Posisi Matahari Selama Setahun

Posisi Matahari selama setahun dengan melihat zodiak planet-planet. Matahari bergerak berlawanan dengan arah jarum jam dan ke arah timur terhadap konstelasi.

aksiografi.com – Dilihat dari Bumi, benda-benda angkasa tampak bergerak melintasi langit. Gerakan tampak ini dapat diprediksikan dari hari ke hari. Posisi setiap benda angkasa dapat digambarkan menurut zodiak, sekumpulan bintang yang membatasi ekiiptik, jalur tahunan tampak Matahari.

Dalam percobaan ini, kita akan menggunakan zodiak untuk memprediksikan lokasi Matahari dan planet-planet yang dapat dilihat dengan mata telanjang – Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus – pada tanggal tertentu. Kita juga akan mengetahui cara untuk memprediksi apakah Venus atau Merkurius akan muncul sebagai “bintang” fajar atau sore.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Astronomi kali ini bertujuan untuk memperagakan posisi Matahari selama satu tahun.

Bahan-Bahan

  • gunting
  • penggaris
  • kertas karton putih persegi dengan rusuk 25 cm
  • pelubang kertas satu lubang
  • jangka
  • busur derajat
  • bolpoin
  • paku pines

Cara Kerja

1. Buatlah potongan karton seukuran 2,5 x 17,5 cm. Guntinglah dari tepi.

2. Buatlah satu lubang di tengah kertas karton dan 10 cm dari ujung potongan.

3. Pada potongan kertas karton yang lebih besar, buatlah lingkaran dengan diameter 20 cm. Guntinglah lingkaran tersebut. Lingkaran ini menjadi roda konstelasimu.

4. Gunakan busur derajat, penggaris, dan bolpoin untuk membagi roda konstelasi menjadi dua belas bagian, masing-masing berukuran 30° .

5. Di sekeliling tepi roda, tulislah nama-nama dan tanggal-tanggal 12 konstelasi dari Tabel Data Zodiak, satu konstelasi di setiap bagian, seperti yang ditunjukkan di Gambar Zodiak.

Posisi Matahari Selama Setahun
Posisi Matahari Selama Setahun

B. Gunakan ujung jangka untuk membuat lubang di tengah-tengah roda.

7. Ambil potongan dari langkah (1). Posisikan lubangnya di atas lubang roda. Tekan pines menembus lubang dan lekatkan.

8. Buatlah gambar matahari di ujung potongan sejajar dengan tepi roda. Tulislah “Matahari” di dekat gambar. Di dekat pines, tulislah “Bumi” .

9. Usahakan roda konstelasi tidak bergerak ketika kamu memutar potongan kertas sehingga Matahari bergerak melintasi bintang secara berurutan. Perhatikanlah hal-hal berikut ini.

  • Arah gerakan Matahari terhadap konstelasi
  • Posisi Matahari terhadap konstelasi
  • Jarak waktu antarkonstelasi

Hasil

Matahari bergerak berlawanan dengan arah jarum jam dan ke arah timur terhadap konstelasi. Ketika bergerak, Matahari melewati konstelasi yang berbeda-beda kira-kira setia p 30 hari.

Mengapa?

Seandainya kamu dapat melihat Kutub Utara dari angkasa, kita akan melihat Bumi berputar berlawanan dengan arah jarum jam mengelilingi Matahari. Bagi para pengamat di Bumi, Matahari bergerak ke arah timur di antara bintang-bintang di sepanjang jalur yang disebut ekliptik.

Ekliptik melintasi sebuah daerah konstelasi yang mengelilingi kubah angkasa. Daerah ini disebut zodiak, dan konstelasi (gugusan bintang yang membentuk sebuah pola) di sepanjang daerah tersebut disebut konstelasi zodiak. Di zaman kuno, para pengamat langit membagi daerah ini menjadi 12 bagian, setiap bagian mempunyai luas kira-kira 30°, dengan satu konstelasi di setiap bagian.

Dilihat dari Bumi, konstelasi zodiak menjadi latar belakang bagi Matahari. Di waktu-waktu tertentu, Matahari dikatakan berada “di ” sebuah konstelasi khusus. Di posisi ini, sebuah garis lurus khayal terbentang dari Bumi menembus Matahari menuju konstelasi.

Ketika Matahari berada di sebuah konstelasi, sinarnya begitu terang sehingga bintang-bintang di konstelasi tidak dapat dilihat. Matahari dan konstelasi tampak bergerak dari timur ke barat. Dari hari ke hari, gerakan tampak Matahari kira-kira 4 menit lebih lambat daripada gerakan tampak konstelasi.

Jadi, konstelasi kira-kira 1 ° lebih jauh ke barat daripada Matahari setiap harinya. Di akhir masa 30 hari, Matahari berada di konstelasi 30° ke timur. Ini membuat Matahari tampak bergerak ke arah timur melalui konstelasi zodiak.

Cobalah Pendekatan Baru

Bumi bergerak mengelilingi Matahari; Matahari tidak bergerak mengelilingi Bumi. Untuk menunjukkan hubungan antara Bumi dan Matahari dengan konstelasi zodiak, guntinglah potongan kertas karton baru dengan panjang 7,5 cm. Lubangi dan lekatkan roda konstelasi yang telah kamu buat sebelumnya. Berilah label “Matahari” di dekat pines.

Gambarlah Bumi di ujung pendek potongan karton. Gambarlah sebuah garis lurus dari Bumi melalui Matahari dan melewati paku pines sampai ke ujung potongan karton satunya. Buatlah mata panah yang menunjuk ke sebuah konstelasi (lihat Gambar berikut ini).

Posisi Matahari Selama Setahun

Putarlah potongan seperti sebelumnya, dengan memperhatikan konstelasi di ujung panah dengan pergerakan Bumi setiap 30°. Kamu dapat memberi label pada potongan pertama yang kamu buat dengan “Inilah yang Tampak” dan potongan kedua dengan “Inilah yang Sebenarnya”.

Selamat Belajar!