Pengaruh Penurunan Suhu terhadap Tekanan Udara

Must Read

Pengaruh penurunan suhu terhadap tekanan udara dapat ditentukan dengan cara sederhana. Tekanan adalah gaya yang dihasilkan dari tubrukan molekul-molekul udara pada atmosfer Bumi pada suatu wilayah disebut tekanan atmosfer.

aksiografi.com – Fluida adalah suatu zat, baik berupa gas maupun zat cair, yang mengalir dan memberikan sedikit ketahanan terhadap perubahan bentuk pada saat ditekan. Atmosfer (selimut gas di sekeliling Bumi) Bumi terbentuk dari udara yang merupakan fluida (zat cair-gas). Atmosfer, gas tebal yang menyelimuti bumi, menyediakan gas-gas yang diperlukan untuk kehidupan tumbuhan dan hewan.

Udara memiliki massa dan berat, tetapi tidak memiliki ukuran dan bentuk yang tetap. Udara dapat ditekan, dengan pengertian bahwa partikel-partikel penyusun udara dapat ditekan sehingga saling merapat. Semakin rapat partikel-partikel tersebut ditekan semakin besar pula berat jenisnya (jumlah partikel di dalam volume tertentu).

Tekanan adalah gaya yang bekerja pada satu satuan wilayah sebuah permukaan. Besarnya gaya yang dihasilkan dari tubrukan molekul-molekul udara pada atmosfer Bumi pada suatu wilayah disebut tekanan atmosfer.

Dalam percobaan ini, kita akan menentukan pengaruh suhu pada tekanan udara. Kita juga akan menggunakan manometer untuk menentukan arah tekanan atmosfer dan membandingkan tekanan udara di lapisan atmosfer Bumi.

Tujuan Pembelajaran

Pengujian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penurunan suhu terhadap tekanan udara.

Bahan-Bahan

  • 1 buah kotak sepatu dari plastik
  • Air keran dingin
  • 12 es batu atau lebih
  • spidol hitam permanen
  • 2 botol soda dari plastik berukuran 1 liter
  • 2 buah balon berukuran 22,5 cm
  • Penghitung waktu
  • cangkir kertas berukuran 150 ml

Cara Kerja Menentukan Pengaruh Penurunan Suhu

1. Isilah separuh kotak dengan air keran dingin.

Menentukan Pengaruh Penurunan  Suhu

2. Tambahkan es batu ke dalam air.

3. Gunakan spidol untuk memberi label pada botol A dan

4. Pasang balon pada mulut botol, satu balon untuk satu botol.

5. Tegakkan botol A di samping kotak sepatu dan baringkan botol B di dalam kotak.

6. Gunakan cangkir kertas untuk mengambil dan menuang air dingin ke atas permukaan botol B selama 2 menit atau lebih.

7. Perhatikan balon pada kedua botol secara berkala, perhatikan semua perubahan ukuran, bentuk, dan posisi.

Hasil Pengaruh Penurunan Suhu

Hasil pengujian dalam menentukan pengaruh penurunan suhu terhadap tekanan udara berhasil. Tidak ada perubahan yang nyata pada balon di botol A. Balon di botol B sedikit agak menggembung, tetapi pada dasarnya tidak ada perubahan yang nyata pada ukuran dan bentuknya. Akan tetapi, sebagian balon bergerak masuk ke dalam botol B.

Mengapa?

Suhu adalah seberapa panas atau dingin sebuah benda yang ditentukan oleh rata-rata energi kinetik (EK) partikel-partikel benda. Ketika botol B didinginkan dengan air dingin, suhu udara di dalam botol menurun, energi kinetik partikel-partikel udara di dalam botol juga berkurang.

Dengan energi kinetik yang kecil, partikel-partikel udara bergerak lebih lambat dan terjadi lebih sedikit tubrukan antara partikel-partikel udara pada permukaan dalam botol dan balon. Maka, tekanan udara (besarnya gaya yang bekerja pada suatu area tertentu) di dalam botol B menurun. Jumlah molekul udara dalam kedua botol adalah sama. Suhu udara di luar botol A dan B juga relatif sama, dengan sedikit penurunan suhu udara di dekat botol B yang disebabkan oleh air es.

Dengan demikian tekanan atmosfer di luar botol relatif sama. Tekanan atmosfer adalah besarnya tekanan udara pada suatu wilayah yang terjadi karena adanya tubrukan antara molekul, yang ada di atmosfer Bumi pada wilayah tersebut; bisa juga disebut tekanan barometrik.

Tekanan atmosfer di luar botol A dan tekanan udara di dalam botol relatif sama. Dengan demikian tidak ada perubahan pada balon yang perlu diamati. Akan tetapi tekanan atmosfer di luar botol B lebih besar dari tekanan di dalam botol B, sehingga molekul-molekul udara di luar botol yang bertubrukan dengan permukaan balon pada botol B mendesak balon tersebut masuk ke dalam botol. Namun tekanannya tidak cukup besar untuk menggembungkan balon tersebut.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian dalam menentukan pengaruh penurunan suhu terhadap tekanan udara, maka kita akan melakukan denganpendekatan baru, sebagai berikut:

Pemanasan gas akan mengakibatkan molekul-molekulnya bergerak semakin cepat, sehingga energi kinetik gas bertambah besar. Lalu bagaimana pengaruhnya terhadap tekanan udara? Tentukan efek pemanasan terhadap tekanan udara dengan mengulangi percobaan di atas dengan menggunakan air hangat di dalam kotak sepatu.

Petunjuk Lomba dan Pameran Sains

Potret percobaan tersebut untuk menunjukkan ukuran, bentuk dan posisi balon dari awal hingga akhir percobaan.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img