Selasa, April 13, 2021

Bekas Cacing sebagai Pupuk Organik Terbaik

Must Read

aksiografi.com – Bekas Cacing (Kascing) merupakan kotoran cacing yang dihasilkan selama proses regenerasi. Kascing merupakan salah satu jenis pupuk organik yang saat ini dan sering dipakai oleh petani dan mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, karena pupuk organik kascing merupakan salah satu pupuk organik yang cukup lengkap kandungan unsur haranya.

Resep cara pembuatan kascing ditinjau dari segi Ilmu Tanah. Tahap-tahap dalam pembutan kascing ini adalah pembuatan media, persiapan benih, penebaran benih, pemeliharaan dan panen. Sedangkan bahannya adalah limbah dalam hal ini adalah limbah Rumah Potong Hewan (RPH).

Pembuatan media yang dipakai untuk tempat hidup cacing sebaiknya merupakan kompos setengah matang, oleh karena itu limbah RPH sebaiknya dikomposkan dulu selama 15 hari. Selanjutnya diatur dalam bentuk bedengan dengan panjang sekitar 5 meter, lebar 1 meter dan tinggi 20 sentimeter.

Pemeliharaan dan penebaran benih. Cacing yang digunakan harus sehat dengan dengan ciri panjang 7-15 sentimeter, diamater 4-6 milimeter dan warna kemerah-merahan hingga ungu tua. Selanjutnya ditebar secara merata. Nah bila cacingnya gelisah, berarti medianya tidak cocok, kalo cacingnya aktif dan langsung masuk, menandakan medianya cocok.

Pemeliharaan. Pertama, berikan makanan agar cacingnya tidak mati kelaparan. Makanannya dihaluskan (diblender) dengan perbandingan pakan dan air adalah 1:1. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban medium serta di aduk tiap 3 hari agar aerasinya juga terjaga. Ngaduknya jangan pakai sekop, tapi garpu yg sebesar sekop. Ada hal yg penting yg harus diiingat, cacing memakan makanan seberat badannya sendiri tiap hari. Jadi pemberian makanan tiap hari harus sebanyak berat cacing yang ditebar.

Panen. Sebelum panen ada baiknya mengetahui ciri-ciri bekas cacing yang siap panen. Menurut pengalaman, kascing yang siap panen itu mempunyai warna kehitam-hitaman dan serpihan-serpihan yang lembut. Untuk memisahkan cacing dan bekas cacing. Kita perdaya cacingnya dengan lampu, cacingkan sangat sensitif terhadap cahaya. Caranya dengan menumpuk media seperti piramida dan lampu disinarkan di puncak piramida. Nanti cacingnya akan menuju tempat yang gelap, dan dipisahin dah.

Cara Budidaya Cacing

Pemilihan tempat pembuatan kascing merupakan tempat yang mudah diawasi dan tidak terkena sinar matahari secara langsung seperti di bawah pohon rindang, di samping rumah atau di buatkan rumah-rumahan khusus sehingga tidak meneruskan matahari dan tidak menyimpan panas.

Berikut persyaratan lokasi budidaya cacing.
1. Tanah sebagai media hidup cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang besar.
2. Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.
3. Untuk pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dengan kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
4. Kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %.
5. Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15–25 derajat C atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat C masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal.

Lokasi pemeliharaan cacing tanah diusahakan agar mudah penanganan dan pengawasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung, misalnya di bawah pohon rindang, di tepi rumah atau di ruangan khusus (permanen) yang atapnya terbuat dari bahan-bahan yang tidak meneruskan sinar dan tidak menyimpan panas.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img