Ilalang Memiliki Efek Penyembuhan

Must Read

Ilalang memiliki efek penyembuhan. Tumbuhan liat ini mengandung berbagai zar kimia antara lain manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali.

aksiografi.com – Ilalang atau alang-alang bukan hanya tumbuhan liar yang hidup di sembarang tempat. Namun alang-alang juga mengandung khasiat pengobatan sehingga ilalang termasuk tanaman obat.

Klasifikasi Ilalang

Alang-alang dalam bahasa Latin Imperata cylindrica (L.) termasuk ke dalam famili tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman herba ini sejenis rumput yang berdaun tajam. Dalam dunia pertanian, tanaman ini biasa menjadi gulma karena dapat berkembang biak dengan cepat melalui benih-benihnya yang tersebar cepat melalui tiupan angin.

Di berbagai daerah lain, ilalang terkenal dengan nama daerah alalang, halalang (Banjar, Minangkabau.), lalang (Melayu, Madura, Bali), eurih (Sunda), rih (Batak), jih (Gayo), re (Sasak, Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba), kambengan dan lain-lain.

Di berbagai negara yang menggunakan bahasa Inggris tanaman ini mendapat sebutan sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Sedang orang Belanda menyebutnya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

bubuk ilalang

Morfologi Ilalang

Rumput ini dapat hidup menahun sepanjang musim dengan tunas panjang dan bersisik, merayap di bawah tanah. Ujung tunas yang muncul d tanah cukup runcing tajam. Batangnya pendek menjulang ke atas tanah dan berbunga, biasanya warna keunguan. Tingginya berkisar hingga 1,5 meter.

Lagurus cylindricus L. nama bahasa latin lainnya ini memiliki daun berbentuk garis lanset berujung runcing, dengan pangkal menyemit dan berbentuk talang, bertepi sangat kasar dan bergerigi tajam. Panjang daunnya 12 – 19 sentimeter. Sedangkan karangan bunga dalam malai, memiliki panjang 6–28 sentimeter, dengan anak bulir berambut panjang warnah putih berukuran 1 sentimeter.

Kemampuan alang-alang berbiak dengan cepat karena benih-benihnya dapat tersebat cepat tertiup angin atau rimpangnya yang mudah menembus tanah yang gembur. Alang-alang hanya mudah tumbuh di tanah yang subur. Dan sebaliknya tidak suka di tanah yang gersang atau berbatu-batu.

Manfaat Alang-Alang

Secara umum alang-alang berfungsi melindungi lahan terbuka yang mudah erosi karena kemampuan tumbuhnya yang sangat cepat, jalinan rimpang dalam tanah, termasuk tutupan daunnya sangat rapat.

Bagi Orang Bali, daun alang-alang yang kering berguna sebagai atap rumah. Bukan hanya daunnya saja, serta halus dari malai bunganya berfungsi sebagai pengganti kapuk untuk alas tidur (kasur) atau bantal.

Efek Farmakologis Ilalang

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia senyawa alami antara lain manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali.

Kandungan inilah yang memiliki efek farmakologis segai anti piretik yang berfungsi menurunkan pana pada orang yang sedang demam. Efek penyembuhan lainnya tanaman ini adalah dierutik atau peluruh kemih dan hemostatik atau dapat menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa haus, meridian paru lambung dan usus kecil.

Penulis: Suharni Yusuf

Editor: Gusti Zainal

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img