Pengaruh Sudut Gaya Tolak Magnet

Must Read

Pengaruh sudut gaya tolak magnet terhadap gerakan magnet adalah kutub magnet. Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik dalam suatu bahan.

aksiografi.com – Fenomena kemagnetan banyak terjadi di lingkungan sekitar itu. Fenomena kemagnetan terjadi karena adanya gaya magnet yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik dalam suatu bahan. Bahan-bahan yang memiliki gaya magnet disebut magnet dan daerah di sekitar magnet yang bisa dirasakan gaya magnetnya disebut medan magnet.

Satu dari-dua bagian magnet yang medan magnetnya paling kuat disebut kutub magnet. Satu kutub magnet disebut kutub utara (U) dan kutub lainnya disebut kutub selatan (S). Kutub tak sejenis saling menarik, dan kutub sejenis saling menolak.

Pada percobaan ini, kita akan memperagakan pengaruh sudut yang terbentuk oleh gaya tolak-menolak magnet terhadap gerakan magnet lainnya. Kita akan menemukan pengaruh magnitudo gaya tolak suatu magnet terhadap gerakan magnet lainnya. Kita akan menentukan cara membandingkan kekuatan medan magnet dan mempelajari pengaruh jarak terhadap kekuatan medan magnet.

Tujuan Pembelajaran

Uji coba ini untuk memperagakan pengaruh sudut yang terbentuk oleh gaya tolak magnet terhadap gerakan magnet lainnya.

Bahan-Bahan

penggaris

pensil

1 lembar kertas fotokopi

stik es krim

isolasi

3 piringan magnet berukuran sama

kompas

Cara Kerja Sudut Gaya Tolak Magnet

1. Gunakan penggaris dan pensil untuk menggambar sebuah garis melalui pusat kertas. Gambarlah dua garis tambahan di samping kiri dan kanan garis tengah tadi, yang masing-masing berjarak 5 cm dari garis tengah.

2. Gambar sebuah garis melintang melalui pusat dari stik es krim yang lebih pendek dan dua garis tambahan di samping kiri dan kanan garis tengah, masing-masing berjarak 5 cm dari garis tengah, ulangi pada sisi sebaliknya dari stik es krim tersebut.

3. Tentukan kutub magnet dari magnet-magnet tersebut dengan meletakkan kompas dan satu piringan magnet di atas meja kayu kira-kira berjarak 30 cm dari kompas, tegak lurus terhadap jarum kompas. Secara perlahan gerakkan magnet menuju kompas sampai jarum kompas tertarik ke arah magnet. Jika ujung jarum arah utara tertarik ke arah magnet, gunakan pensil untuk memberi tanda S pada bagian atas magnet. Balik magnet dan beri tanda U pada sisi sebaliknya. Jika ujung jarum arah selatan tertarik ke arah magnet, beri tanda U pada bagian atas magnet dan S di sisi sebaliknya. Ulangi cara kerja ini pada magnet yang lain.

4. Tempatkan dua dari tiga magnet menghadap ke bawah di atas dua garis luar pada stik es krim, dengan kutub utara (U) menghadap ke bawah. Tempelkan stik es krim ke magnet.

5. Tempatkan stik es krim dengan posisi magnet pada bagian bawah kertas sehingga stik es krim sejajar terhadap bagian bawah kertas dan tegak lurus dengan garis-garis pada kertas. Garis tengah pada stik es krim harus segaris dengan garis tengah kertas.

6. Letakkan magnet yang tidak tertempel (A) di atas garis tengah kertas, 5 cm dari stik es krim. Kutub utara magnet tersebut harus menghadap ke atas seperti magnet yang tertempel pada stik es krim.

Pengaruh Sudut Gaya Tolak Magnet

7. Secara perlahan gerakkan stik es krim ke arah magnet A, usahakan garis-garis yang terdapat pada stik es krim tetap segaris dengan garis-garis pada kertas. Amati setiap gerakan yang terjadi pada magnet A.

