Mengapa Air Bergerak Naik

Mengapa air naik bergerak naik pada kertas? Kekuatan perekat dan kohesif membantu menarik air ke atas. Adhesi adalah daya tarik yang dimiliki setiap molekul air untuk kertas.

aksiografi.com – Air memiliki karakter yang berbeda dengan molekul lainnya. Air itu unik seperti yang telah kita uji pada praktek Sekolah Alam Molekul sebelumnya bahwa molekul air memiliki daya tarik kohesi sehingga saling berhubungan erat. Ia juga dapat bergerak terus, mengalir pada kemiringan, seperti melawan hukum grafitasi alam. Apakah air juga dapat memanjat di dinding, di kerta tisu, dan lain-lain? Untuk membuktikannya mari kita lakukan uji coba.

Pada percobaan ini, kita akan mempelajari apakah air dapat bergerak naik pada bidang vertikal seperti dinding tembok, dinding kayu, atau benda lainnya seperti kertas tisu? Kita juga akan mempelajari apakah air bercampur dengan zat lain mempengaruhi hasilnya atau tidak. Kita juag akan mempelajari Apakah jenis kertas yang digunakan mempengaruhi kerja kapiler air?

Tujuan Pembelajaran

Mengapa air naik di handuk kertas?

Bahan-Bahan

gunting

penggaris

kertas tisu atau handuk

pewarna makanan merah

isolasi

pensil

air

toples kaca setinggi 15 cm

Cara Kerja

1. Potong strip 2 × 8 inci (5 × 20 cm) dari handuk kertas.

2. Teteskan pewarna makanan merah 2 inci (5 cm) dari salah satu ujung strip kertas.

3. Rekatkan ujung kertas yang tidak diwarnai ke tengah pensil. Gulung sebagian kertas di sekitar pensil.

Mengapa Air Bergerak Naik

4. Tuang 1 inci (2,5 cm) air ke dalam stoples.

5. Turunkan kertas ke dalam toples. Buka gulungan strip handuk kertas sampai tepi bawahnya menyentuh air.

Hasil

Air melarutkan warna merah saat naik di strip kertas. Pewarnaan merah menyebar ke luar dan ke atas.

Mengapa?

Kertas itu terbuat dari serat-serat kecil. Jarak antar serat membentuk struktur seperti tabung di seluruh kertas. Air terlihat zigzag melalui ruang-ruang ini. Kekuatan perekat dan kohesif membantu menarik air ke atas. Adhesi adalah daya tarik yang dimiliki setiap molekul air untuk kertas. Kohesi adalah daya tarik yang dimiliki molekul air satu sama lain.

Permukaan air di dalam rongga tersebut tidak datar tetapi berbentuk seperti bulan sabit. Hal ini dikarenakan daya rekat air pada kertas lebih besar daripada kohesi antar molekul air. Daya tarik perekat air ke kertas cukup kuat untuk menggerakkan air ke atas sisi tabung serat melawan tarikan gravitasi ke bawah. Molekul air menempel pada serat kemudian menarik molekul air bagian bawah ke tengah tabung. Pergerakan air ke atas melalui tabung kecil disebut aksi kapiler.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek pengujian mengapa air bergerak naik pada kertas, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

1. Apakah warna pewarna pada kertas mempengaruhi hasil? Gunakan warna pewarna makanan yang berbeda pada potongan kertas terpisah. Tinta yang larut dalam air juga bisa digunakan.

2. Apakah jenis kertas yang digunakan mempengaruhi kerja kapiler air? Gunakan berbagai contoh kertas, misalnya penyaring kopi, karung kertas, dan tisu wajah. Berbagai merek handuk kertas dapat diuji kemampuannya dalam menyerap.

Petunjuk Pameran Sains

Keringkan semua strip dan, dengan ringkasan hasil, gunakan sebagai bagian dari tampilan proyek seperti yang ditunjukkan.

Rancanglah Percobaanmu Sendiri

1. Apakah air naik lebih baik di ruang kecil atau besar? Kencangkan dua potong kaca datar sehingga jarak di antara keduanya berubah. Ilustrasi tersebut menunjukkan salah satu metode penyusunan bahan untuk mengeksplorasi jawaban atas pertanyaan ini. Air berwarna memudahkan untuk melihat ketinggian cairan di antara pelat kaca. Materi tersebut dapat digunakan sebagai tampilan proyek beserta diagram dan ringkasan hasil.

2. Buatlah daftar beberapa aplikasi umum dan penting dari aksi kapiler dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contohnya adalah:

• aksi penyerap dari penutup mata dan handuk

• Cairan naik di sumbu lentera dan lilin

• permukaan air melalui celah-celah kecil di tanah

Cari Faktanya

Laporan proyek dapat mencakup informasi tentang pergerakan cairan ke batang tanaman karena aksi kapiler. Apakah ada batasan ketinggian air dapat dinaikkan karena kerja kapiler?

Selamat Belajar!