Matahari Hanyalah Gerakan Tampak

Matahari Hanyalah Gerakan Tampak Matahari dari bumi. Pohon yang tampak bergerak benar-benar mencerminkan seberapa cepat kamu mengelilinginya.

aksiografi.com – Planet-planet mengorbit pada Matahari. Ini berarti planet-planet tersebut bergerak pada jalur melengkung yang mengelilingi Matahari, tetapi dengan kecepatan yang berbeda. Karena orbit Bumi berbentuk elips, maka Bumi bergerak lebih cepat di perihelion dan lebih lambat di aphelion. Perbedaan kecepatan orbit Bumi (kecepatan sebuah objek pada suatu arah) membuat Matahari tampak bergerak dengan kecepatan dan waktu yang berbeda.

Dalam percobaan ini, kita akan membuat model perubahan velositas atau kecepatan gerakan Matahari yang tampak. Kita akan membandingkan waktu matahari sebenarnya dengan waktu standar. Kita juga akan mempelajari analemma dan penggunaannya untuk memprediksi waktu.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Astronomi kali ini bertujuan untuk mempraktekkan gerakan Matahari yang tampak ketika Bumi berada di aphelion.

Bahan-Bahan

sebuah pohon

Cara Kerja Gerakan Tampak Matahari

1. Berdirilah membelakangi sebuah pohon (lihat Gambar).

Matahari Hanyalah Gerakan Tampak

2. Melangkahlah ke depan sebanyak delapan langkah

3. Berbalik dan berjalanlah ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam mengelilingi seperempat batang pohon.

4. Ketika berjalan, lihatlah ke batang pohon dan amatilah objek-objek di belakang pohon.

Hasil

Hasil praktek pengujian apakah matahari hanyalah gerakan tampak matahari menunjukkan hasil. Pohon terlihat bergerak perlahan berlawanan arah dengan objek-objek tetap yang ada di belakangnya.

Mengapa?

Para ahli astronomi telah membuat sebuah bola khayal yang disebut bola angkasa untuk menentukan lokasi benda-benda angkasa. Bumi digambarkan terletak di bagian tengah bola berongga yang besar ini beserta benda-benda angkasa lainnya, termasuk Matahari yang berada di permukaan dalam bola ini. Dari Bumi, Matahari terlihat bergerak ke arah timur di antara bintang-bintang yang melintasi permukaan bola angkasa. Jalur tahunan Matahari melintasi bola angkasa disebut ekliptik.

Dalam percobaan ini, kamu mewakili Bumi, pohon mewakili Matahari, dan objek-objek di belakang pohon mewakili benda-benda angkasa (kebanyakan adalah bintang) mengelilingi ekiiptik. Jalan yang kamu lewati adalah orbit (jalur melengkung mengelilingi Matahari). Pergerakan ini jugalah yang menjelaskan tentang waktu adalah panjang hari dan zona waktu dalam uji coba lainnya

Pohon yang tampak bergerak benar-benar mencerminkan seberapa cepat kamu mengelilinginya. Begitulah matahari hanyalah gerakan tampak matahari yang benar-benar mencerminkan seberapa cepat Bumi mengorbit (bergerak mengelilingi) Matahari. Velositas (kecepatan sebuah objek pada suatu arah) orbit Bumi beragam tergantung pada jaraknya dari Matahari.

Pada awal bulan Juli, ketika Bumi berada di aphelion (jarak paling jauh dari Matahari), yang ditunjukkan dengan 8 langkah, akan memberikan dampak. Bumi akan bergerak paling lambat dan Matahari bergerak paling lambat terhadap bintang-bintang yang ada di belakangnya.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian bahwa matahari hanyalah gerakan tampak matahari, maka kita akan melakukan praktek dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Pada awal bulan Januari, ketika Bumi berada di perihelion (jarak terdekat dengan Matahari), Bumi akan bergerak paling cepat dan Matahari bergerak paling cepat terhadap terhadap bintang-bintang yang ada di belakangnya. Waktu matahari sebenarnya atau waktu standar merefleksikan perubahan kecepatan tampak Matahari selama setahun dan ditentukan dengan posisi tampak Matahari di angkasa.

Maka, siang hari adalah waktu matahari berada di altitude tertinggi sehingga bayangan yang dihasilkan paling pendek. Peragakan gerakan Bumi di perihelion dengan mengulang percobaan 6 langkah menjauh dari pohon dan berjalan cepat mengelilingi pohon.

Selamat Belajar!