Memperagakan Efek Rumah Kaca

Must Read

Memperagakan efek rumah kaca secara sederhana untuk mudah dipahami. Istilah efek rumah kaca datang dari fakta bahwa atmosfer mirip dengan sebuah rumah kaca yang membantu menghangatkan permukaan dengan menahan energi inframerah.

aksiografi.com – Di Sekeliling Bumi diselimuti atmosfer yang terbentuk dari udara yang merupakan fluida atau zat cair-gas. Gas-gas itu yang diperlukan untuk kehidupan tumbuhan dan hewan. Suhu atmosfer Bumi dipengaruhi energi radiasi Matahari. Cuaca, iklim, musim, dan perilaku Manusia seperti penebangan hutan dari suatu daerah tertentu di Bumi mempengaruhi suhu, yang menjadi tolok ukur energi atmosfer. Atmosfer paling hangat ada diekuator karena wilayah ekuator menerima sinar Matahari langsung.

Gas di lapisan atmosfer dihangatkan oleh panas yang dipancarkan dari permukaan Bumi. Gas hangat ini menyelubungi Bumi dan bertindak seperti sebuah selimut, menjaga Bumi tetap hangat. Suhu di Bumi meningkat karena efek gas rumah kaca.

Dalam percobaan ini, kita akan memperagakan efek rumah kaca. Kamu akan menemukan bagaimana material pada permukaan Bumi mempengaruhi efek rumah kaca tersebut. Kita akan menguji hubungan antara efek rumah kaca dan suhu permukaan pada waktu malam. Kita akan menentukan bagaimana komposisi dan kerapatan atmosfer mempengaruhi kemampuannya dalam memerangkap energi inframerah. Kita juga akan memperagakan bagaimana lapisan awan mempengaruhi suhu permukaan pada malam hari.

Tujuan Pembelajaran

Praktek ini bertujuan untuk memperagakan efek rumah kaca.

Bahan-Bahan

  • dua kotak sepatu
  • penggaris
  • tanah
  • dua termometer
  • plastik pembungkus makanan yang tidak berwarna
  • alat pengukur waktu/timer

Cara Kerja Memperagakan Efek Rumah Kaca

1. Tutupi dasar setiap bekas kotak sepatu dengan tanah hingga tingginya sekitar 5 cm.

2. Letakkan sebuah termometer pada permukaan tanah di setiap kotak.

3. Tutuplah salah satu kotak dengan plastik pembungkus. Biarkan kotak yang lain tetap terbuka.

4. Ukurlah suhu kedua kotak dengan menempatkan dua termometer.

5. Tempatkan kedua kotak secara berdampingan di luar ruangan di tempat yang terkena Matahari (lihat Gambar di samping).

6. Catatlah suhu kedua termometer setiap 15 menit selama 1 jam.

Hasil

Pengujian memperagakan efek rumah kaca telah berhasil. Suhu yang terbaca menunjukkan bahwa suhu di dalam kotak yang terbungkus plastik lebih tinggi dan naik lebih cepat.

Mengapa?

Energi radiasi dari Matahari masuk melewati atmosfer Bumi dan mencapai permukaan Bumi. Sekitar 30% dari energi radiasi Matahari yang mencapai Bumi tersebut dipantulkan kembali ke ruang angkasa oleh atmosfer, awan dan permukaan Bumi. Sekitar 20% diserap oleh atmosfer, dan 50% sisanya diserap oleh permukaan Bumi.

Energi radiasi yang diserap oleh Bumi berubah menjadi panas atau sinar inframerah (bentuk energi radiasi yang tidak terlihat yang dapat menimbulkan panas). Sebagian dari panas ini di pindahkan ke atmosfer melalui konduksi (perpindahan panas diakibatkan kontak langsung antara material), konveksi (perpindahan panas yang diakibatkan pergerakan fluida yang dipanaskan-gas dan zat cair) dan radiasi (perpindahan panas melalui emisi/pancaran gelombang panas).

Karbon dioksida dan uap air adalah gas di atmosfer yang menahan agar panas tidak hilang. Gas-gas tersebut menyerap panas dari Bumi dan meradiasikan ulang (memancarkan kembali radiasi yang terserap) panas tersebut kembali ke Bumi.

Seperti penutup plastik yang menahan hilangnya sebagian sinar inframerah yang memancar dari tanah, atmosfer Bumi memelihara agar Bumi tetap hangat. Istilah efek rumah kaca datang dari fakta bahwa atmosfer mirip dengan sebuah rumah kaca yang membantu menghangatkan permukaan dengan menahan energi inframerah.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan cara memperagakan efek rumah kaca, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Apa pengaruh material yang terdapat di permukaan Bumi pada efek rumah kaca? Ulangi percobaan awal, tetapi sekarang siapkan kotak dengan permukaan yang berbeda. Misalnya, tutupi tanah dengan material yang berbeda, seperti pasir, batuan, dan rumput. Siapkan juga sebuah permukaan yang terdiri atas air, caranya dengan melapisi kotak dengan plastik dan ganti isinya dengan air. Tuangkan air sampai setinggi 5 cm.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Pajang foto dari semua kotak hasil dari percobaan. Sertakan sebuah gambar, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini, yang menunjukkan persentase energi radiasi yang dipantulkan kembali ke udara terbuka.

Memperagakan Efek Rumah Kaca

2. Apa hubungan antara pengaruh rumah kaca dan suhu permukaan pada malam hari saat tidak ada pancaran energi radiasi matahari? Ulangi percobaan awal, sekarang ukur suhu kotak saat berada di bawah cahaya Matahari langsung di luar rumah. Kemudian letakkan kotak di daerah yang gelap di dalam rumah. Baca ulang ukuran suhu kedua termometer setiap 15 menit selama 1 jam.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img