Cina Bakal Menjadi Negara Kuasa Teknologi AI

Date:

Cina bakal menjadi negara kuasa di bidang Teknologi Artificial Intelligence (AI). Negara tirai bambu itu telah mengeluarkan regulasi agar setiap perusahaan untuk memperoleh izin sebelum mengembangkan dan meluncurkan sistem AI.

aksiografi.com – Selain menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia, China kini juga tengah menguasai dunia dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang canggih. Dalam perkembangan inovasinya, China berhasil melampaui Amerika Serikat (AS) dan menjadi pemimpin dalam pengembangan teknologi AI.

Menurut Marc Andreessen, seorang miliarder sekaligus Co-Founder Venture Capital (VC) Andreessen Horowitz, China akan menguasai dunia dengan teknologi AI karena pengembangan teknologi ini di negara tersebut sangat pesat dan unggul. Sementara itu, AS tidak serius dalam melihat peran AI di masa depan.

Teknologi AI memiliki potensi untuk membawa perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, China telah mengambil langkah besar dalam mengembangkan AI, bahkan mengalahkan AS. Bukan tidak mungkin China akan memimpin dalam pengembangan AI dan menguasai dunia, seperti Marc Andreessen sampaikan.

Partai Komunis China memiliki pendekatan khusus dalam penerapan AI. Mereka bahkan secara terbuka mengumumkannya. China berencana untuk mentransfer teknologi AI kepada negara-negara otoriter lain untuk menjalankan sistem berbasis AI yang bersifat otoriter. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi sebagian pihak, termasuk Andreessen, yang mengingatkan pemerintah AS untuk tidak mengabaikan dominasi mereka dalam teknologi AI demi kelangsungan demokrasi.

Regulasi AI China

Pemerintah China melalui The Cyberspace Administration of China (CAC) telah mengeluarkan regulasi yang mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk memperoleh izin sebelum mengembangkan dan meluncurkan sistem AI. China ingin mencapai keseimbangan antara pengembangan teknologi AI yang revolusioner dengan pengendalian konten.

Regulasi yang diterapkan oleh pemerintah China bukanlah hal baru, mengingat China selalu memiliki aturan yang ketat. Sebelumnya, mereka juga mengharuskan perusahaan mendaftarkan produk mereka ke otoritas China dalam waktu 10 hari kerja setelah diluncurkan.

China mengambil langkah-langkah untuk merespons kemunculan sistem AI generatif dengan caranya sendiri. Melalui peraturan itu, konten harus memenuhi nilai-nilai inti sosialis dan tidak boleh berisi hal-hal yang dapat merongrong kekuasaan negara, mendukung penggulingan sistem sosialis, menghasut perpecahan negara, atau merongrong persatuan nasional.

Perusahaan teknologi seperti Baidu dan Alibaba juga telah berkoordinasi dengan regulator dalam beberapa bulan terakhir untuk memastikan bahwa sistem AI yang mereka kembangkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Uni Eropa juga telah mengusulkan regulasi yang sangat ketat terkait teknologi AI, yang telah memicu protes dari perusahaan dan eksekutif di wilayah tersebut. AS juga telah mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengendalikan AI, sementara Inggris tengah melakukan tinjauan terhadap teknologi AI.

Keberadaan regulasi dan ketentuan terkait AI ini telah memunculkan kekhawatiran di kalangan pengusaha. Banyak perusahaan yang mengkritik dan mengirimkan nota protes terhadap rencana undang-undang AI di Uni Eropa, karena hal itu dapat membahayakan daya saing dan kedaulatan teknologi Eropa.

Pengembangan teknologi AI menjadi isu yang semakin kompleks dan penting dalam perkembangan dunia saat ini. China telah mengambil langkah besar dalam mendorong inovasi dan penggunaan AI, sehingga memosisikannya sebagai pemimpin dalam bidang teknologi ini. Bagaimana peran dan pengaruh China dalam penguasaan teknologi AI akan terus menjadi sorotan dalam dunia teknologi informasi ke depan. Para pengamat memprediksi Cina bakal menjadi negara kuasa AI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...