Membuat Model Gerakan Bintang

Membuat model gerakan bintang-bintang sirkumpolar. Bintang-bintang sirkumpolar selalu dapat dilihat di atas horizon dari titik pengamatan tertentu di Bumi.

aksiografi.com – Bintang yang berbeda dapat dilihat dari lokasi yang berbeda di Bumi. Sebagian bintang muncul setiap malam dan tidak pernah terbenam di bawah horizon. Ini adalah bintang-bintang sirkumpolar.

Dalam percobaan ini, kita akan membuat model gerakan bintang-bintang sirkumpolar. Kita akan menentukan bintang mana yang muncul sebagai bintang sirkumpolar untuk para pengamat pada garis lintang yang berbeda. Kita akan mengetahui bagaimana garis lintang mempengaruhi altitude bintang. Kita juga akan mempelajari bintang sirkumpolar utara dan selatan yang dapat dilihat dengan mudah.

Tujuan Pembelajaran

Membuat model gerakan bintang-bintang sirkumpolar dilihat dari kutub-kutub Bumi.

Bahan-Bahan

  • jangka
  • penggaris
  • kertas karton persegi dengan rusuk 22,5 cm
  • plastik transparan warna biru persegi dengan rusuk 22,5 cm
  • spidol hitam permanen
  • gunting
  • isolasi transparan
  • selembar kertas HVS
  • paku pines

Cara Kerja

1. Buatlah lingkaran dengan diameter 7,5 cm di tengah kertas karton.

2. Letakkan lembaran plastik transparan di atas kertas karton. Gunakan spidol untuk menjiplak lingkaran di bawahnya. Guntinglah lingkaran pada plastik sehingga tercipta sebuah lubang.

3. Letakkan lagi plastik di atas kertas karton. Sejajarkan potongannya dengan lingkaran pada karton. Lekatkan plastik dan kertas karton dengan isolasi di tepi atas. Dengan menggunting kedua lapisan di sisi kanan, buanglah setengah lingkaran dengan lebar kira-kira 2,5 cm.

4. Dengan menggunakan jangka, buatlah lingkaran dengan diameter 20 cm di atas kertas HVS . Guntinglah lingkaran tersebut.

5. Angkat plastik dan masukkan lingkaran kertas sehingga berada di atas kertas karton. Dengan ujung jangka, buatlah sebuah lubang menembus pusat kertas karton dan lingkaran kertas. Lekatkan keduanya dengan paku pines.

6. Turunkan plastik. Berilah titik sebanyak 20 sampai 25 di daerah terbuka pada lingkaran di tengah kertas, jangan terlalu dekat dengan sisi bagian luar (lihat Gambar berikut).

Membuat Model Gerakan Bintang

7. Putar lingkaran kertas berlawanan dengan arah jarum jam dan amati pergerakan titik-titiknya.

8. Putar lingkaran kertas searah dengan jarum jam dan amati pergerakan titik-titiknya.

Hasil

Titik-titik bergerak, tetapi tetap di dalam lembar plastik yang terbuka.

Mengapa?

Paku pines menggambarkan sebuah kutub angkasa (salah satu dari dua poros kubah angkasa). Titik-titik yang ada di daerah terbuka menggambarkan bintang-bintang yang dapat dilihat pengamat yang berada di garis lintang 90° U atau 90° S, Kutub Utara atau Kutub Selatan Bumi. (Bintang-bintang yang dilihat dari dua kutub berbeda.) Tepi biru menggambarkan horizon, tempat bertemunya langit dan Bumi. Bintang-bintang sirkumpolar selalu dapat dilihat di atas horizon dari titik pengamatan tertentu di Bumi.

Dari Kutub Utara, semua bintang yang dapat dilihat adalah sirkumpolar. Bintang-bintang tersebut tampak bergerak berlawanan dengan arah jarum jam mengelilingi kutub utara angkasa. Dari Kutub Selatan, semua bintang yang dapat dilihat adalah sirkumpolar. Bintang-bintang tersebut bergerak searah jarum jam mengelilingi kutub selatan angkasa.

Cobalah Pendekatan Baru

Buatlah model gerakan bintang-bintang dilihat dari longitude (garis lintang) yang lebih rendah. Angkat plastik model. Secara acak, tambahkan 40 titik atau lebih di bagian luar lingkaran kertas. Ambil paku pines dan lingkaran kertas.

Dengan ujung jangka, buatlah sebuah lubang di kertas karton kira-kira 2,5 cm di bawah lubang yang telah ada. Tempatkan lingkaran kertas di atas lubang baru dan lekatkan dengan paku pines, kemudian turunkan plastik (lihat Gambar di bawah ini).

Membuat Model Gerakan Bintang

Putar lingkaran kertas berlawanan dengan arah jarum jam dan amati pergerakan titik-titik. Putar lingkaran searah jarum jam dan amati lagi. Tentukan bintang-bintang mana yang sirkumpolar. Juga perhatikan berapa banyak bintang yang sirkumpolar di garis lintang 90° tidak lagi sirkumpolar di garis lintang yang lebih rendah yang ditunjukkan oleh percobaan ini.

Selamat Belajar!