Selasa, September 28, 2021

Masyarakat Sulawesi Dapat Menyaksikan Super Blood Moon pukul 17.44.38 WITA

Must Read

Masyarakat Sulawesi Dapat Menyaksikan Super Blood Moon ketika terjadi fase U1 pada pukul 17.44.38 WITA pada hari ini, 26 Mei 2021.

Aksiografi.com – Gerhana bulan total atau biasa disebut ‘Super Blood Moon’  terjadi pada tanggal 26 Mei 2021 tepatnya pada pukul 15.46.12 WIB, 16.35.12 WITA, dan 17.46.12 WIT. Gerhana bulan total ini akan berlangsung selama lima jam sebagaimana dilansir oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG menyebut akan terjadi tujuh fase gerhana bulan total yaitu fase P1 sebagai fase awal gerhaba, fase U1 sebagai gerhana bulan sebagian, fase U2, sebagai fase mulai gerhana total, fase puncak sebagai gerhana total, fase U4 sebagai berakhirnya sebagian gerhana bulan, dan fase P4 sebagai berakhirnya gerhana bulan.

Baca Juga:   Anjing Serigala Purba berusia 18.000 tahun

Ketujuh fase ini dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia namun tidak semua fase dapat disaksikan di setipa pulau. Seperti yang terjadi di Sulawesi. Masyarakat sulawesi hanya dapat menyaksikan gerhana bulan total mulai dari fase U1, fase U2, fase puncak, fase U3, fase U4, dan fase P4. Sementara fase P1 sebagai fase permulaan masyarakat Sulawesi tidak dapat menyaksikannya hanya masyrakat Papua saja.

Baca Juga:   3 Januari Hari Departemen Agama Republik Indonesia

Bagi masyarakat Sulawesi dapat menyaksikan gerhana bulan total atau “super blood moon’ mulai pukul 17.44.38 di fase U1 dan fase-fase selanjutnya. Bagi masyarakat muslim ketika terjadi gerhana baik gerhana matahari maupun gerhana bulan disunnahkan melakukan shalat sunah gerhana dua rakaat.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca Juga:   Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Selama 5 Jam

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img