Minggu, Juli 25, 2021

Molekul Air Saling Berhubungan Erat

Must Read

Molekul air saling berhubungan erat dalam air. Molekul-molekul air memisahkan diri satu sama lain dan dengan bebas bergerak di dalam air.

aksiografi.com – Air adalah senyawa yang paling penting bagi kehidupan di planet Bumi ini. Air merupakan cairan yang umum yang memiliki reaksi yang unik. Ia memiliki beberapa pengecualian terhadap beberapa hukum alam karena keunikan sifatnya.

Pada percobaan sebelumnya kita telah membandingkan perbedaan dan persamaan cairan yang unik dengan cairan lainnya. Molekul air memiliki sisi negatif dan positif yang dalam istilah ilmiah bernama molekul polar yaitu molekul yang berkutub. Polaritas inilah yang menghasilkan daya tarik antar molekul air. Daya tarik itu bernama kohesi sebagai akibat dari sisi positif satu molekul air menarik sisi negatif molekul air lainya.

Pada percobaan ini kita akan menguji apakah molekul dalam air yang cair saling berhubungan erat. Uji coba ini kita menggunakan garam sebagai kristal air yang membeku. Kita juga akan mempelajari apakah kristal lain seperti gula pasir, gula bubuk, dan pasir, juga menghasilkan yang sama dengan molekul. Kita juga akan mempelajari apakah ada pengaruh suhu terhadapa perubahan hasil itu.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Molekul kali ini bertujuan untuk menguji apakah molekul Air dalam air cair saling berhubungan erat?

Bahan-Bahan

gelas minum bening

piring

kendi air

handuk kertas

1 sendok teh (5 ml) sendok takar

Baca Juga:   Cara Menguji Keberadaan Monosakarida

garam

Cara Kerja

1. Tempatkan gelas di atas piring.

2. Isi gelas sampai penuh dengan air. Berhenti menambahkan air ketika aliran kecil air mulai mengalir di sisi kaca. (Jika Anda melihat ke samping pada permukaan air, Anda dapat melihatnya “menggembung” di atas kaca.)

Baca Juga:   Cara Menghitung Garis Tengah Bulan

3. Tanpa memindahkan gelas atau piring, bersihkan air di piring dengan hati-hati menggunakan handuk kertas.

4. Isi sendok takar dengan garam.

5. Taburkan kristal garam dengan sangat perlahan ke dalam gelas berisi air. Jika Anda menggunakan seluruh sendok, isi kembali sendok.

6. Terus tambahkan garam sampai air tumpah di atas gelas. Pantau berapa banyak garam yang Anda gunakan.

7. Catatlah jumlah garam yang terpakai hingga air tumpah dari gelas.

Hasil Molekul Air Saling Berhubungan

Praktik pengujian apakah molekul air dalam air saling berhubungan telah berhasil. Dua hingga tiga sendok teh garam dapat ditambahkan sebelum air tumpah.

Molekul Air Saling Berhubungan

Mengapa?

Butir garam terbuat dari molekul-molekul kecil. Molekul-molekul ini memisahkan diri satu sama lain dan dengan bebas bergerak di dalam air. Molekul air dalam air cair terhubung sedemikian rupa sehingga membentuk kantong-kantong kecil yang kosong. Sedangkan, molekul garam terpisah berukuran cukup kecil untuk dengan mudah masuk ke dalam ruang di antara molekul air yang terhubung, sehingga tidak memakan ruang ekstra.

Coba Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek pengujian apakah molekul air saling berhubungan erat. Selanjutnya, kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Baca Juga:   Menentukan Arah Transfer Energi

1. Apakah kristal lain akan memberikan hasil yang sama? Ulangi percobaan menggunakan gula pasir, gula bubuk, dan / atau pasir. Lalu, ukur dan catat jumlah bahan yang ditambahkan ke air sebelum tumpah.

2. Apakah suhu air mempengaruhi hasil? Ulangi percobaan menggunakan air hangat dari keran, kemudian ulangi dengan air es.

Molekul Air Saling Berhubungan
Gambar: Rantai Molekul Air
Molekul Air Saling Berhubungan

Rancanglah Percobaanmu Sendiri!

1. Akankah cairan masuk ke dalam ruang di molekul air yang terhubung? Campurkan 1 cangkir (250 ml) alkohol gosok dan 1 cangkir (250 ml) air bersama-sama di dalam gelas takar besar. Amati dan catat volume yang dihasilkan. (Catatan: Jangan sampai alkohol di dekat mata atau mulut Anda.)

2. Model tampilan untuk menjelaskan jarak antar molekul. Isi gelas dengan kelereng dan ukur jumlah garam yang bisa dituangkan ke dalam gelas kelereng.

Baca Juga:   Cara Menguji Keberadaan Monosakarida

Cari Faktanya

1. Apa bentuk molekul air? Seperti apa bentuknya di air cair? Salah satu sumber referensi adalah eksperimen yang bernama “Where Did It Go?,” Halaman 26 dalam Chemistry for Every Kid karya Janice VanCleave, (New York: Wiley, 1989).

2. Seberapa besar molekul? Molekul garam sangat kecil sehingga membutuhkan 25 juta molekul yang terletak dari ujung ke ujung hingga mencapai 1 inci (10 juta untuk 1 cm). Cari tahu ukuran molekul lain dalam eksperimen Anda.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img