Selasa, Januari 18, 2022

Menguji Keberadaan Karbon Dioksida

Must Read

Menguji keberadaan karbon dioksida saat sebuah asam dan senyawa karbonat bereaksi. Soda kue terdiri atas senyawa kimia natrium bikarbonat. Senyawa yang mengandung karbonat bereaksi dengan asam seperti cuka untuk menghasilkan gas karbon dioksida .

aksiografi.com – Berbagai gas, seperti karbon dioksida, sering kali tidak dapat dilihat, dirasakan, atau dicium. Akan tetapi, gas terdiri atas molekul-molekul dan atom-atom yang secara kimiawi bereaksi dengan zat lain. Karbon dioksida memiliki banyak manfaat baik untuk lingkungan, tumbuhan maupun pada tubuh manusia. Pada hembusan nafas manusia juga terdapat karbon dioksida. Bahkan daun pun menghirup karbon dioksida saat melakukan fotosintesis.

Pada percobaan ini, kita akan menguji keberadaan karbon dioksida. Kita akan menguji sifat fisik dan kimia gas ini. Selain itu, kita juga akan melihat bagaimana cara menghasilkan gas, juga melihat beberapa kegunaannya.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Kimia kali ini bertujuan untuk menguji keberadaan karbon dioksida saat sebuah asam dan senyawa karbonat bereaksi.

Bahan-Bahan Pengujian Karbon Dioksida

botol soda kaca

1/4 gelas (63 ml) air

1/4 gelas (63 ml) cuka

gunting

penggaris

tisu

1 sendok teh (5 ml) soda kue stoples kecil dengan tutup air kapur (lihat Lampiran 5) tanah liat sedotan minum yang lentur

Cara Kerja Menguji Keberadaan Karbon Dioksida

1. Tuang gelas (63 ml) air dan ¼  gelas (63 ml) cuka ke dalam botol.

Baca Juga:   Pengaruh Enzim terhadap Zat Pati

2. Potong kertas tisu dengan ukuran 7,6 cm.

3. Taburkan soda kue di tengah-tengah kertas tisu.

4. Gulung kertas tisu. Kencangkan dengan melilit ujung-ujung kertas.

5. Isi stoples kecil dengan air kapur hingga tiga perempatnya.

6. Bentuklah tanah liat di sekitar ujung sedotan, di ujung paling dekat dengan bagian sedotan yang lentur. (Jangan tutup lubangnya).

7. Masukkan bungkusan soda kue ke dalam botol.

8 . Cepatlah tutup botol dengan tanah liat di sekitar sedotan. Catatan: Ujung sedotan yang pendek harus berada di dalam botol.

9. Pegang stoples berisi air kapur dekat botol sehingga ujung sedotan di bawah permukaan air kapur, lihat Gambar di bawah ini.

Menguji Keberadaan Karbon Dioksida

10. Saat gelembung berhenti, amati larutan air kapur.

11 . Tutup stoples kecil, dan biarkan semalam.

12. Amati isi stoples.

Hasil Pengujian Karbon Dioksida

Praktek menguji keberadaan karbon dioksida berhasil. Saat gelembung dari sedotan masuk ke dalam air kapur yang jernih, larutan menjadi keruh. Setelah beberapa menit, larutan tampak jernih kembali tetapi ada lapisan zat padat putih tipis di dasar stoples.

Mengapa?

Soda kue terdiri atas senyawa kimia natrium bikarbonat (NaHCO3). Senyawa yang mengandung karbonat (CO3) bereaksi dengan asam seperti cuka (asam asetat) untuk menghasilkan gas karbon dioksida (CO2). Persamaan untuk reaksi ini adalah sebagai berikut.

Air kapur, Ca(OH)2, digunakan untuk menguji keberadaan gas karbon dioksida karena reaksinya dengan karbon dioksida membentuk senyawa kalsium karbonat (CaCO3). Persamaan reaksi ini sebagai berikut.

Catatan: (s) dalam persamaan reaksi itu menunjukkan bahwa kalsium karbonat tidak dapat larut. Partikel-partikel putih kecil kalsium karbonat sementara mengambang dalam larutan dan membuatnya tampak keruh. Setelah beberapa waktu, gravitasi menarik kalsium karbonat ke dasar stoples.

Baca Juga:   Mengukur Daya Tarik Molekul-Molekul Air

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek menguji keberadaan karbon dioksida, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

1. Apakah penggunaan asam yang berbeda dapat mengubah hasil? Ulangi percobaan tadi dengan mengganti campuran cuka dan air dengan ½ gelas (125 ml) asam sitrat seperti jus lemon atau jus jeruk bali.

2. Apakah zat berkarbonasi lain menghasilkan karbon dioksida saat dicampur dengan asam? Ulangi percobaan awal dengan mengganti soda kue dengan bahan lain yang mengandung kalsium karbonat seperti pecahan kapur atau cangkang telur.

3. Fermentasi gula antara lain menghasilkan karbon dioksida yang rumus persamaan reaksinya sebagai berikut:

Menguji Keberadaan Karbon Dioksida

Zymase adalah sebuah enzim (zat kimia yang mengubah kecepatan sebuah reaksi kimia). Demonstrasikan produksi karbon dioksida dengan mengisi botol soda dengan air hingga setengahnya. Tambahkan 4 sendok makan (60 ml) sukrosa (gula meja) dan 7 gram ragi kering.

Petunjuk Lomba Karya Ilmiah

Pamerkan foto-foto percobaan dengan persamaan kimia dari reaksi ini.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Kapuk Randu sebagai Penanda Musim

Kapuk randu sebagai penanda musim. Pohon kapuk saat buahnya mulai merekah dan siap berjatuhan menjadi penanda akan masuknya Monsun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img