Rabu, Juni 16, 2021

Cara Menghasilkan Tanaman Baru

Must Read

Cara menghasilkan tanaman baru dengan pembelahan Perkembangbiakan tanpa hubungan seksual dapat terjadi pada tanaman. Tanaman tidak selamanya membutuhkan bersatunya sel-sel kelamin. Caranya perbanyakan vegetatif.

aksiografi.com – Ada dua bentuk dasar perkembangbiakan organisme hidup. Yang pertama perkembangbiakan seksual, yaitu membutuhkan bersatunya sel-sel kelamin jantan dan betina atau gamet-gamet (sperma dan telur) dalam pembentukan sebuah organisme baru. Yang Kedua adalah perkembangbiakan aseksual yaitu perkembangbiakan tanpa melibatkan alat reproduksi sehingga tidak terjadi proses fertilisasi atau bersatunya gamet jantan dan gamet betina.

Tumbuhan memiliki beberapa perkembangbiakan aseksual alami. Pertama pada umbi meliputi umbi batang seperti kentang dan ubi jalar, dan umbi lapis seperti bawang, dan sera umbi akar seperti dahlia. Kedua pada batang di bawah tanah meliputi sucker seperti pada tanaman pisang dan pinang, rizoma pada tanaman jahe dan lengkuas, serta kormus pada tanaman bakung dan gladiol. Ketiga pada batang menjalar di atas tanah, meliputi stolong atau geragi seperti pada strawberi, runner seperti pada tanaman semanggi, dan offets seperti pada enceng gondok, tunas adventif seperti pada cocor bebek, pinus, dan sukun, serta pada bulbil sepertu pada nanas dan lidah buaya.

Dalam percobaan ini, ktia akan mempelajari bentuk perkembangbiakan yang kedua, yaitu perkembangbiakan aseksual, yaitu perkembangbiakan yang tidak membutuhkan bersatunya sel-sel kelamin. Kemampuan tanaman untuk memperbanyak secara aseksual melalui perbanyakan atau reproduktif vegetatif akan dipelajari. Kita juga akan menemukan beberapa cara dan organ-organ tanaman khusus yang dapat digunakan untuk memperbanyak secara aseksual.

Baca Juga:   Cara Membuat Larutan Tepung Bahan Penelitian
Baca Juga:   Bagaimana Pengaruh Air pada Tekanan Turgor

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk menghasilkan tanaman baru dengan pembelahan.

Bahan-Bahan

  • 2 stoples berukuran 1 liter
  • gunting
  • air suling
  • tanaman bias

Cara Kerja Menghasilkan Tanaman Baru

1. Isi stoples dengan air suling hingga tiga per empat penuh.

2. Gunakan gunting untuk memotong 4 batang sehat tanaman bias dengan daun-daun yang sehat.

3. Letakkan dua batang dengan ujung-ujung yang dipotong berada di bawah, ke dalam setiap stoples yang berisi air suling (lihat Gambar A berikut).

Perkembangbiakan Tanpa Hubungan Seksual

4. Letakkan stoples tersebut di tempat yang dapat langsung menerima sinar matahari.

5. Amati ujung batang yang dipotong setiap hari selama 2-3 minggu.

6. Pindahkan turus-turus ke pot bunga yang diisi tanah untuk pertumbuhan selanjutnya.

7. Sirami tanaman dan amati pertumbuhannya selama beberapa bulan.

Hasil Cara Menghasilkan Tanaman Baru

Hasil pengujian cara menghasilkan tanaman baru atau tanpa hubungan seksual telah berhasil. Dalam 10 sampai 14 hari, akar-akar kecil tampak tumbuh dari ujung batang (lihat Gambar B di atas). Akar-akar ini terus tumbuh. Batang-batang yang ditanam dalam pot tumbuh menjadi tanaman yang mirip dengan tanaman awal (tetua).

Mengapa?

Perkembangbiakan aseksual adalah suatu cara mengembangbiakkan organisme baru dari satu tetua. Salah satu bentuk perkembangbiakan aseksual adalah perbanyakan vegetatif (pembentukan organisme baru dari bagian aseksual satu tetua).

Pada organisme bersel banyak seperti tanaman, setiap potongan bagian-bagian tanaman dapat berkembang menjadi tanaman baru. Akar-akar khusus yang disebut akar-akar adventif, berkembang langsung dari batang atau daun bukan dari sistem perakaran normal.

Baca Juga:   Ikan Menghirup Oksigen dalam Air

Pembelahan (fragmentasi) adalah satu contoh perkembangbiakan aseksual vegetatif. Dalam proses ini, tanaman tumbuh dari bagian yang dipotong dari tanaman tetua. Turus yang diambil dari tanaman bias tumbuh menjadi sebuah tanaman yang sama dengan tanaman tetua. Perkembangbiakan aseksual mempunyai beberapa keuntungan.

Pertama, cara ini dapat digunakan untuk menumbuhkan tanaman-tanaman yang sama lebih cepat dan lebih banyak berhasil daripada cara yang mengandalkan pada perkecambahan biji. Kedua buah-buahan yang tidak berbiji dapat dihasilkan dan diperbanyak melalui perbanyakan vegetatif Ketiga, perkembangbiakan aseksual menghasilkan tanaman baru dengan sifat yang sama persis dengan sifat tetuanya. Beginilah cara mengetahui bagaimana tanaman melakukan perkembangbiakan tanpa hubungan seksual

Baca Juga:   Ikan Menghirup Oksigen dalam Air

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara menghasilkan tanaman baru, maka kita akan melakukan dengan pendekatan baru sebagai berikut:

Apakah daun mempengaruhi kemampuan batang untuk berkembangbiak dengan cara pembelahan? Ulangi percobaan dua kali, pertama dengan menggunakan batang tanpa daun, kedua menggunakan batang dengan jumlah daun lebih banyak daripada batang-batang yang digunakan pada percobaan semula.

Setelah Anda melakukan percobaan dengan pendekatan baru di atas, sampaikanlah hasilnya pada kolom komentar di bawah. Berbagilah dengan teman-temanmu, sampaikan hasil percobaanmu. Jika berkenan, tulislah lalu kirim ke email aksiografi.com agar dapat dimuat di laman Sekolah Alam.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img