Senin, Desember 6, 2021

Matahari Terbit dan Matahari Terbenam

Must Read

Matahari terbit dan Matahari terbenam merupakan fakta setiap hari kita saksikan. Belajar memuat model gerakan harian Matahari yang tampak.

aksiografi.com – Silih berganti siang dan malam karena kita mengenal adanya matahari terbit di Timur dan terbenam di Barat. Namun kita belum mengetahui bagaimana model gerakan harian Matahari yang tampak.

Mari kita mengenal model gerakan harian matahari yang tampak dengan cara sederhana. Sekolah Alam kali ini akan mempraktekkan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.  

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam dengan materi Matahari terbit-matahari terbenam bertujuan untuk memodelkan gerakan harian Matahari yang tampak.

Bahan-Bahan

penanda

gunting

Papan poster berukuran 22 kali 28 inci (55 kali 70 cm)

pohon

Cara Kerja Model Gerakan Matahari

1. Gunakan spidol untuk menggambar setengah lingkaran terbesar di papan poster. Potong setengah lingkaran.

2. Labeli sisi kiri setengah lingkaran dengan “Matahari terbit” dan sisi kanan “Matahari terbenam”.

3. Pegang setengah lingkaran, berdirilah dengan punggung dekat dengan pohon.

4. Berjalanlah delapan langkah dari pohon. Kemudian berbalik dan menghadap pohon itu.

Baca Juga:   Membuat Model Posisi Venus terhadap Bumi

5. Pegang papan poster sejajar dengan tanah sehingga bagian tengah dari tepi lurus papan itu dekat tetapi tidak menyentuh mata Anda.

6. Putar agar pohon sejajar dengan sisi kiri (matahari terbit) papan poster.

7. Perlahan putar tubuh Anda berlawanan arah jarum jam hingga pohon tersebut sejajar dengan sisi kanan (matahari terbenam) papan poster. Saat Anda berbelok, perhatikan pohon sambil mengamati objek di latar belakang.

matahari terbit matahari terbenam
Gambar: Cara membuat model gerakan harian matahari.

Hasil

Pohon tampak berpindah dari satu sisi papan poster ke sisi lainnya, tetapi tidak bergerak sehubungan dengan objek di latar belakang.

Mengapa?

Arah gerakan matahari dapat dipelajari dengan mudah. Gerakan pohon yang tampak dari satu sisi kertas ke sisi lainnya disebabkan tubuh Anda berputar. Gerakan semu matahari juga, seperti pohon, karena tubuh Anda berputar. Tapi untuk gerakan Matahari, alih-alih Anda memutar tubuh Anda sendiri, Bumi yang Anda pijak, atau berputar, pada porosnya (garis imajiner melalui pusat suatu benda), membawa tubuh Anda bersamanya. Jalur harian Matahari umumnya dari timur ke barat. Matahari terbit adalah terbitnya Matahari di atas ufuk timur (garis imajiner tempat langit dan Bumi tampak bertemu). Matahari terbenam adalah terbenamnya Matahari di bawah ufuk barat.

Baca Juga:   Posisi Matahari Selama Setahun

Artikel ini juga tersajikan dalam versi Bahasa Inggris. Silahkan Buka dan Niktami. Selamat Belajar.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img