Membuat Model Gerakan Benda

Membuat model gerakan benda angkasa dan gerakan tampak bintang di atas Bumi dengan cara sederhana. Para ahli astronomi menggunakan kubah benda-benda angkasa untuk menempatkan bintang, matahari, bulan, dan planet.

aksiografi.com – Bintang-bintang tampak seolah-olah dilukis pada kubah di atas Bumi. Bagi para pengamat di Bumi, kubah khayal ini terlihat bergerak dalam sebuah lingkaran.

Dalam percobaan ini, kita akan membuat model gerakan Bumi dan gerakan tampak bintang di atas Bumi. Kita juga akan menggunakan bagian- bagian dari kubah angkasa, seperti ekuator, garis deklinasinya, dan kenaikan kanan (right ascension) untuk menentukan posisi benda-benda di langit.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam ini bertujuan untuk membuat model gerakan benda-benda angkasa.

Bahan-Bahan

  • tanah liat seukuran buah jeruk
  • kertas karton putih persegi dengan rusuk 30 cm
  • tusuk gigi
  • penjepit kertas
  • isolasi dengan lebar 0,63 cm
  • mangkuk bening berukuran 2 liter
  • 8 sampai 10 stiker bintang

Cara Kerja

1. Bentuklah tanah liat menjadi bola. Ratakan satu sisinya sampai berbentuk setengah bola. Ini adalah model Bumi.

2. Letakkan model Bumi di atas kertas karton dengan sisi yang datar berada di bawah. Masukkan tusuk gigi menembus bagian tengah tanah liat dari atas sampai bawah. Lekatkan penjepit kertas di satu sisinya.

3. Lekatkan isolasi di sepanjang tepi bagian luar mangkuk. Baliklah mangkuk letakkan di atas model Bumi. Aturlah posisi model Bumi di bawah agar tepat di tengah-tengah mangkuk.

4. Lekatkan sebuah bintang di titik yang ditunjuk oleh penjepit kertas. Beri nomor 1 pada bintang ini.

5. Putarlah mangkuk searah jarum jam kira-kira satu perdelapan putaran, dan ulangi langkah 4, beri nomor 2 pada bintang ini.

6. Ulangi langkah 4 dan 5 dengan menempatkan enam sampai delapan lebih bintang di mangkuk dan berilah nomor secara berurutan (lihat Gambar di bawah ini).

Membuat Model Gerakan Benda

Hasil

Praktek membuat model gerakan benda angkasa berhasil. Bintang-bintang tersebut membentuk sebuah lingkaran di atas model Bumi.

Mengapa?

Para ahli astronomi menggunakan kubah benda-benda angkasa untuk menempatkan benda-benda angkasa, seperti bintang, matahari, bulan, dan planet. Bumi berada di tengah bola yang berongga, dan bintang tampak mengitari melintas langit. Kubah angkasa dalam percobaan ini mirip dengan kubah langir versi Bumi Datar.

Membuat Model Gerakan Benda

Mode kubah angkasa disebut globe angkasa. Mangkuk dalam percobaan ini bertindak sebagai setengah dari globe angkasa. Bola tanah liat menggambarkan setengah Bumi. Tusuk gigi menggambarkan poros Bumi, dan penjepit kertas menggambarkan pengamat di Bumi. Ekuator angkasa adalah lingkaran khayal yang membagi kubah angkasa menjadi dua, tegak lurus dengan poros kubah, dan sejajar dengan ekuator Bumi.

Dalam percobaan ini, ekuator angkasa digambarkan oleh isolasi yang mengelilingi tepi mangkuk. Setengah dari kubah angkasa di atas atau di utara ekuator angkasa disebut belahan utara. Setengah dari kubah angkasa di bawah atau di selatan ekuator angkasa disebut belahan selatan. (Nama kedua daerah Bumi ini selalu diawali dengan huruf besar.)

Bagi pengamat di Bumi (penjepit kertas), kubah angkasa tampak berputar. Bintang-bintang tampak bergerak di atas pengamat.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah praktek membuat model gerakan benda angkasa, selanjutnya kita akan membuat percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Kubah angkasa bukanlah objek nyata, dan juga tidak berotasi. Sebenarnya, Bumilah yang melakukan rotasi. Seandainya kamu bisa melihat Bumi dari atas Kutub Utara, kamu akan melihat Bumi berputar dari barat ke timur dalam arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Mintalah bantuan orang dewasa untuk sedikit mengangkat mangkuk sementara kamu memutar model Bumi dengan memutar penjepit kertas berlawanan dengan arah jarum jam. Dalam urutan apa bintang-bintang bergerak di atas penjepit kertas?

Petunjuk Lomba dan Pameran Sains

Pamerkan foto dari model yang telah kamu buat. Berilah label pada bagian-bagian yang berbeda dari globe angkasamu.

Selamat Belajar!