Home Sekolah Alam Mengapa Matahari Tampak Melintasi Langit

Mengapa Matahari Tampak Melintasi Langit

0

Mengapa matahari tampak melintasi langit? Mungkin pergerakan itu hanyalah pergerakan semu, yang terlihat seolah matahari yang bergerak padahal bukan.

aksiografi.com – Pergantian siang dan malam terjadi karena adanya matahari terbit di Timur dan terbenam di Barat. Kita menyaksikan matahari tampak melintasi langit. Dengan begitu matahari juga menjadi petunjuk waktu dengan melihat posisi matahari selama setahun. 

Matahari nampaknya bergerak dari ufuk Timur ke ufuk Barat. Pergerakan itu hanyalah gerakan matahari hanyalah gerakan tampak sehingga gerakannya hanyalah gerakan semu matahari. Namun kita belum mengetahui mengapa matahari tampak bergerak melintasi langit?

Mari kita cari tahu jawabannya mengapat itu terjadi. Sekolah Alam kali ini akan mempraktekkan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam ini untuk menentukan mengapa Matahari tampak bergerak melintasi langit.

Bahan-Bahan

Model penjepit kertas planet dari Eksperimen 14, Krayon “Sisi Utara” 2 penggaris kartu indeks 2 bola ukuran anggur dari pemodelan busur derajat tanah liat

Cara Kerja

1. Letakkan klip kertas di tanah liat di tempat di atas garis ekuator. Klip kertas mewakili pengamat di belahan bumi utara.

2. Gunakan krayon untuk menggambar simbol Matahari di salah satu kartu indeks.

3. Gunakan pensil untuk memberi label pada kartu. Labeli sisi kanan Matahari dengan “Barat” dan sisi kiri “Timur”.

4. Gambarlah enam atau lebih bintang pada kartu indeks lainnya.

5. Tempatkan kartu indeks terpisah 12 inci (30 cm) di dalam bola-bola tanah liat seukuran anggur sehingga Matahari dan bintang-bintang saling berhadapan.

6. Tempatkan model Earth di antara kartu indeks sehingga pengamat klip kertas menghadap kartu bintang. Gunakan busur derajat untuk memiringkan model sekitar 23 ° ke arah Matahari, berhati-hatilah untuk tidak memindahkan bola dari lokasinya di luar angkasa.

7. Putar secara perlahan model Earth berlawanan arah jarum jam sampai pengamat klip kertas menghadap tepi kanan (sisi barat) kartu Sun.

8. Lanjutkan memutar model Earth berlawanan arah jarum jam sampai pengamat klip kertas menghadap ke tepi kiri (sisi timur) kartu Sun.

Hasil

Saat model Bumi berputar menjauh dari bintang-bintang, pengamat klip kertas di Bumi menghadap ke sisi barat Matahari terlebih dahulu dan sisi timur terakhir.

Mengapa?

Di Belahan Bumi Utara, Matahari tampak terbit di atas ufuk timur, bergerak melintasi langit selatan, dan terbenam di bawah ufuk barat. Jika Anda dapat melihat Bumi dari atas Kutub Utara, Anda akan melihat Bumi, seperti modelnya, berputar berlawanan arah jarum jam.

Pengamat penjepit kertas pada bola tanah liat pertama-tama melihat sisi barat diagram Matahari, kemudian sisi timur terlihat saat bola berputar. Karena kita bergerak dengan Bumi saat berputar, tampak bahwa Matahari bergerak melintasi langit dari timur ke barat, tetapi sebenarnya Bumi yang berputar dari barat ke timur.

Artikel ini juga tersedia dalam versi Bahasa Inggris.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version