Gesekan adalah Gaya yang Menahan Gerakan

Must Read

Gesekan adalah gaya yang menahan gerakan yang terjadi pada benda bergerak saat bersentuhan dengan benda lainnya. Itulah yang disebut gaya gesek.

aksiografi.com – Aktivitas sehari-hari, seperti menyapu, menyikat gigi, atau memutar gagang pintu, semuanya termasuk gesekan. Tanpa gesekan, kita tidak dapat memegang sapu, sikat gigi maupun gagang pintu. Tangan kita akan tergelincir dan meluncur seperti sepatu di atas es.

Gesekan juga memperlambat gerak suatu benda. Bola yang dilempar bergesekan dengan udara, dan gesekan yang terjadi antara keduanya memperlambat gerakan.

Dalam uji coba ini, kita akan mengukur gesekan statis (gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan benda) sebuah benda. Kita akan menemukan perbedaan antara gaya gesek statis suatu benda dengan gesekan luncur (gaya yang dibutuhkan agar benda tetap bergerak dengan kecepatan konstan). Kita akan menemukan gesekan mana yang lebih besar. Kita juga akan menghitung berbagai jenis koefisien gesek (perbandingan antara gaya gesek dan berat benda yang bergerak).

Gesekan adalah gaya-gaya yang berlawanan arah dari dua permukaan yang saling bersentuhan. Gesekan bekerja sejajar dengan permukaan yang bersentuhan dengan arah gerak berlawanan. Uji coba ini menunjukkan seberapa besar gesekan dibutuhkan untuk menahan gerakan atau laju suatu benda. Renungkan pembelajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Dibutuhkan suatu usaha sehingga Anda dapat mengukur usaha ketika ketika ingin menghentikan laju pergerakan suatu benda dan memanfaatkan gaya gesek.

Gesekan disebabkan oleh fakta bahwa sehalus apapun permukaan makroskopis (cukup besar untuk dapat dilihat dengan mata telanjang), sebenarnya permukaan mikroskopisnya (sangat kecil sehingga perlu mikroskop untuk melihatnya) kasar. Tidak ratanya kedua permukaan yang saling bergesekan, saling mengunci satu dengan lainnya sehingga menghambat gerakan. Gesekan statis adalah gaya yang melawan awal gerakan sebuah benda.

Dalam percobaan ini, jarak regangan gelang karet (panjang garis sejumlah kotak) menandakan gaya gesek statis antara permukaan karton dan permukaan meja. Semakin teregang karet gelang sebelum karton bergerak, ditunjukkan dengan jumlah kotak yang dilalui garis, semakin besar gaya gesekan statisnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img