Mengapa Rotasi Venus Terbalik dari Bumi?

Must Read

Mengapa rotasi venus terbalik dari bumi? Venus sebagai planet kedua terdekat dengan matahari memiliki rotasi yang unik ketimbang yang lain. Perputaran venus atau sekali revolusi dalam mengelilingi matahari ia membutuhkan waktu 243 hari di Bumi. Selain itu rotasi venus juga terbalik jika terlihat dari Bumi.

aksiografi.com – Dalam sistem tata surya, planet-planet mengelilingi matahari dengan lintasannya masing-masing yang berbentuk elips. Perputaran planet itu disebut sebagai revolusi. Planet-planet itu juga berputar pada porosnya masing-masing yang disebut rotasi.

Dari delapan planet dalam sistem tata surya Bimasakti, Venus sebagai planet kedua terdekat dengan matahari memiliki rotasi yang unik ketimbang yang lain. Berbeda dengan Bumi, Venus berputar sangat lambat pada porosnya. Perputaran Venus atau sekali revolusi dalam mengelilingi matahari ia membutuhkan waktu 243 hari di Bumi. Selain itu rotasi Venus juga terbalik jika tampak dari Bumi.

Tujuan Pembelajaran

Prakterk Sekolah Alam kali ini bertujuan untuk mendemonstrasikan mengapa rotasi Venus terbalik dari Bumi.

Bahan-Bahan

Pensil atau pulpen

penggaris

manila

map kertas

model planet

busur derajat dari Eksperimen 14, “Sisi Utara”

Cara Kerja

1. Gunakan pena dan penggaris untuk menggambar dua garis tegak lurus satu sama lain di tengah satu sisi map. Tandai sebuah titik di map tempat garis bersilangan.

2. Gunakan pena untuk memberi label “Bidang Orbital” pada garis horizontal.

3. Mulai dari titik, gunakan busur derajat untuk mengukur dua sudut, 23 ° dan 178 °. Gambar garis pada folder untuk menunjukkan setiap sudut dan beri label sudut seperti yang petunjuk pada gambar.

4. Letakkan map di atas meja.

5. Untuk merepresentasikan rotasi bumi, pegang ujung penghapus pensil di satu tangan dan ujung runcing di tangan lainnya. Pegang pensil secara vertikal dan ekuator planet model di depan titik pada map. Dengan mempertahankan planet di depan titik, putar pensil berlawanan arah jarum jam sementara Anda memiringkan bagian atas pensil ke kiri 23 ° dari garis vertikal. Pensil akan sejajar dengan garis bertanda 23 °. Perhatikan posisi penghapus dan arah putaran bola.

6. Untuk merepresentasikan rotasi Venus, ulangi langkah 5, dengan memiringkan ujung penghapus pensil 178 °.

mengapa rotasi venus terbalik dari bumi

Hasil

Ujung penghapus model Bumi menempel dan ujung runcing model Venus menempel. Model Bumi berputar berlawanan arah jarum jam dan model Venus berputar searah jarum jam.

Mengapa?

Dalam percobaan ini, garis horizontal pada map mewakili bidang orbit planet yang mengelilingi Matahari. Kutub utara model terakili ujung pensil yang mencuat di atas bidang orbit. Model Bumi dan Venus diputar ke arah yang sama selama eksperimen. Saat sumbu Venus dimiringkan 177 °, modelnya berubah hampir terbalik dan ujung pensil yang berlawanan menempel, menyebabkan rotasi terbalik dari Bumi.

Semua planet kecuali Pluto, Uranus, dan Venus memiliki rotasi berlawanan arah jarum jam yang terlihat dari kutub utaranya. Rotasi berlawanan arah jarum jam planet ditentukan secara sewenang-wenang sebagai normal dan disebut rotasi langsung. Karena kemiringan sumbu Pluto, Uranus, dan Venus lebih dari 90 °, mereka memiliki rotasi mundur (mundur) searah jarum jam.

Artikel ini juga tersajikan dalam versi bahasa Inggris.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img