Minggu, Juli 25, 2021

Cara Membedakan Ciri Fisik Mineral

Must Read

Cara membedakan ciri fisik mineral pada litosfer Bumi dengan cara sederhana ala Sekolah Alam. Tujuannya untuk menentukan bobot atau berat jenis mineral.

aksiografi.com – Litosfer Bumi terdiri atas kulit kerak dan mantel bagian atas. Litosfer kebanyakan terdiri atas mineral-mineral, yaitu benda padat anorganik yang terbentuk secara alami dan mempunyai komposisi kimia tertentu serta sifat fisik yang jelas.

Dalam percobaan ini, kita akan mempelajari sebuah metode untuk menentukan bobot jenis mineral dan mengetahui bagaimana heft dapat digunakan untuk mengidentifikasi mineral. Kita juga akan menunjukkan perbedaan antara cleavage (belahan mineral) dan fracture (retakan mineral). Kita akan menggunakan mineral dan benda sehari-hari untuk menunjukkan kekerasan mineral. Kita akan belajar bagaimana cara menguji kilau dan gemerlap mineral. Ini semua nantinya akan gunakan sebagai alat peraga yang menunjukkan karakteristik mineral.

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan bobot jenis mineral.

Bahan-Bahan

  • mangkuk berukuran 2 liter
  • air
  • seutas tali sepanjang 60 cm
  • kuarsa seukuran kepalan tangan, atau mineral apa pun yang air seukuran
  • timbangan gantung (lihat gambar)

Cara Kerja

1. Penuhi sekitar tiga perempat mangkuk dengan air.

2. Ikat mineral dengan tali dan buat sebuah simpul di ujung tali yang bebas.

3. Masukkan simpul pada gantungan timbangan dan timbang massa mineral dalam gram (lihat Gambar A di bawah ini). Catat ukuran sebagai massa 1  (M₁)

4. Masukkan mineral yang masih tergantung pada timbangan ke dalam mangkuk berisi air (lihat Gambar B di atas ). Jangan biarkan mineral menyentuh dasar atau sisi mangkuk. Catat ukuran ini sebagai massa 2 (M₂)

Baca Juga:   Bumi Berotasi Menampilkan Bintang Bergerak
Baca Juga:   Mengapa Diameter Kutub Berbeda dengan Ekuator Bumi

5. Tentukan massa air yang tumpah oleh mineral dengan menghitung selisih M₁ dan M₂. Catat jawabannya sebagai massa 3 (M₃)

Contoh:

                      M₃  = M₁ – M₂

= 530 g – 330 g

= 200 g

6. Gunakan contoh berikut ini untuk menentukan berat jenis mineral (BJ), yaitu perbandingan massa mineral di udara dengan massa air yang tumpah.

Contoh:

BJ = M₁ : M₃

     = 530 g : 200 g

     = 2,65

Hasil Cara Membedakan Ciri Fisik

Sebuah cara untuk menentukan berat jenis mineral. Berat jenis mineral pada contoh adalah 2,65.

Mengapa?

Kebanyakan unsur pada kerak Bumi berbentuk mineral. Mineral yang ditemukan di Bumi bisa berbentuk unsur tunggal padat atau hasil persenyawaan dan mempunyai empat ciri dasar: (1) terjadi secara alami; (2) dalam bentuk anorganik (tidak berasal dari makhluk hidup); (3) mempunyai komposisi kimia yang pasti, maksudnya adalah mineral mengandung senyawa-senyawa atau unsur-unsur sejenis dalam perbandingan sama; dan (4) mempunyai struktur kristal (atom-atom yang diatur sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk geometris tertentu).

Salah satu cara membedakan mineral yang satu dengan mineral yang lain adalah dengan melihat berat jenis mineral tersebut. Cara menghitung berat jenis mineral, bagilah massa mineral dengan massa air yang ditumpahkan oleh mineral tersebut. Berat jenis menunjukkan perbandingan berat mineral dengan air. Mineral pada contoh 2,65 kali lebih berat dibandingkan dengan air pada volume yang sama.

Baca Juga:   Cara Mengukur Butiran Air Hujan

Kebanyakan berat jenis mineral berkisar dari 2 sampai 5. Karena tiap-tiap mineral mempunyai berat jenis tertentu, ciri ini dapat digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan identitas sebuah mineral. Berat jenis tidaklah selalu dihitung dengan menggunakan timbangan. Sebagai gantinya, berat jenis bisa dihitung menggunakan heft mineral. Heft adalah alat pengukuran yang subjektif. Kamu melakukan pengukuran heft dengan cara memilih mineral-mineral yang memiliki volume sama dan membandingkan beratnya.

Baca Juga:   Cara Mengukur Butiran Air Hujan

Emas dan pirit adalah mineral yang kelihatan mirip, akan tetapi berat jenis emas adalah 19,3 dan berat jenis pirit adalah 5,0. Jadi, meskipun bukan suatu pengukuran yang tepat, heft dapat dengan mudah menentukan bahwa heft emas lebih besar dari heft pirit.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara membedakan ciri fisik mineral pada litosfer Bumi berdasarkan berat jenis mineral, kita akan melakukan pendekatan baru dengan cara berikut:

Apakah ukuran sebuah contoh mineral berpengaruh pada berat jenisnya? Ulangi percobaan sebanyak dua kali. Pertama, gunakan sepotong kuarsa berukuran besar. Kedua, gunakan contoh mineral kuarsa yang lebih kecil.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Gunakan contoh-contoh mineral dan hasil hitungan berat jenisnya sebagai bagian proyek pameranmu untuk dipertunjukkan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img