Senin, Desember 6, 2021

Membuat Benda Bermuatan Listrik Statis

Must Read

Membuat benda bermuatan listrik statis dengan cara menggesekkan. Efek yang ditimbulkan oleh muatan statis tersebut disebut listrik statis.

aksiografi.com – Listrik adalah istilah yang diberikan kepada setiap pengaruh karena adanya muatan listrik yang tidak bergerak atau yang bergerak. Kata “listrik” diciptakan oleh William Gilbert (1544-1603), seorang ahli kedokteran dan ilmu tlsika berkebangsaan Inggris, yang dikenal terutama karena percobaan tentang sifat dasar listrik dan kemagnetan (fenomena yang berhubungan dengan magnet).

Menggesekkan dua bahan, misalnya kakimu dengan karpet, menyebabkan dua jenis muatan listrik dalam atom-atom yang membentuk bahan-bahan tersebut menjadi terpisahkan. Muatan tak bergerak yang terbentuk disebut muatan statis. Efek yang ditimbulkan oleh muatan statis tersebut disebut listrik statis. Jika terdapat cukup banyak muatan yang terpisahkan, maka sewaktu terjadi penggabungan kembali muatan-muatan tersebut akan dihasilkan bunga api yang disebut pelepasan muatan statis.

Ilmuwan dan negarawan Amerika, Benjamin Franklin (1706-1790) menamakan dua jenis muatan tersebut sebagai “positif dan “negatif. Dia juga memperagakannya melalui percobaannya bahwa cahaya, seperti bunga api kecil yang kamu hasilkan ketika menyentuh pegangan pintu dari logam setelah menggesek-gesekkan kakimu di karpet, adalah contoh pelepasan muatan statis sebagai hasil dari hilangnya muatan statis.

Pada percobaan ini, kita akan menemukan cara mengkutubkan (menciptakan kutub) suatu bahan dengan induksi listrik statis (pemisahan muatan karena adanya benda bermuatan). Kita akan belajar cara membuat benda menjadi bermuatan listrik statis dengan gesekan dan konduksi. Kita juga akan menentukan cara pengaruh jarak bahan-bahan bermuatan terhadap listrik yang ada di antara bahan-bahan tersebut.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam ini bertujuan untuk mengkutubkan (menciptakan kutub) bahan dengan induksi listrik statis.

Bahan-Bahan

  • dua buah makanan kecil berbentuk cincin
  • dua utas tali sepanjang 30 cm
  • isolasi
  • Penggaris
  • balon berdiameter 22,5 cm
  • selendang yang terbuat dari wol
  • penggaris kayu

Cara Kerja Membuat Listrik Statis

1. Siapkan 2 buah pendulum dengan menggantungkan makanan ringan berbentuk cincin pada ujung tali.

2. Tempelkan ujung tali yang satunya pada sudut meja dengan menggunakan isolasi. Kedua tali harus dipisahkan cukup jauh, sekitar 1 cm, sehingga makanan kecil tergantung bebas dan berdekatan namun tidak bersinggungan. Perhatikan pemisahan antara tali dengan pendulum.

Baca Juga:   Pengaruh Sudut Gaya Tolak Magnet

3. Tiup balon sampai seukuran buah anggur yang besar, dan ikatkan simpul pada lehernya untuk menutupnya.

4. Berilah muatan pada balon dengan menggosok-gosokkannya pada selendang wol, sebanyak lima kali atau lebih. 5. Peganglah balon bermuatan tersebut di bawah pendulum yang tergantung sehingga balon itu dekat namun tidak menyentuh pendulum.

6. Secara perlahan-lahan, gerakkan balon bermuatan ke kiri, kemudian ke kanan. Amati gerakan pendulum.

7. Pindahkan dan letakkan balon setidaknya berjarak 1 meter dari pendulum. Amati posisi masing-masing pendulum selama 2 menit atau lebih.

Hasil Benda Bermuatan Listrik Statis

Praktek membuat benda bermuatan listrik statis telah berhasil Pada awalnya tali dengan pendulum tergantung sejajar satu dengan lainnya. Ketika balon bergerak di bawah pendulum, kedua pendulum bergerak searah dengan gerakan balon. Segera setelah balon dipindahkan, tali tergantung dengan membentuk sudut antara yang satu dengan yang lain, dan pendulum terpisahkan dengan jarak yang lebih jauh dari sebelumnya. Setelah beberapa waktu, tali kembali pada posisi sejajarnya.

