Kamis, Desember 9, 2021

Membuat Struktur Fisik Metana

Must Read

Membuat struktur fisik metana sebagai molekul hidrokarbon yang paling sederhana dengan cara sederhana. Kita akan menggunakan permen karet dan tusuk gigi.

aksiografi.com – Struktur fisik metana yaitu molekul hidrokarbon yang paling sederhana. yang terdiri dari molekul yang mengandung hidrogen dan karbon.  

Pada pendekatan ini, kita akan mempelajari struktur fisik metana. Kita juga akan mempelajari bentuk hidrokarbon dengan dua atom karbon.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Kimia Molekul ini bertujuan agar kita memahami bagaimana struktur fisik metana, hidrokarbon paling sederhana (molekul yang mengandung atom hidrogen dan karbon)?

Bahan-Bahan

  • 4 tusuk gigi
  • 1 permen karet hitam besar
  • 4 permen karet putih kecil

Cara Kerja

1. Tempelkan 4 tusuk gigi dalam 1 permen karet hitam besar. Beri jarak tusuk gigi sehingga jaraknya sama satu sama lain.

2. Tempatkan 1 permen karet putih kecil di ujung setiap tusuk gigi.

Hasil

Anda telah membuat model molekuler untuk metana.

Mengapa?

Molekul hidrokarbon terdiri dari atom karbon dan hidrogen. Setiap atom karbon dalam molekul hidrokarbon memiliki empat ikatan (hubungan antar atom) yang berjarak sama, dan setiap atom hidrogen memiliki satu ikatan. Metana adalah molekul hidrokarbon paling sederhana.

Baca Juga:   Cara Menguji Ketidakmurnian Air

Dalam struktur metana, titik permen karet hitam mewakili satu atom karbon yang terikat (melekat) pada empat atom hidrogen yang diwakili oleh titik permen karet putih. Rumus kimia yang digunakan untuk merepresentasikan metana adalah CH4. Rumusnya, seperti model yang Anda buat, menunjukkan bahwa molekul metana memiliki satu atom karbon dan empat atom hidrogen.

Membuat Struktur Fisik Metana

Coba Pendekatan Baru

Bagaimana bentuk hidrokarbon dengan dua atom karbon? Etana mengandung dua atom karbon dan enam atom hidrogen. Rumus kimia untuk etana adalah C2H6. Untuk membuat model etana, pertama-tama hubungkan dua titik permen karet hitam besar dengan tusuk gigi. Kemudian tempelkan tiga tusuk gigi di setiap permen karet hitam yang terhubung. Beri jarak pada tusuk gigi sehingga semua tusuk gigi di setiap titik permen karet memiliki jarak yang sama satu sama lain. Tempatkan satu tetes permen karet kecil di ujung setiap tusuk gigi.

Membuat Struktur Fisik Metana

Petunjuk Pameran Sains

Menampilkan model metana dan etana sebagai bagian dari sebuah proyek.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img