dari Lensa Cembung

Must Read

Cara mengukur jarak fokus dari lensa cembung bertujuan untuk menyelidiki pengaruh diameter dan konveksitasnya terhadap jarak fokusnya. Lensa dapat terbuat dari setiap bahan yang transparan atau tembus pandan.

aksiografi.com – Lensa adalah benda transparan atau tembus pandang yang memiliki dua permukaan lengkung atau satu permukaan datar dan satu permukaan lengkung. Lensa dapat terbuat dari setiap bahan yang transparan atau tembus pandang. Lensa itu cembung karena permukaannya yang melengkung keluar.

Dengan kata lain lensa cembung itu adalah juga lensa konvergen karena membiaskan berkas sinar yang melewatinya menuju sebuah titik pusat yang disebut titik fokus. Jarak dari lensa ke titik fokus adalah jarak fokus.

Dalam percobaan ini, kita akan mengukur jarak fokus lensa cembung. Kita akan menyelidiki bagaimana pengaruh diameter dan konveksitas (besarnya permukaan yang melengkung keluar) dari sebuah lensa terhadap jarak fokusnya. Kita juga akan menentukan bagaimana pengaruh posisi sebuah benda dalam hubungannya dengan titik fokus dari sebuah lensa terhadap pembentukan bayangan.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam kali ini bertujuan mengukur jarak fokus dari sebuah lensa cembung.

Bahan-Bahan

  • kartu indeks putih
  • penggaris panjang
  • isolasi
  • lensa pembesar berdiameter 3,75 cm atau lebih

Cara Kerja Mengukur Jarak Fokus

1. Letakkan bagian kartu yang pendek sekitar 1,25 cm dari salah satu ujung kartu di atas titik nol penggaris panjang. Rekatkan kertas pada penggaris panjang dengan menggunakan isolasi dan lipat kartu sehingga berdiri tegak, tegak lurus terhadap ujung penggaris seperti tampak pada Gambar di bawah ini. Kartu berfungsi sebagai layar.

Cara mengukur jarak fokus

2. Berdirilah di luar ruangan pada saat cuaca cerah dengan membelakangi Matahari.

3. Letakkan ujung penggaris yang bebas di atas bahu kananmu, dan pegang penggaris dengan tangan kirimu.

4. Tahan lensa pembesar sedikit di atas penggaris. Lalu gerakkan lensa menuju kertas layar hingga sebuah titik cahaya yang terang terbentuk di atas kertas layar. Setelah itu gerakkan lensa maju dan mundur hingga mencapai posisi titik cahaya yang sekecil dan seterang mungkin. PERINGATAN: Jangan melihat langsung ke arah Matahari, karena dapat merusak matamu. JUGA: Jangan menahan lensa dalam posisi ini selama lebih dari 3 sampai 4 detik karena dapat membuat kertasmu terbakar.

5. Catat jarak antara lensa dan layar.

Hasil Praktek

Praktek cara mengukur jarak fokus dari lensa cembung berhasil. Cahaya yang melewati lensa membentuk sebuah titik yang kecil dan terang di atas kertas layar.

Mengapa?

Lensa adalah benda transparan melengkung yang membiaskan (membelokkan) cahaya. Ini berarti mengubah arah dari cahaya yang melaluinya. Cembung berarti melengkung keluar. Pada kedua sisi kaca pembesar itu melengkung keluar sehingga dinamakan lensa cembung. Lensa ini bernama lensa cembung rangkap atau lensa konvergen rangkap. Lensa cembung tebal di bagian tengah, dan menipis di bagian tepinya.

Garis yang melalui pusat lensa dan tegak lurus dengan permukaannya bernama poros atau sumbu utama. Semua berkas sinar yang memasuki lensa cembung yang sejajar dengan poros utamanya dibiaskan ke arah poros utama, sehingga berkas-berkas cahaya itu mengumpul pada satu titik yang disebut titik fokus lensa.

Cara mengukur jarak fokus

Gambar di atas adalah sebuah contoh dari diagram sinar yang memperlihatkan berkas-berkas sinar yang datang dari sebuah sumber yang jauh, misalnya Matahari. Pada dasarnya berkas-berkas sinar ini sejajar satu dengan yang lain ketika mencapai Bumi. Ketika berkas sinar Matahari yang sejajar dengan sumbu utama memasuki lensa, lensa tersebut menyebabkan berkas-berkas sinar membias dan mengumpul untuk membentuk sebuah titik cahaya yang terang pada titik fokus lensa. Jarak dari titik fokus (titik di atas kartu) ke lensa adalah jarak fokus (F).

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara mengukur jarak fokus dari lensa cembung, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru dengan mengajukan pertanyaan berikut:

Apakah ukuran diameter lensa mempengaruhi jarak fokus (F)? Ulangi percobaan dengan menggunakan beberapa lensa pembesar berdiameter tidak sama.

Selamat Belajar

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img