Selasa, September 28, 2021

Menentukan Jalur Arus Listrik

Must Read

Menentukan jalur arus listrik dalam rangkaian paralel untuk mengetahui jalur yang dialiri elektron. Hasil pengukuran arus akan memperkuat Hukum Ohm.

aksiografi.com – Listrik sangat penting bagi kehidupan kita. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan aliran listrik. Kita tinggal menekan tombol On untuk mengaktifkan berbagai peralatan sampai dapur hingga ruang kantor. Tombol On (hidup) arus listrik langsung berfungsi penggunaannya. Itu terjadi karena impuls listrik yang lewat dari elektron ke elektron bergerak melalui kawat menuju ke lampu. Hampir setiap bangunan atau rumah atau peralatan elektronik memiliki rangkaian listrik.

Rangkaian listrik merupakan jalur muatan listrik. Rangkaian listrik ada dua jalur, yaitu rangkaian seri, yang hanya memiliki satu jalur yang dapat dilalui oleh arus listrik. Jika salah satu bagian dari rangkaian seri ini rusak maka tak ada lagi arus yang dapat melalui rangkaian ini.

Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik dengan arus listrik yang memiliki lebih dari satu jalur untuk dilewati. Keuntungannya adalah, seperti menambahkan jalur pada jalan tol yang padat, sehingga semakin banyak arus lalu lintas yang bisa mengalir (tidak macet).

Pada percobaan ini, kita akan menentukan jalur mana yang dialiri oleh elektron dalam rangkaian paralel. Kita akan mengukur total arus dan tegangan dari tiap-tiap rangkaian yang saling berhubungan, dan kita akan menggunakan hasil pengukuran ini untuk memperkuat hukum Ohm. Kamu juga akan meneliti bagaimana sel-sel baterai dihubungkan dalam rangkaian paralel dan pengaruh sel-sel yang dirangkai secara pararel ini terhadap arus dan tegangan dalam rangkaian.

Baca Juga:   Dibutuhkan Keseimbangan Mekanis agar Selamat
Baca Juga:   Bekas Cacing sebagai Pupuk Organik Terbaik

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam kali ini bertujuan untuk menentukan jalur arus listrik dalam rangkaian paralel.

Bahan-Bahan

  • 1 Baterai 1,5 V
  • 1 tempat baterai dengan kabel-kabel yang berisolasi (wama merah dan hitam)
  • 2 buah bohlam yang sama (untuk fiting dengan sekmp bemkuran E-10)
  • 2 fiting bohlam bemkuran E-10
  • penggunting kabel
  • kabel sepanjang 30 cm dengan 22 kumparan
  • obeng kembang untuk memutar sekrup E-10

Cara Kerja Menentukan Jalur Arus Listrik

1. Letakkan baterai pada tempatnya.

2. Sekruplah lampu pada fitingnya.

Menentukan Jalur Arus Listrik

3. Gunakan penggunting kabel untuk memotong kabel menjadi dua, masingmasing sepanjang 15 cm. Kemudian hilangkan isolasi pada ujung kabel sepanjang 1,25 cm.

4. Hubungkan kedua fiting lampu dengan menggunakan kabel seperti terlihat pada Gambar di samping.

5. Pegang kabel (merah dan hitam) tempat baterai pada bagian yang masih terisolasi, lalu sentuhkan ujung kabel (merah dan hitam) yang terbuka pada kedua sekrup salah satu fiting lampu, seperti terlihat pada gambar di samping.

Bandingkan lampu mana yang menyala lebih terang. PERINGATAN: Jangan menyentuhkan kabel pada sekrup fiting lampu lebih dari 5-6 detik. Lampu dan kabel yang terbuka cukup panas dan bisa membakar kulitmu. Biarkan kabel dingin terlebih dahulu sebelum disentuh.

Hasil Menentukan Jalur Arus Listrik

Praktek menentukan jalur arus listrik berhasil. Lampu menyala sama terang.

Baca Juga:   Mengapa Diameter Kutub Berbeda dengan Ekuator Bumi

Mengapa?

Arus listrik memiliki lebih dari satu jalur untuk dilewati melalui sambungan lampu pada percobaan ini, sehingga rangkaian yang terbentuk disebut rangkaian paralel. Anak panah pada skema listrik di Gambar di bawah ini menunjukkan arah pergerakan arus (e) dari terminal negatif baterai, melalui bohlam kemudian kembali ke terminal positif baterai.

Menentukan Jalur Arus Listrik

Pada persimpangan A (salah satu sekrup pada sisi fiting lampu pertama), arus terbagi menjadi dua sebelum bergerak masuk melewati lampu. Kemudian arus menyatu kembali pada persimpangan B (salah satu sekrup pada sisi berlawan dengan fiting lampu pertama) dan kembali ke terminal positif baterai. Fakta bahwa lampu yang dipakai sama persis dan nyala lampu memiliki terang yang sama menunjukkan bahwa jumlah arus yang mencapai kedua lampu sama besar.

Baca Juga:   Sapi Sama Besar Ibu Jari di Depan Mata Kita

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara menentukan jalur arus listrik, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

1. Apakah nyala lampu semakin terang atau semakin redup jika semakin banyak lampu yang dihubungkan secara pararel? Utangi percobaan dengan menambah jumlah lampu.

2. Jika sebuah lampu lagi ditempatkan secara seri pada rangkaian tersebut, akankah berpengaruh terhadap tingkat pencahayaan lampu-lampu yang dihubungan secara pararel? Ulangi percobaan awal dengan menghubungkan dua lampu sebagaimana sebelumnya dan tambahkan lampu ketiga berupa rangkaian seri, seperti yang ditunjukkan skema pada Gambar di bawah ini.

Menentukan Jalur Arus Listrik

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img