Minggu, Juli 25, 2021

Kalori adalah Energi Biokimia dalam Makanan

Must Read

Kalori adalah energi biokimia. Untuk mengetahui jumlah energi makanan yang dikeluarkan dalam pembakaran dibutuhkan kalorimeter sederhana.

aksiografi.com – Makanan merupakan syarat utama bagi kehidupan. Makanan adalah bahan bakar tubuh yang diperlukan untuk menghasilkan energi yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan perawatan tubuh. Dalam tubuh makhluk hidup ada reaksi biokimia sebagaimana telah ditunjukkan pada percobaan sebelumnya.

Dalam percobaan ini, kita akan menentukan jumlah energi panas yang dihasilkan oleh berbagai makanan. Kita akan menggunakan kalorimeter sederhana, yaitu suatu alat untuk mengukur energi yang dikeluarkan dalam pembakaran makanan. Untuk menentukan Kalori makanan (perhatikan huruf besar K), kita juga akan melihat perbedaan antara gram kalori dengan Kalori makanan dan membandingkan energi dari karbohidrat, lemak, dan protein.

Memulai Percobaan Kalori

Percobaan ini bertujuan untuk membuat dan menggunakan kalorimeter sederhana untuk menentukan jumlah energi makanan dalam manisan marsmallow. Baca petunjuk cara membuat marsmallow dengan bahan dan cara sederhana.

Bahan-Bahan

  • karton berukuran 10 cm x 25 cm
  • air
  • aluminium foil
  • botol berukuran 250 ml
  • karet gelang
  • termometer
  • gunting
  • korek api
  • tanah liat
  • 2 sarung tangan
  • kertas roti
  • penolong (bisa temanmu atau klip kertas orang tuamu)
  • manisan marsmallow
  • pengukur waktu
  • gelas ukur

Cara Kerja

1. Bungkus karton dengan aluminium foil.

2. Bentuklah karton yang sudah dibungkus aluminium foil itu menjadi sebuah tabung, kemudian ikatlah dengan karet gelang.

3. Buatlah 2 potongan kertas roti saling menyilang yang digunakan sebagai dasar tabung karton.

Baca Juga:   Perubahan Bentuk Molekuk Protein, Apa yang Terjadi?

4. Letakkan tanah liat seukuran buah kemiri di tengah kertas roti.

Baca Juga:   Menguji Karbon Dioksida pada Embusan Napas

5. Tutupi tanah liat itu dengan aluminium foil sebagai pelindung.

6. Luruskan salah satu ujung klip kertas sehingga salah satu ujungnya membentuk kait. Masukkan ujung yang berkait itu ke tanah beraluminium foil sehingga bagian kawat yang lurus berdiri tegak.

7. Tancapkan manisan marsmallow di ujung kawat.

8. Gunakan gelas ukur untuk memasukkan air sebanyak 50 ml ke dalam stoples.

9. Masukkan termometer dalam stoples berisi air.

10. Ukur suhu air mula-mula.

11. Sulutlah manisan marsmallow dengan api pada 2 atau 3 sisinya.

12. Dengan menggunakan sarung tangan, segera sungkupkan tabung karton berlapis aluminium foil ke manisan yang terbakar

Kalori adalah Energi Biokimia

13. Letakkan stoples berisi air di atas tabung.

14. Mintalah bantuan temanmu menghidupkan pencatat waktu.

15. Ketika manisan berhenti terbakar, mintalah ia mematikan pencatat waktunya.

16. Catat lama manisan terbakar.

17. Segera aduklah air pelan-pelan dengan termometer.

18. Baca dan catat suhu akhir air

19. Hitung perbedaan suhu dengan mengambil selisih absolut (mengurangi suhu tinggi dengan suhu rendah) antara suhu mula-mula dengan suhu terakhir. Lihat Lampiran 1 untuk contoh penghitungan.

20. Hitung perubahan suhu per unit waktu dengan membagi perubahan suhu dengan waktu pembakaran.

21. Buat tabel data seperti terlihat di bawah ini.

Kalori adalah Energi Biokimia

Hasil

Hasil ujicoba kalori adalah energi biokimia menunjukkan perubahan sebesar 16°F (10°C) dalam waktu 1,5 menit atau 10,7°F (6,7°C) per menit.

Baca Juga:   Cara Membuat Pendulum Foucault

Mengapa?

Pembakaran adalah proses penggabungan oksigen dengan suatu zat dan melepaskan energi (kemampuan untuk melakukan pekerjaan). Manisan yang terbakar menghasilkan panas (suatu bentuk energi), yang ditunjukkan dengan menghangatnya air. Hewan tergantung pada panas yang dihasilkan secara internal (dalam tubuh hewan itu sendiri), yang dihasilkan oleh suatu proses “pembakaran” yang sangat lambat yang disebut respirasi (pernafasan).

Dalam reaksi kimia ini, glukosa bergabung dengan oksigen menghasilkan energi. Semua makanan dapat menyediakan energi bagi tubuh. Kalorimeter digunakan untuk mengukur energi yang dilepaskan ketika makanan terbakar. Unit ukuran energi disebut kalori.

Satu gram kalori (ditulis dengan huruf kecil k) adalah jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu satu gram air sebesar 1°C. Satu Kalori makanan (ditulis dengan huruf besar K) adalah panas yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1.000 gram air sebesar 1 °C. Satu Kalori makanan sama dengan 1.000 gram kalori. Kalori makanan dari energi yang dilepaskan selama pemanasan manisan diserap oleh air sehingga meningkatkan suhu air. Pengujian Kalori adalah energi biokimia telah berhasil dengan cara sederhana sehinga mudah dimengerti.

Baca Juga:   Pengaruh Enzim terhadap Zat Pati

Cobalah Pendekatan Baru

Apakah semua makanan melepaskan energi dalam jumlah yang sama dalam satu menit? Ulangi percobaan dengan mengganti manisan dengan makanan lain seperti kacang, keju, dan roti. Petunjuk untuk Lomba Karya Ilmiah: Buat dan pamerkan grafik batang yang menunjukkan jumlah energi yang dilepas oleh masing-masing makanan.

Artikel ini juga tersaji dalam versi bahasa Inggris.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img