Hasil Pengaruh Sudut Gaya Tolak Magnet

Ketika batang stik es krim mendekati magnet A, magnet A tersebut bergerak menjauhi batang stik es krim sepanjang garis tengah dalam serangkaian langkah. Magnet tersebut berhenti dan kemudian bergerak lagi, kemudian berhenti dan bergerak lagi, demikian seterusnya.

Mengapa?

Bahan-bahan yang memiliki gaya yang dinamakan gaya magnet—gaya yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik—disebut magnet, dan daerah sekitar magnet yang dapat dirasakan gaya magnetnya disebut medan magnet. Kemagnetan adalah semua kejadian yang berhubungan dengan magnet.

Magnet A bergerak di sepanjang garis yang disebabkan oleh gaya di sekitar magnet tersebut dan magnet-magnet yang direkatkan pada batang stik es krim. Setiap magnet memiliki dua buah kutub magnet yang terpisah (daerah pada magnet yang gaya magnetnya paling kuat), yang disebut kutub utara dan selatan.

Di dekat Kutub Utara Bumi (titik paling utara dari Bumi) terdapat sebuah tempat yang disebut kutub utara magnet Bumi. Kutub utara magnet Bumi merupakan arah yang ditunjuk kutub utara magnet yang berayun bebas seperti halnya arah yang ditunjuk jarum kompas. Kutub selatan dari jarum kompas mengarah ke kutub selatan magnet Bumi, di dekat Kutub Selatan Bumi (titik paling selatan dari Bumi).

Kutub-kutub yang tidak sejenis dari dua magnet akan saling menarik dan kutub-kutub sejenis saling menolak. Letakkan semua magnet sedemikian rupa pada percobaan ini sehingga kutub-kutub sejenis saling berhadapan.

Magnet yang terletak di atas pada stik es krim beraksi sebagai gaya pendorong, menyebabkan magnet A bergerak mundur. Magnet A adalah di sepanjang garis tengah, yang membagi sudut yang terbentuk oleh garis-garis dari magnet yang menempel pada stik es krim.

Gaya pendorong semakin lemah ketika jarak d₁ dan d₂, meningkat hingga magnet berhenti. Kemudian ketika jaraknya semakin dekat, gaya dorongnya semakin meningkat, dan menghasilkan gaya yang cukup besar untuk menggerakkan magnet A.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan uji coba pengaruh sudut gaya tolak magnet terhadap gerakan magnet, selanjutnya kita akan melakukan dengan pendekatan baru dengan menjawab dua pertanyaan di bawah ini:

Pertama, pengaruh apa, jika ada, yang dimiliki oleh sudut gaya tolak f1 dan f2 terhadap arah mundurnya magnet? Ulangi percobaan di atas sebanyak dua kali. Pertama-tama, buatlah sudutnya lebih kecil, dengan membuat jarak antar garis tengah dan dua garis di kanan kirinya kurang dari 5 cm. Kemudian buatlah sudutnya lebih besar, dengan membuat jarak antara garis tengah dan garis di sisi kiri dan kanannya lebih besar dari 5 cm.

Kedua, apa pengaruh perbedaan kekuatan gaya dorong terhadap hasil yang diperoleh? Ulangi percobaan awal, tambah kekuatan salah satu magnet dengan meletakkan magnet ke-3 di atas stik es krim. Tempatkan magnet tersebut di atas stik es krim, tepat di atas salah satu magnet yang berada di bawah stik es krim, dengan permukaan magnet yang tidak sejenis saling berhadapan. Pada posisi ini magnet akan saling tarik-menarik dan menahan magnet tetap di atas stik es krim. Percobaan ini telah menjelaskan dengan baik tentang medan magnet adalah daerah gaya magnet. Nah, agar kita lebih paham maka ikuti rancangan percobaan berikutnya. Jangan lupa terus melanjutkan pelajaran Sekolah Alam dari aksiografi.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img