membuat skala sistem tata surya

Membuat model Bumi 3D skala mini cukup sederhana. Kita dapat menggunakan bahan yang ada di sekitar rumah kita.

aksiografi.com – Sistem tata surya kita terdiri atas Matahari, sembilan planet (benda-benda angkasa yang mengorbit Matahari) beserta bulan-bulannya, asteroid, komet, dan debu angkasa. Batas sistem tata surya disebut heliopaus, yaitu batas yang bisa dicapai angin Matahari.0

Angin Matahari adalah aliran-aliran yang keluar dari atmosfer Matahari dan mengalir ke sistem tata surya. Dari heliopaus, sistem tata surya kita kira-kira berjarak 18,6 triliun mil (29,8 triliun km).

Matahari adalah benda angkasa terbesar dalam sistem tata surya kita. Diameter Matahari kira-kira 870.000 mil (1.392.000 km). Pluto yang merupakan planet terkecil berdiameter kira-kira 1.434 mil (2.294 km). Kebanyakan asteroid dan komet jauh lebih kecil dibandingkan Pluto.

Dalam percobaan ini, kita akan membuat model 3 Dimensi untuk menggambarkan ukuran benda-benda angkasa dalam sistem tata surya kita. Kita juga akan mempelajari cara menggambarkan jarak antar planet dan antara planet dengan bulan-bulannya.

Memulai Percobaan

Percobaan praktek sekolah alam kali ini bertujuan untuk membuat model Bumi skala 3-D.

Bahan-Bahan

  • jangka
  • penggaris
  • kertas poster berwama
  • gunting
  • kartu indeks
  • bolpoin

Cara Kerja

1. Diameter Bumi kira-kira 7.393 mil (12.757 km). Gunakan penggaris untuk membuat skala I cm = 3.000 km. Hitunglah diameter model Bumi seperti berikut ini.

Diameter Bumi sebenarnya         : 3.000 km/cm   = diameter model Bumi

12.757 : 3.000 km/cm    = 4,252 cm

2. Bulatkan ke sentimeter terdekat sehingga diameter model Bumi sama dengan 4 cm. gunting kartu indeks bolpoin

3. Gunakan jangka untuk membuat dua buah lingkaran yang berdiameter 4 cm (jari-jari 2 cm) pada kertas poster.

4. Potonglah kedua lingkaran tersebut, kemudian potonglah sebuah garis lurus (jari-jari) dari tepian lingkaran ke pusat lingkaran.

5. Gabungkan kedua lingkaran tersebut sehingga saling membentuk sudut 90°. (Lihat gambar di bawah)

Membuat Skala Sistem Tata Surya dalam Model Mini

6. Buatlah sebuah papan petunjuk yang menunjukkan skala model Bumi dengan melipat kartu indeks secara memanjang. Tuliskan skala, “1 cm = 3.000 km”, pada salah satu sisinya. Letakkan papan petunjuk tersebut sejajar dengan model Bumi.

Hasil Membuat Skala Sistem Tata Surya

Kita telah membuat sebuah model skala Bumi dalam sistem tata surya dalam model mini.

Mengapa?

Model skala adalah sebuah tiruan sebuah objek dengan ukuran yang lebih kecil. Membuat model skala dibutuhkan rumus perbandingan skala dan model. Sistem tata surya adalah kelompok benda angkasa yang mengorbit pada sebuah bintang yang disebut Matahari. Planet adalah benda-benda angkasa besar yang mengorbit pada Matahari. Model-model benda angkasa pada sistem tata surya kita, seperti Bumi, sangat penting karena membantu para pengamat membandingkan ukuran dan jarak benda-benda besar dengan lebih mudah.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara membuat skala Sistem Tata Surya dalam bentuk mini, maka kita akan melakukan pendekatan baru. Bagaimanakah perbandingan ukuran Bumi dengan planet-planet lain dalam sistem tata surya kita? Buatlah model-model skala lain dengan menggunakan diameter planet-planet yang ada pada Lampiran 3.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains: Lekatkanlah benang ke model-model planet yang kamu buat dan gantungkan ke tongkat setinggi 1,2 m. Sanggalah ujung-ujung tongkat kemudian fotolah model-model planet tersebut. Gunakan foto dan model-model planet yang telah kamu buat untuk tampilan pada lomba dan pameran sains.

Setelah Anda melakukan percobaan dengan pendekatan baru di atas, sampaikanlah hasilnya pada teman-teman kamu atau berilah komentar di bawah. Berbagilah dengan siapa saja dan ajaklah melakukan percobaan di laboratorium Sekolah Alam. Jika berkenan, tulislah lalu kirim ke email aksiografi.com agar dapat dimuat di laman Sekolah Alam.

Anda juga dapat membaca artikel-artikel #sekolah-alam lainnya. Selamat Belajar!

Artikel ini juga dapat dibaca dalam bahasa Inggris.