menentukan kutub utara bumi

Menentukan kutub utara bumi dalam kaitannya dengan orbitnya. Kita dapat menggunakan metode sederhana ala Sekolah Alam.

aksiografi.com ā€“ Kutub Utara Bumi merupakan titik paling utara dari bumi sebagai satu-satunya titik yang dilalui oleh garis khayal 90 derajat Lintang Utara. Namun penjelasan ini belum cukup. Ada juga yang memberi penjelasan umum bahwa kutub utara terletak di Samudra Arktik.

Ada dua cara yang umum dalam menjelaskan kutub utara yaitu titik utara di mana poros rotasi Bumi bertemu permukaan. Penjelasan ini juga terkenal dengan istilah Utara Sejati atau Kutub Utara Geografis. Penjelasan kedua yaitu bahwa kutub utara adalah titik di mana medan geomagnetik vertikal, yaitu dip adalah 90 derajat.

Tujuan Pembelajaran

Untuk menunjukkan di mana letak Kutub Utara Bumi dalam kaitannya dengan orbitnya.

Bahan-Bahan

tanah liat pemodelan seukuran lemon

2 pensil

gunting

Papan poster 22-kali-28-inci (55-kali-70-cm)

kaleng besar (seperti kaleng kopi)

busur derajat

Cara Kerja

1. Pecahkan sepotong tanah liat seukuran buah kenari dan bentuk menjadi bola di sekeliling salah satu pensil. Pensil harus melewati bagian tengah bola. Tanah liat melambangkan Bumi.

2. Dengan pensil kedua, gambar sebuah lingkaran di sekitar bola tanah liat yang tegak lurus dengan pensil di tanah liat. Lingkaran tersebut melambangkan ekuator Bumi.

3. Potong sebesar mungkin dari papan poster. Tepi luar oval mewakili jalur orbit Bumi.

4. Angkat oval di atas permukaan meja dengan meletakkan kaleng di atas meja dan menempatkan oval di tengah di atas kaleng.

5. Bentuk sisa tanah liat menjadi setengah bola. Tempatkan potongan ini dengan sisi datar menghadap ke bawah di tengah papan poster, di atas kaleng. Gunakan pensil untuk menulis ā€œNā€ di atas tanah liat. Sepotong tanah liat ini mewakili belahan bumi utara dari Matahari.

6. Pegang ujung penghapus pensil pertama, letakkan model Bumi di dekat tetapi tidak menyentuh oval sehingga ekuator model sejajar dengan tepi oval dan pensil tegak lurus dengan oval. Miringkan ujung penghapus pensil menjauhi oval sehingga model Earth bergerak dengan jarak sekitar lebar ibu jari Anda. Perhatikan ujung pensil mana yang berada di atas oval.

Hasil

Ujung penghapus pensil tetap berada di atas oval.

Mengapa?

Dalam eksperimen ini, setengah bola tanah liat mewakili belahan bumi utara Matahari. Tepi potongan oval mewakili orbit Bumi mengelilingi Matahari. Pensil mewakili sumbu model Bumi, dengan kemiringan sekitar 23Ā° dari tegak lurus ke orbitnya.

Itu adalah keputusan dari International Astronomical Union (IAU) Committee on Nomenclature (nomenklatur merupakan penamaan dalam bidang ilmu pengetahuan) bahwa terlepas dari kemiringan sumbu planet, ujung sumbu berada di sisi yang sama dari bidang orbitnya dengan bagian utara Matahari. belahan bumi disebut kutub utara planet. Dalam eksperimen ini, ujung penghapus pensil mewakili Kutub Utara (ujung utara sumbu Bumi) dari model Bumi.

Tulisan artikel lainnya dapati dibaca di #sekolah-alam. Selamat Belajar!

Artikel ini juga tersaji dalam versi bahasa Inggris.