Rabu, Juni 16, 2021

Peta adalah Pedoman Menjelajahi Bumi

Must Read

Peta dan globe adalah pedoman menjelajahi bumi bukan menjelajahi luar angkasa. Uji coba ini untuk membuat model garis meridian (garis bujur) pada sebuah bola dunia.

aksiografi.com – Sebuah peta merupakan gambaran penampakan dari sebagian atau keseluruhan permukaan Bumi. Peta bisa berbentuk bola seperti bentuk Bumi Bulat (globe earth) atau bumi datar (flat earth).

perbandingan globe earth dan flat earth

Perdebatan ini sejak dimulai sejak lama dan globe earth akhirnya mendominasi hingga munculnya flat earth yang membantah semua teori globe earth. Perdebatan masih terus berlanjut hingga sekarang dengan menggunakan teknologi canggih. Teknik kuno digunakan menentukan ukuran dan bentuk bumi adalah metode geometris yang diperkenalkan Eratosthenes, filsuf Yunani.

Semua jenis peta mempunyai garis-garis yang saling menyilang yang digunakan untuk menunjukkan koordinat dari sebuah lokasi tertentu. Garis-garis rujukan ini disebut garis meridian (garis bujur) dan garis paralel (garis lintang). Pada postingan sebelumnya, kita juga sudah menguraikan metode percobaan untuk membuat model hari pada tahun sideris.

Dalam percobaan ini, kita akan mempelajari dan membuat model garis meridian dan paralel pada globe earth. Khusus untuk membuat model garis meridian dan paralel berdasarkan flat eath akan kita ulas pada percobaan berikutnya.

Kita juga akan belajar sebuah teknik mengukur garis bujur dan menentukan garis bujur tempat tinggalmu. Proyeksi planar (bidang), sebuah metode untuk membuat peta datar, juga akan kita peragakan.

Memulai Percobaan

Tujuan percobaan ini untuk membuat sebuah model garis meridian (garis bujur) pada sebuah globe earth (bola dunia).

Bahan-Bahan

  • tanah liat seukuran buah lemon
  • benang nilon (senar)
  • pensil

Cara Kerja

1. Bentuklah tanah liat menjadi bulatan seperti bola.

2. Gunakan pensil untuk menggambar sebuah lingkaran mengelilingi bagian tengah bola tanah liat itu.

3. Gambarlah lingkaran kedua tegak lurus terhadap lingkaran pertama.

4. Pegang bola tanah liat sehingga garis-garis yang saling menyilang terletak di bagian atas dan bawah.

5. Amati posisi garis-garis dan jarak di antara garis tersebut pada (1) ujung bola di mana kedua garis saling menyilang, dan (2) di tengah bola, di pertengahan antara kedua ujung.

Baca Juga:   Cara Membuat Model 3-D Gunung
Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Seri

6. Gulungkan salah satu ujung benang nilon pada jari telunjukmu, lalu gunakan ibu jarimu untuk menekan benang ke salah satu lingkaran. Tekan benang untuk memotong bola tanah liat, menjadi setengah (lihat Gambar).

Peta dan Globe adalah Pedoman Menjelajahi Bumi

Hasil

Garis-garis yang kamu gambar dengan pensil tidak sejajar. Garis-garis itu bertemu dan saling menyilang pada ujung-ujung yang berlawanan dan jarak terlebar antara kedua garis terletak di tengah bola. Memotong bola tanah liat menciptakan sebuah bidang yang melintasi bagian tengah bola. Dari percobaan ini kita akhirnya memahami fungsi peta dan globe adalah sebagai pedoman menjelajahi bumi bukan menjelajahi luar angkasa atau pun lainnya.

Mengapa?

Lingkaran-lingkaran yang mengelilingi bola tanah liat disebut lingkaran-lingkaran utama (lingkaran-lingkaran pada bola, di mana pusat lingkaran dan pusat bola sama). Garis meridian adalah sebuah lingkaran utama, atau setengah lingkaran utama yang melintasi Kutub Utara dan Kutub Selatan Bumi (yaitu kedua ujung Bumi yang berada paling utara dan paling selatan).

