Membuat Model Gelombang Air di Samudra

Must Read

Membuat model gelombang air dari bahan sederhana: kertas dan plastik. Dengan model struktur dan pergerakan gelombang air sehingga kita bisa membedakan antara pergerakan molekul air dan energi gelombang.

aksiografi.com – Pergerakan gelombang air mirip dengan gelombang yang bergerak melalui tali. Saat gelombang bergerak ke depan, tali akan bergerak naik dan turun, akan tetapi talinya tidak ikut bergerak ke depan mengikuti gelombang. Sama seperti gelombang tali, gelombang air tidak membawa air bergerak maju. Hanya energi gelombanglah yang bergerak maju.

Dalam percobaan ini, kamu akan mempelajari gelombang air dan membuat model struktur dan pergerakannya. Kamu akan menggunakan model untuk membedakan antara pergerakan molekul air dan energi gelombang.

Nah, jadi penasaran ya. Mari kita melakukan uji coba. Dalam percobaan ini, kamu akan mempelajari gelombang air dan membuat model struktur dan pergerakannya. Kamu akan menggunakan model untuk membedakan antara pergerakan molekul air dan energi gelombang.

Tujuan Pembelajaran

Sesi praktek Sekolah Alam kali ini adalah cara membuat model bagian-bagian sebuah gelombang air di Samudra.

Bahan-Bahan

  • Guntung
  • Penggaris
  • Dua lembag kartu indeks ber
  • Isolasi bening
  • Lembaran kertas ketik
  • Map plastik berwarna yang bening
  • Spidol berwarna hitam

Cara Kerja Membuat Model Gelombang Air

1. Ambil satu kartu indeks dan tentukan bagian tengah dari panjang kartu. Gambar persegi panjang berbentuk U berukuran sepanjang panjang kartu indeks, potong bentuk U tersebut lalu buanglah.

2. Letakkan potongan kartu di atas kartu indeks kedua dengan bagian potongannya menghadap atas.

3. Rekatkan kedua kartu menjadi satu hanya pada sisi panjangnya (atas dan bawah) dengan isolasi. Jangan merekatkan bagian berbentuk U tersebut. Kedua kartu ini akan menjadi alat teropong gelombang.

4. Lipat selembar kertas menjadi setengah dengan menyatukan bagian panjangnya.

5. Untuk membuat gelombang, buka lipatan kertas dan letakkan di atas diagram gelombang seperti terlihat pada Gambar di bawah ini: ratakan ujung kertas dekat dengan garis lipatan dan sisi kiri kertas dengan ujung diagram di mana garis putus-putus saling bertemu.

membuat model gelombang air

6. Jiplak diagram gelombang, termasuk huruf T sampai ke C.

7. Gerakkan kertas ke kiri hingga ujung kanan gelombang jiplakanmu menyentuh ujung kiri gelombang pada diagram. Pastikan garis lipatan kertas sejajar dengan garis putus-putus yang horizontal (lihat Gambar di bawah ini). Kemudian ulangi langkah 6.

membuat model gelombang air

8. Ulangi langkah 7.

9. Lipat kembaii kertas sehingga gambar gelombang jiplakanmu terlihat. Sisipkan kertas ke dalam teropong gelombang dari bagian samping dengan lipatan berada di atas sehingga gelombang dapat terlihat melalui jendela yang dibuat pada alat teropong gelombangmu.

10. Geser potongan kertas menyamping sehingga huruf T dari salah satu gelombang berada di tengah jendela alat teropong gelombangmu.

11. Potong sebuah map plastik seukuran 10 x 15 cm (buang sisa mapnya)

12. Letakkan potongan map plastik menutupi jendela dengan sisi panjang map plastik berada di sepanjang tepi atas dari alat teropong gelombang.

13. Dengan isolasi, rekatkan map plastik pada bagian atas alat teropong gelombang, biarkan bagian bawah plastik bebas sehingga plastik dapat diangkat atau diturunkan menutupi jendela.

14. Gunakan spidol hitam untuk menandai tinggi gelombang dan panjang gelombang pada map plastik, seperti Gambar berikut ini.

membuat model gelombang air

15. Pegang bagian bawah alat teropong gelombang dengan satu tangan dan tarik kertas menyamping sampai huruf T pada gelombang berikutnya yang terletak di tengah jendela. Amati panjang gelombang (dari C ke C) dan tinggi gelombang (dari T ke C) dari gelombang pada alat tersebut.

Hasil Model Gelombang Air

Praktek membuat model gelombang air berhasil. Alat teropong gelombang akan menunjukkan tiga gelombang, masing-masing dengan panjang dan tinggi gelombang yang sama.

Mengapa?

Gelombang adalah sejenis bentuk gangguan pada material, seperti permukaan air, yang terjadi berulang-ulang. Sebagian besar gelombang terjadi disebabkan oleh tiupan angin di permukaan air. Ketika gelombang bergerak melintasi permukaan air, airnya tidak ikut berpindah-pindah; melainkan hanya bergerak naik-turun. Bagian gelombang yang paling tinggi disebut puncak (huruf C pada, model). Bagian paling rendah disebut lembah (T). Jarak horizontal antara titik-titik yang serupa dari dua gelombang yang berurutan disebut panjang gelombang. Jarak vertikal antara puncak dan lembah gelombang disebut tinggi gelombang.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek membuat model gelombang air, maka selanjutnya kita akan melakukan praktek dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Saat gelombang bergerak melalui air, masing-masing molekul air bergerak naik dan turun dalam sebuah gerakan melingkar, berakhir hampir di posisi yang sama seperti saat mulai. Ulangilah percobaan dengan membuat model pergerakan molekul air pada waktu gelombang bergerak melalui air.

Pertama modifikasi lembaran plastik dengan meletakkannya di atas lingkaran seperti pada Gambar di bawah ini:

sehingga bagian ujung kiri atas plastik bertemu dengan ujung yang dibentuk oleh titik putus-putus. Jiplak lingkaran, titik, dan panah pada map plastik. Rekatkan plastiknya kembaii ke alat teropong gelombang. Kemudian, pegang alat teropong gelombang dengan satu tangan, gunakan tangan satunya untuk menarik kertas pada alat teropong gelombang menyamping sehingga titik paling atas lingkaran berada di tengah puncak gelombang.

Perlahan tarik kertas ke arah gelombang, menuju arah kanan, sampai titik paling bawah lingkaran berada di tengah lembah gelombang. Titik di lingkaran menunjukkan letak molekul air di puncak dan lembah. Panah menunjukkan arah pergerakan molekul.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img