Perubahan Bentuk Molekuk Protein

Perubahan bentuk molekul protein, apa yang terjadi? Molekul protein sangat penting untuk semua sel hewan hidup untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Molekul-molekul ini mirip dengan bola benang, dan mengocok putih telur menyebabkan bola protein terurai.

aksiografi.com – Molekul protein sangat penting untuk semua sel hewan hidup untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Protein adalah senyawa organik kompleks yang merupakan polimer yang mengikat monomer asam amino yang terhubung satu sama lain dalam ikatan peptida.

Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur, dan fosfor. Peranan protein sangat penting dalam struktur dan fungsi sel makhluk hidup termasuk virus sekalipun.

Pada percobaan ini, kita akan mempelajari perubahan molekul protein. Kita juga akan mempelajari apakah suhu telur mempengaruhi ukuran putih telur kocok yang dihasilkan. Kita juga akan mencoba mempelajari apakah cream of tartar benar-benar membuat busa bertahan lebih lama?

Tujuan Pembelajaran

Apa yang terjadi jika bentuk molekul protein berubah?

Bahan-Bahan

telur mentah

Mangkuk 2 liter (2 liter)

garpu

Perhatian: Selalu cuci tangan Anda setelah menyentuh telur mentah. Ini mungkin mengandung bakteri berbahaya.

Cara Kerja Perubahan Bentuk Molekul Protein

1. Minta orang dewasa untuk membantu Anda memisahkan kuning telur dari bagian putih telur, menempatkan putih telur dalam mangkuk dan membuang kuning telur dan kulit telur.

2. Diamkan putih telur pada suhu kamar selama 20 menit.

3. Celupkan garpu ke dalam putih telur, dan angkat garpu di atas mangkuk.

4. Perhatikan tekstur dan warna putih telur pada garpu.

5. Kembalikan putih telur ke dalam mangkuk.

6. Dengan gerakan mengocok cepat, gunakan garpu untuk mengocok putih telur.

7. Setelah kira-kira 50 pukulan, angkat putih telur lagi dan amati tekstur dan warnanya.

Perubahan Bentuk Molekuk Protein

8. Teruskan mengocok putih telur sekitar dua menit atau sampai tidak terlihat perubahan lebih lanjut.

Hasil

Sebelum dikocok, putih telur sebenarnya memiliki warna kuning pucat dan tekstur berlendir. Ini perlahan mengalir dari garpu dan kembali ke mangkuk. Setelah dikocok, warnanya putih, teksturnya lembut dan berbusa. Putih telur yang berbusa membutuhkan lebih banyak ruang daripada putih telur yang berlendir.

Mengapa?


Denaturasi berarti mengubah sesuatu dari bentuk aslinya. Bentuk alami putih telur tampak seperti cairan kuning pucat berlendir. Dalam bentuk aslinya, putih telur mengandung sekitar 85 persen air dan sekitar 10 persen protein. Ini adalah protein yang sedang didenaturasi oleh aksi pencambukan. Molekul protein sangat penting untuk semua sel hewan hidup untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Molekul-molekul ini mirip dengan bola benang, dan mengocok putih telur menyebabkan bola protein terurai. Bentuk molekul protein baru yang tidak terlilit ini memerangkap udara dan dengan demikian membentuk busa yang ukurannya bisa tiga kali lipat ukuran aslinya. Warna molekul berubah saat molekul mengatur ulang dirinya sendiri.

Cobalah Pendekatan Baru

1. Apakah suhu telur mempengaruhi ukuran putih telur kocok yang dihasilkan? Dinginkan air dalam mangkuk dengan memasukkan es ke dalamnya. Taruh air hangat dari keran di mangkuk lain. Di mangkuk ketiga masukkan air dingin dari keran. Taruh telur di setiap wadah berisi air, dan biarkan selama minimal 10 menit. Kemudian pisahkan dan kocok putih telurnya. Pajang foto atau gambar telur di dalam wadah berisi air. Amati dan catat hasilnya.

2. Saat membuat meringue (putih telur kocok), juru masak menambahkan sekitar 1/8 sendok teh (0,6 ml) cream of tartar agar busa bertahan lebih lama. Apakah cream of tartar benar-benar membuat busa bertahan lebih lama? Uji ini dengan mengocok putih dari dua telur secara terpisah. Tambahkan sekitar 1/8 sendok teh (0,6 ml) krim tartar ke dalam satu putih telur sebelum mengocoknya, dan biarkan yang lainnya polos. Biarkan kedua mangkuk berdiri selama 30 menit, dan amati serta catat perbedaan apa pun pada busa putih telur.

Perubahan Bentuk Molekuk Protein

Petunjuk Pameran Sains

1. Foto atau gambar putih telur yang dihasilkan beserta deskripsi hasilnya dapat digunakan sebagai bagian dari tampilan proyek.

2. Foto yang diambil dari mangkuk sebelum dan sesudah berdiri dapat ditampilkan sebagai bagian dari tampilan proyek.

Rancanglah Percobaanmu Sendiri

1. Bisakah protein didenaturasi dengan cara selain dengan cara mengalahkan? Asam mengubah sifat beberapa protein. Anda bisa menggunakan cuka (asam) untuk menunjukkan efek asam pada protein dalam susu. Tambahkan 1 sendok makan (15 ml) cuka ke 1 cangkir (250 ml) susu. Amati dan catat setiap perubahan tampilan susu. Gunakan hasil sebagai bagian dari laporan tertulis tentang proyek.

2. Sebagai bagian dari tampilan proyek, gunakan dua bola benang berukuran kepalan tangan yang sama kecilnya untuk mewakili molekul protein. Salah satu bola bisa diberi label “Protein.” Lepaskan gulungan benang kedua, dan pisahkan untaian serat individu. Beri label massa halus ini dengan “Protein Denaturasi”.

Perubahan Bentuk Molekuk Protein

Cari Caktanya

Koagulasi (pembentukan massa padat yang menebal) adalah jenis lain dari denaturasi. Sebagai bagian dari laporan proyek, sertakan informasi tentang koagulasi seperti:

• Apa yang terjadi jika protein membeku?

• Mengapa beberapa makanan yang mengandung protein, seperti daging, telur, dan adonan menjadi keras saat dimasak?

Selamat Belajar!