Mengapa?

Listrik adalah setiap pengaruh yang dihasilkan karena adanya muatan listrik tak bergerak atau bergerak. Sebuah muatan (muatan listrik) adalah sifat partikel-partikel di dalam atom, yang menyebabkan terjadinya tarik-menarik atau tolak-menolak antara partikel satu dengan partikel lainnya atau antar partikel-partikel di dalam bahan lainnya.

Gaya antara dua benda karena perubahannya disebut gaya listrik. Sifat ruang di sekitar benda bermuatan yang menyebabkan terjadinya gaya pada benda bermuatan lainnya disebut medan listrik. Sumber dari muatan positif dan negatif adalah atom (balok-balok penyusun suatu materi), yang terdiri atas sebuah nukleus (inti atom), dengan proton (partikel bermuatan listrik positif di dalam inti atom) dan elektron (partikel bermuatan negatif di luar inti atom).

Kontak fisik antara bahan-bahan tak bermuatan, misalnya dengan menggesek-gesekkan dua benda, sebagai salah satu cara yang disebut metode gesekan, untuk membuat keduanya bermuatan listrik. Sebelum balon dan wol digesekkan, balon dan wol, sebagaimana bahan-bahan lainnya, bersifat netral (memiliki jumlah muatan positif dan negatif yang sama, sehingga tidak memiliki muatan listrik).

Ini terjadi karena masing-masing memiliki jumlah proton (muatan positif) dan elektron (muatan negatif) yang sama. Ketika kamu menggosok balon dengan wol, elektron-elektron dipindahkan dari wol ke balon karena perbedaan tarik-menarik bahan terhadap elektron. Benda dengan satu jenis muatan yang jumlahnya lebih banyak dibanding jenis muatan lainnya dikatakan bermuatan.

Baca Juga:   Dibutuhkan Keseimbangan Mekanis agar Selamat

Penambahan elektron pada balon menyebabkan balon bermuatan negatif, dan kehilangan elektron pada selendang menyebabkan selendang bermuatan positif Muatan listrik tak bergerak yang terbentuk disebut muatan statis. Efek yang ditimbulkan oleh muatan statis tersebut disebut listrik statis.

Dua buah benda bermuatan yang memiliki jenis muatan berbeda akan saling tarik-menarik, sedangkan dua buah benda bermuatan yang memiliki jenis muatan sama akan saling tolak-menolak. Sehingga, ketika balon bermuatan negatif didekatkan pada pendulum makanan kecil berbentuk cincin yang netral, muatan positif dan negatif dari molekul-molekul dalam makanan kecil terpisahkan secara cepat, karena muatan negatif pada molekul makanan kecil ditolak oleh muatan negatif dari balon.

Disini tidak terjadi peningkatan jumlah muatan, hanya terjadi penyebaran muatan. Penyebaran tersebui membuat permukaan makanan kecil dipenuhi muatan positif. Proses pengkutuban/polarisasi (pemisahan muatan positif dan negatif) pada bahan netral karena didekatkan pada benda yang bermuatan disebut induksi listrik statis (lihat Gambar berikut).

Membuat Benda Bermuatan Listrik Statis

Bagian yang bermuatan positif pada pendulum yang terpolarisasi ditarik ke balon-balon bermuatan negatif dan bergerak searah dengan gerakan balon. Akan tetapi, ketika balon bermuatan dipindahkan, muatan positif pada permukaan pendulum akan saling tolak, dan mereka terpisah.

Tapi tolak-menolak antara muatan positif tersebut hanya sebentar, sehingga ketika balon bermuatan tidak lagi di dekatnya, dalam waktu singkat muatan-muatan yang terpisah tadi kembali pada posisinya semula dan permukaan pendulum menjadi netral serta tidak lagi saling tolak-menolak. Oleh karena itu, maka pendulum kembali tergantung lurus ke bawah.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara membuat benda bermuatan listrik statis, maka selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Apakah bahan pembuat pendulum mempengaruhi waktu lamanya pendulum tersebut bermuatan listrik setelah balon dipindahkan? Ulangi percobaan dengan menggunakan bahan lain yang berbeda, seperti plastik, kapas dan kertas aluminium untuk membuat pendulum.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img