Pada tulisan ini, garis meridian akan merujuk pada setengah lingkaran utama. Maka dari itu, model tanah liat mempunyai empat garis meridian dari kutub ke kutub. Walaupun tidak ada batasan untuk banyaknya jumlah garis meridian, tapi pada umumnya jumlah garis meridian adalah 24.

Peta dan Globe adalah Pedoman Menjelajahi Bumi Bulat

Garis meridian juga disebut sebagai garis bujur karena garis tersebut mengukur bujur. Bujur (longituda) adalah jarak dalam satuan derajat timur dan barat dari garis meridian yang melalui kota Greenwich di Inggris, yang disebut garis meridian utama. Garis bujur utama ini terletak pada 0° bujur.

Bujur 0° dan 180° membagi globe menjadi Belahan Bumi Timur dan Belahan Bumi Barat, seperti yang diperagakan dengan membelah model tanah liat menjadi dua. Kata belahan Bumi (hemisfer) artinya separuh dari bola Bumi).

Pada Belahan Bumi Timur garis bujumya adalah dari 0° sampai dengan 180° dan diberi nama dengan huruf BT, misalnya 90° BT. Garis bujur pada Belahan Bumi Barat yang merupakan separuh bola Bumi lainnya juga mulai pada 0°dan berakhir pada 180°, di sini diberi nama BB, misalnya 90° BB. Perhatikan bahwa 90° BT dan 90° BB saling berlawanan dan bahwa 0° BT dan 0° BB berada pada garis meridian yang sama, seperti halnya 180° BT dan 180° BB.

Baca Juga:   Gaya Apung Menekan ke Atas oleh Fluida

Garis-garis yang terdapat pada bola tanah liat, seperti garis-garis meridian pada sebuah globe, tidak sejajar atau paralel. Jarak terjauh antara garis-garis meridian terdapat pada bagian tengah globe dan semakin berkurang ketika mengarah ke kutub. Satu derajat (1°) garis bujur pada ekuator kira-kira lebarnya 110 km dan sedikit demi sedikit menyempit sampai 0 km di Kutub Utara dan Selatan.

Baca Juga:   Sapi Sama Besar Ibu Jari di Depan Mata Kita

Cobalah Pendekatan Baru

Lingkaran-lingkaran yang mengelilingi globe secara sejajar dan tegak lurus dengan garis meridian disebut garis-garis paralel. Garis paralel yang terletak di tengah-tengah globe, dan berjarak sama dari arah kedua Kutub, dan terbesar disebut garis khatulistiwa atau ekuator. Garis-garis paralel ini disebut juga garis lintang (latituda) karena garis-garis itu mengukur arah yang melintang pada globe.

Garis lintang adalah jarak dalam derajat arah utara dan selatan dari ekuator, yang terletak pada 0° lintang. Ekuator membelah Bumi menjadi Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan. Garis-garis lintang pada setiap belahan Bumi berkisar dari 0° sampai 90°. Garis-garis lintang ini diberi nama dengan huruf LU untuk Belahan Bumi Utara dan LS untuk Belahan Bumi Selatan.

Siapkan sebuah model yang menunjukkan garis bujur dan garis lintang. Ulangi langkah 1 sampai 4. Kemudian, dari percobaan awal gambarlah Imgkaran mengelilingi bagian tengah bola, di pertengahan antara kedua kutub dan tegak lurus dengan garis-garis bujur. Garis ini mewakili ekuator.

Gambarkan dua buah garis lagi pada kedua sisi ekuator yang sejajar dengannya. Setiap garis berada di tengah-tengah antara ekuator dan kutub. Kedua garis melingkar ini mewakili garis-garis 45° Lintang Utara dan Lintang Selatan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img