Cara Membuat Model Deformasi 17 Lapisan

Must Read

Cara membuat model deformasi 17 lapisan kerak Bumi dengan cara sederhana. Terjadinya deformasi karena adanya perubahan bentuk atau ukuran suatu benda dari yang baik menjadi kurang baik.

aksiografi.com – Perubahan bentuk atau deformasi pada kerak bumi terjadi akibat adanya aktivitas gempa bumi dan letusan gunung. Guncangan ini mengakibatkan adanya tekanan pada lapisan batuan dan aliran materi dalam kondisi cair, semi padat, maupun padat.

Aliran materi dalam kondisi cair bisa menyebabkan proses terjadi erosi. Letusan gunung mengakibatkan terjadinya proses pembentukan batuan beku akibat suhu tinggi dalam bumi. Gempa bumi mengakibatkan deformasi atau canggaan adalah perubahan bentuk dan atau ukuran suatu benda dari kondisi baik menjadi kurang baik.

Dalam ilmu pengetahuan geologi, kajian ini disebut dengan reologi kerak bumi. Pergerakan ke atas dan bawah serta keluar dan masuk pada lapisan-lapisan tidak selalu terlihat dari luar. Sebab tanda pada permukaan bisa terkikis dengan berlalunya waktu. Jadi, corak lapisan yang terletak di bawah permukaan Bumi yang mengalami deformasi sering kali baru kelihatan saat bagian-bagian Bumi dipotong, seperti saat pembuatan jalan.

Dalam percobaan ini, kamu akan memperagakan tiga jenis tekanan penyebab deformasi pada batuan yaitu pemampatan, tegangan, dan geseran, juga jenis deformasi lain yang disebabkan oleh tiap-tiap jenis tekanan.

Memulai Percobaan

Mulailah percobaan dengan mencari bahan-bahan dan peralatan sederhana. Praktek ini dilakukan berdasarkan prinsip Sekolah Alam dengan memanfaatkan media dan bahan di sekitar lingkungan kita sambil belajar mengenal alam. Percobaan ini bertujuan untuk membuat model terbentuknya lipatan antiklinal.

Bahan-Bahan

  • spidol permanen
  • air leding
  • spons

Cara Kerja

1. Gunakan spidol untuk membuat garis mengelilingi spons melalui bagian tengah pinggiran luarnya.

2. Basahi spons dengan air agar spons lentur, letakkan spons di atas meja.

3. Tanpa mengangkat spons, dorong dengan tangan bagian ujung yang pendek ke arah tengah spons (lihat Gambar di bawah ini). Amati pergerakan dan bentuk spons.

Cara Membuat Model Deformasi

Hasil Cara Membuat Model Deformasi

Hasil pengujian cara membuat model deformasi menunjukkan bagian tengah spons melengkung ke atas membentuk sebuah lengkungan.

Mengapa?

Garis yang digambar pada spons membagi spons menjadi lapisan-lapisan yang mewakili strata (lapisan-lapisan material batuan) dalam kerak Bumi. Gaya yang diberikan pada spons mewakili bentuk tekanan, yaitu gaya yang bekerja pada batuan di kerak Bumi, menyebabkan pergerakan atau perubahan bentuk atau volume.

Jenis tekanan yang ditunjukkan dalam percobaan ini adalah kompresi atau pemampatan (saling menekan) batuan. Pemampatan dapat menyebabkan batuan patah atau melengkung. Pergerakan spons menunjukkan lipatan atau lengkungan lapisan batuan. Lipatan yang menghasilkan bentuk lengkungan ke atas disebut lipatan antiklinal.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara memuat model deformasi dengan sederhana, kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru.

Sinklinal adalah lipatan yang melengkung ke bawah, membuat bentuk seperti lembah. Pegang spons dari percobaan dan berikan gaya pemampatan yang menyebabkannya melengkung ke bawah. Dengan sedikit mengangkat tanganmu, pertama-tama kamu bisa membuat lipatan antiklinal, kemudian lipatan sinklinal.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img