Membuat Model Atom Litium

Must Read

Membuat model atom litium dari bahan tanah liat agar mudah memahami struktur bangunan unsur kimia litium. Litium terdiri dari tiga proton dan empat neutron dalam nukleusnya dan tiga elektron di luar nukleus.

aksiografi.com – Atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri atas inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral, tidak bermuatan negatif maupun positif.

Teori atom dalam bidang Fisika dan Kimia adalah teori ilmiah yang membahas sifat alami materi yang menyatakan bahwa atom adalah bahan penyusun terkecil dari materi.

Pembahasan kali ini mengenai atom litium yaitu atom dari unsur kimia litium. Sebuah litium terdiri dari tiga elektron yang terikat oleh gaya elektromagnetik ke inti yang memiliki tiga proton dan empat neutron dalam nukleusnya (bagian tengah atom) dan tiga elektron di luar nukleus.

Pada percobaan kali ini, kita akan membuat model atom litium dari bahan dan alat sederhana. Kita juga akan mempelajari perbedaan atom dalam massa yang ditentukan oleh  jumlah neutron yang berbeda di intinya. Kita juga akan membuat isotop litium.

Tujuan Pembelajaran

Praktik Sekolah Alam Kimia ini bertujuan bagaimana kita merancang atau membuat model atom litium?

Bahan-Bahan

gunting

penggaris

kabel kaku

tanah liat modeling, merah, hijau, dan kuning

tali

Cara Kerja Membuat Model Atom Litium

1. Potong dua panjang kawat, satu sepanjang 12 inci (30 cm) dan yang lainnya sepanjang 18 inci (45 cm).

2. Putar ujung kabel menjadi satu. Kemudian tekuk dan bentuk kabel menjadi dua lingkaran, satu di dalam yang lain.

3. Tekan ujung kabel yang dipilin menjadi gumpalan tanah liat sehingga lingkarannya berdiri.

4. Potong tali sepanjang 15 cm.

5. Ikat tali ke atas lingkaran kawat dalam sehingga ujung bebas tali tergantung di tengah lingkaran.

Membuat Model Atom Litium

6. Bentuklah bola-bola kecil (seukuran ujung jari kelingking) dari ketiga warna tanah liat. Buat tiga bola tanah liat merah, tiga kuning, dan empat hijau.

7. Tekan dua bola merah ke lingkaran dalam dari kawat, satu di setiap sisi.

8. Tekan bola ketiga dari tanah liat merah ke lingkaran luar kawat, di sisi kanan.

9. Tekan bola-bola tanah liat kuning dan bola-bola tanah liat hijau bersama-sama di sekeliling tali sehingga saling tergantung di tengah lingkaran.

10. Pangkas tali yang berlebih.

11. Buatlah kunci untuk struktur litium seperti pada diagram.

Hasil Model Atom Litium

Praktek membuat model atom litium berhasil. Kita telah membuat model tiga dimensi atom litium, yang menunjukkan posisi elektron atom (merah), proton (kuning), dan neutron (hijau).

Mengapa?

Atom adalah bahan penyusun terkecil dari materi (zat yang menempati ruang dan memiliki berat). Kombinasi dua atau lebih atom menghasilkan molekul.

Membuat Model Atom Litium

Atom sendiri terbuat dari partikel yang lebih kecil yang memiliki sifat listrik. Partikel-partikel ini adalah proton (yang bermuatan positif), elektron (yang bermuatan negatif), dan neutron (yang netral, tidak bermuatan positif maupun negatif). Sebuah atom litium memiliki tiga proton dan empat neutron dalam nukleusnya (bagian tengah atom) dan tiga elektron di luar nukleus. Perhatikan bahwa jumlah elektron dan proton adalah sama; ini benar di semua atom. Elektron bergerak di dalam area di sekitar inti yang disebut kulit elektron, yang diwakili oleh setiap loop kawat dalam model Anda.

Coba Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara membuat model atom litium, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru sebagai berikut:

Pada tahun 1910, Frederick Soddy dari Inggris menemukan bahwa atom dari unsur yang sama (substansi dalam bentuk yang paling sederhana) dapat berbeda dalam massa. Dia menentukan bahwa perbedaan massa disebabkan oleh adanya jumlah neutron yang berbeda di intinya. Atom dari unsur yang sama, tetapi dengan massa berbeda, disebut isotop. Buat isotop litium dengan mengulangi aktivitas tersebut. Tambahkan neutron tambahan dengan menggunakan lima bola tanah liat hijau untuk mewakili lima neutron.

Petunjuk Pameran Sains

Setelah berhasil melakukan pendekatan baru, berbagilah dengan orang lain atau teman kelasmu. Tampilkan model sebagai bagian dari proyek sainsmu.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img