Minggu, Juli 25, 2021

Mengubah Protein dengan Metode Denaturasi

Must Read

Mengubah protein dengan metode denaturasi, yaitu proses di mana ukuran dan bentuk molekul protein berubah karena penurunan suhu. Protein merupakan rantai besar asam-asam amino yang saling terikat.

aksiografi.com – Tubuh manusia membutuhkan mineral untuk kehidupan dan kesehatan. Mineral-mineral itu diperoleh dari makanan yang kita makan. Selain itu, tubuh juga membutuhkan molekul protein penting untuk kehidupan. Protein adalah molekul-molekul yang membentuk tubuh kita.

Dalam percobaan ini kamu akan belajar tentang bentuk molekul protein dan pengaruh bentuk protein terhadap sifat kimiawinya. Kamu akan menganalisis metode-metode denaturasi, yaitu proses di mana ukuran dan bentuk molekul protein berubah karena penurunan suhu. Kamu juga akan melihat ikatan antara molekul protein rambut keriting dan rambut lurus, dan menyimpulkan metode untuk mengubah ikatan tersebut.

Tujuan Pembelajaran

Uji coba ini bertujuan untuk untuk menunjukkan denaturasi agar-agar (sebuah protein) dengan suatu asam.

Bahan-Bahan

  • 1 bungkus agar-agar 85 g
  • 6 cangkir kertas ukuran 90 ml lemari es
  • sendok
  • spidol
  • stiker label
  • mangkuk
  • 1/4 sendok teh (1,2 ml) pelunak daging

Cara Kerja Metode Denaturasi

1. Siapkan agar-agar dengan mengikuti petunjuk pada pembungkusnya.

2. Tuang agar-agar dalam jumlah yang sama ke dalam enam cangkir kertas.

Baca Juga:   Cara Menguji Ketidakmurnian Air
Baca Juga:   Kalori adalah Energi Biokimia dalam Makanan

3. Tempatkan empat cangkir dalam lemari es untuk percobaan berikutnya.

4. Biarkan dua cangkir sisanya dalam suhu ruang selama 30 menit.

5. Tambahkan pelunak daging ke dalam salah satu cangkir tersebut, kemudian aduk sampai rata.

mengubah protein dengan metode denaturasi

6. Dengan spidol, tulis “Pelunak Daging” pada stiker label, dan tempelkan pada cangkir tersebut.

7. Beri label cangkir kedua dengan tulisan “Agar-Agar”.

8. Letakkan kedua cangkir berlabel tersebut dalam lemari es selama satu malam (lihat Gambar di samping).

9. Keluarkan kedua cangkir tadi dari lemari es.

10. Miringkan cangkir tersebut di atas mangkuk.

11. Amati keenceran (fluiditas) isi setiap cangkir.

Hasil Mengubah Protein dengan Metode Denaturasi

Hasil pengujian cara mengubah protein dengan metode denaturasi berhasil. Cairan yang hangat dalam cangkir berlabel “Agar-Agar” berubah menjadi bahan yang agak keras saat didinginkan. Agar-agar yang mengandung pelunak daging tidak mengeras, tetapi tetap cair.

Mengapa?

Protein merupakan rantai besar asam-asam amino yang saling terikat. Molekul-molekul makro ini sering berisi ribuan asam amino. Molekul- molekul protein yang panjang dalam agar-agar larut dalam air panas dan membentuk campuran koloid, yaitu larutan dengan molekul-molekul cairan yang besar.

Baca Juga:   Cara Membuat Marsmallow

Molekul-molekul agar-agar (protein) tersebut dipaksa untuk lepas dan dikelilingi molekul-molekul air. Begitu larutannya mendingin, ikatan-ikatan kimia terbentuk di antara molekul-molekul protein tersebut. Ikatan di antara molekul-molekul protein tersebut menghasilkan sebuah jaringan yang mengikat molekul-molekul air dalam larutan sehingga larutan mengental menjadi zat yang padat seperti jelly.

Enzim adalah bahan-bahan kimia yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia khusus. Pelunak daging mengandung sebuah enzim yang menghancurkan molekul protein besar menjadi molekul yang lebih kecil. (Apabila dipakai pada daging, pelunak tersebut membuat daging mudah dikunyah.) Pada agar-agar, molekul-molekul yang lebih kecil yang terbentuk selama proses denaturasi tidak membuat jaringan yang mengikat sehingga larutan tidak mengental menjadi gel.

Baca Juga:   Menentukan Jalur Arus Listrik

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara mengubah protein dengan metode denaturasi, maka kita akan melanjutkan dengan pendekatan baru, sebagai berikut: pelunak daging mengandung enzim yang sama dengan yang ada pada nanas segar. Ulangi percobaan tadi dengan mengganti pelunak daging dengan 1 sendok teh (5 ml) nanas segar yang dicacah.

Artikel ini juga tersajikan dalam versi Bahasa Inggris.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img