Selasa, April 13, 2021

Medan Magnet adalah Daerah Gaya Magnet

Must Read

Medan magnet adalah daerah gaya magnet sebagai fenomena kemagnetan. Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik dalam suatu bahan.

aksiografi.com – Banyak medan magnet di lingkungan sekitar itu. Gaya magnet yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik dalam suatu bahan sehingga memunculkan fenomena kemagnetan.

Medan magnet dalam ilmu Fisika adalah suatu medan yang terbentuk dari arus listrik yang melahirkan gaya di muatan listrik. Medan magnet disebut juga mendan vaktor, berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah berdasarkan waktu.

Bahan-bahan yang memiliki gaya yang dinamakan gaya magnet—gaya yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik—disebut magnet, dan daerah sekitar magnet yang dapat dirasakan gaya magnetnya disebut medan magnet. Semua kejadian yang berhubungan dengan magnet disebut kemagnetan.

Sifat Medan Magnet

James Clerk Maxwell, fisikawan Skotlandia, menulis hukum magnetisme pertama kali. Ia telah membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gabungan dari osilasi medan listrik dan magnetik. Ia menemukan bahwa cahaya adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik.

Hasil penelitian dan pengujiannya itu melahrikan formulasi empat yang menjelaskan hukum dasar listrik dan magnet. Ia berhasil menjabarkan secara tepar perilaku dan saling keterhubungan antara medan listrik dan magnet. Dialah yang memadukan menjadi satu teori terpadu.

Ia berhasil mengubah sejumlah besar fenomena menjadi satu teori tunggal yang dapat dijadikan pegangan. Gerak bolak-balik seperti pendulum disebut gelombang elektromagnetik, gelombang yang jika digerakkan sekali akan menyebar terus hingga ke angkasa luar.

Maxwell menunjukkan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik mencapai sekitar 300.000 kilometer atau 186.000 mil per detik. Kecepatan itu sama dengan kecepatan cahaya. Dari situ ia menyimpulkan bahwa cahaya itu sendiri adalah gelombang elektromagnetik.

Berdasarkan rumus Maxwell tentang empat persamaan kedua medan itu, masih terdapat dua medan yang berbeda dengan gejala yang berbeda. Einstein kemudian menjelaskan gejala yang berbeda itu.

Einstein berhasil menunjukkan dengan relativitas khusus bahwa medan listrik dan medan magnet adalah dua aspek dari hal yang sama. Gaya magnet, berdasarkan relativitas khusus, adalah manifestas dari gala elektrostatik dari muatan listrik yang bergerak.

Garis Medan Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh gerakan muatan listrik dan daerah sekitar magnet yang dapat dirasakan gaya magnetnya disebut medan magnet. Garis gaya magnet menentukan luasan medan magnet suatu benda.

Garis medan magnet berada di sekeliling dalam lintasan tertutup dari kutub utara hingga ke kutub selatan dari suatu magnet. Garis gaya magnet dapat diketahui cukup dengan menaburkan serbuk besi di atas suatu magnet.

Kutub Magnet

Arah medan magnet ini seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan dalam medan magnet. Medan magnet yang paling kuat disebut kutub magnet. Satu kutub magnet kutub utara (U) dan kutub lainnya disebut kutub selatan (S). Kutub tak sejenis saling menarik, dan kutub sejenis saling menolak.

Kutub-kutub yang tidak sejenis dari dua magnet akan saling menarik dan kutub-kutub sejenis saling menolak. Semua magnet pada percobaan tersebut diletakkan sedemikian rupa sehingga kutub-kutub sejenis saling berhadapan.

Kutub sejenis saling menolak yang disebut gaya tolak-menolak magnet terhadap gerakan magnet lainnya. Itu terjadi karena pengaruh magnitudo gaya tolak suatu magnet terhadap gerakan magnet lainnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img