menentukan arah tanpa kompas

Menemukan arah tanpa kompas tidak sulit selama masih ada sinar matahari.  

aksiografi.com – Generasi saat ini selalu tergantung dengan alat dan perangkat teknologi sehingga mereka tidak memiliki kemampuan bertahan hidup. Jika mereka tidak menggunakan teknologi, hidupnya seperti hambar. Misal, untuk mengetahui arah utara, selatan, barat, dan timur digunakanlah alat kompas sebagai penunjuk. Padahal tanpa kompas pun kita bisa mengetahui arah itu. Bukankah matahari selalu terbit di timur dan terbenam di barat.

Nah, tentu arah timur, barat, serta selatan dan urata kita dapat menebak hanya dengan mengamati bayangan kita baik di pagi hari, siang, dan sore hari. Mau tau cara menentukan arah tanpa komas, ikuti petunjuk berikut ini.  Hal itu terjadi karena matahari hanyalah gerakan tampak.

Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran sekolah alam kali ini adalah untuk menemukan arah tanpa kompas.

Bahan-Bahan

  • arloji atau jam papan
  • poster 2
  • batu bata atau batu besar
  • pensil
  • pen
  • dua tali 18 inci (45 cm)
  • gunting
  • helper

Cara Kerja Menentukan Arah Tanpa Kompas

1. Sekitar 1 jam sebelum waktu standar tengah hari (atau sekitar 2 jam sebelum waktu musim panas siang hari), letakkan papan poster di permukaan tanah.

2. Gunakan batu bata untuk menahan papan poster di tempatnya.

3. Tempelkan ujung pensil di tengah papan poster. Sesuaikan tinggi pensil sehingga seluruh bayangan pensil jatuh melintasi papan poster. Pensil harus tegak lurus dengan tanah (lurus ke atas dan ke bawah).

4. Gunakan pena untuk menandai titik di ujung bayangan pensil. Beri label titik “1.”

5. Ikat seutas tali di sekitar pangkal pensil.

6. Berdiri pena di atas titik. Saat Anda memegang pena di tempatnya, minta asisten Anda untuk mengikat ujung bebas dari tali di sekitar pena dan untuk memotong sisa benang.

7. Gunakan tali dan pena yang terpasang untuk menggambar setengah lingkaran dari titik, gerakkan searah jarum jam di sekitar pensil.

8. Amati bayangan pensil dan tandai titik dengan pena ketika ujung bayangan menyentuh lagi setengah lingkaran. Ini akan menjadi sekitar 1 jam setelah waktu standar tengah hari (atau sekitar waktu musim panas siang hari). Beri label titik “2.”

9. Temukan titik tengah di antara titik-titik dengan meletakkan benang kedua pada busur (bagian dari lingkaran) di antara titik-titik tersebut. Tali harus sepanjang jarak antara titik-titik tersebut, jadi potonglah benang yang berlebih. Lipat senar menjadi dua dan tandai titik setengah lingkaran di sebelah lipatan senar. Beri label titik dengan “N.”

10. Lepaskan pena dari potongan benang asli dan regangkan tali dari pensil melintasi titik N dan seterusnya.

11. Berdirilah di belakang pensil dan catatlah tengara di kejauhan, pohon, rumah, dan seterusnya yang ditunjukkan oleh tali.

Hasil Menentukan Arah Tanpa Kompas

Anda telah membuat kompas. Tali itu mengarah ke utara.

Mengapa?

Bola bumi dibagi menjadi garis-garis paralel imajiner yang disebut garis lintang yang digunakan untuk menunjukkan garis lintang (jarak dalam derajat utara atau selatan khatulistiwa). Khatulistiwa berada pada garis lintang 0 ° dan memisahkan Bumi menjadi Belahan Bumi Utara dan Selatan. Ujung utara dan selatan sumbu bumi, yang disebut Kutub Utara dan Selatan, masing-masing berada pada garis lintang 90 ° LU dan 90 ° LS.

Di utara garis lintang 23,5 ° LU, Matahari tidak pernah berada tepat di atas kepala, tetapi selalu tampak bergerak melintasi langit selatan dengan jarak dari zenit (titik tertinggi di langit). Pada siang hari, Matahari berada pada ketinggian tertinggi di langit selatan, sehingga bayangan pensil paling pendek saat itu. Bayangan pendek ini menunjuk ke utara. Di Belahan Bumi Selatan, percobaan yang sama dapat digunakan untuk menentukan arah mana yang mengarah ke selatan karena di sebelah selatan garis lintang 23,5 ° S Matahari tidak pernah berada tepat di atas kepala dan tampak bergerak melintasi langit utara.