Rabu, Juni 16, 2021

Jarak Mempengaruhi Tingkat Terang Suatu Benda

Must Read

Jarak mempengaruhi tingkat terang suatu benda. Magnitude adalah ukuran terang benda angkasa yang sebenarnya. Magnitudo tampak adalah ukuran terang benda angkasa ketika dilihat dengan mata telanjang dari Bumi.

aksiografi.com – Bintang-bintang mempunyai tingkat terang yang berbeda-beda. Sebagian tampak terang, sedangkan yang lainnnya hampir tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Di sekitar tahun 150 SM, jauh sebelum teleskop ditemukan, astronomi asal Yunani, Hipparchus membuat sebuah skala untuk mengukur magnitudo tampak, yaitu ukuran terang bintang saya bisa dilihat dengana mata telanjang dari Bumi.

Ia memberi nilai 1 untuk bintang yang paling terang dan nilai 6 untuk bintang yang paling redup. Kini, kita menggunakan variasi dari skalanya untuk mengukur tingkat terang bintang. Selain mengamati dan menghitung magnitudo bintang dengan mata telanjang, kini kita menggunakan sebuah alat yang disebut fotometer, yang menghasilkan penguuran yang lebih tepat. Selain itu, skala buatan Hipparchus telah diperpanjang melewati nilai 1 sampai 6 hingga para astronomo dapat mengukur terangnya bintang dengan kisaran yang lebih luas.

Dalam percobaan ini, kita akan menunjukkan pengaruh lunomositas dan jarak terhadap magnitudo tampak sebuah bintang. Kita akan membuat sebuah alat untuk mengukur magnitudo tampak. Kita juga akan mempelajari bagaimana magnitudo tampak itu berbeda dengan luminositas hakiki (alami), yaitu banyaknya sinar yang dipancarkan oleh sebuah bintang. Kita akan menemukan perbedaan antara magnitudo tampak dan magnitudo absolut.

Baca Juga:   Membuat Model Bumi 3D

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Astronomi ini bertujuan untuk memperagakan bagaimana jarak mempengaruhi tingkat terang sebuah benda.

Baca Juga:   Membuat Model Gerakan Bintang Sirkumpolar

Bahan-Bahan

  • 3 pensil
  • Penggaris panjang
  • 2 senter yang sama dengan baterai baru

Cara Kerja

1. Di tempat terbuka, tancapkan sebuah pensil ke tanah untuk menandai titik awal. Gunakan penggaris panjang untuk mengukur dua jarak dari pensil tersebut, titik pertama berjarak 10 kaki (3 m) dan titik kedua berjarak 30 kaki (9 m). Tandai titik-titik ini dengan pensil yang ditancapkan ke tanah.

2. Di malam hari, berdirilah di samping pensil pertama.

3. Mintalah 2 orang temanmu memegang senter dan berdiri berdampingan di titik kedua, 10 kaki (3 m)jauhnya.

4. Mintalah mereka menyalakan senter dan mengarahkan sinarnya ke arahmu.

5. Lihatlah ke arah sinar cukup lama untuk membandingkan tingkat terangnya.

6. Mintalah salah satu orang berpindah ke pensil ketiga, 30 kaki (9 m) jauhnya, sambil terus menyalakan senter ke arahmu (lihat Gambar di bawah ini).

7. Bandingkan lagi tingkat terang sinarnya.

8. Mintalah temanmu satunya lagi berpindah ke pensil ketiga sambil tetap menyalakan senter ke arahmu.

9. Seperti sebelumnya, bandingkan tingkat terangnya sinar.

Baca Juga:   Suhu Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri

Hasil

Terangnya kedua sinar tampak sama pada jarak yang sama dari tempatmu berdiri. Ketika kedua sinar berada pada jarak yang berbeda, sinar yang lebih dekat tampak lebih terang.

Mengapa?

Magnitude adalah ukuran terang benda angkasa yang sebenarnya. Magnitudo tampak adalah ukuran terang benda angkasa ketika dilihat dengan mata telanjang dari Bumi. Magnitudo tampak diurutkan dalam skala magnitudo, dengan hubungan terbalik antara daya terang dan angka magnitudo, yang dinyatakan sebagai magnitudo. Misalnya, bintang dengan magnitudo 1 di Gambar 27.2 lebih terang daripada bintang dengan magnitudo 3.

Jarak Mempengaruhi Tingkat Terang

Magnitudo tampak bukanlah ukuran luminositas. Luminositas bintang adalah banyaknya energi cahaya yang dilepaskan bintang dalam sejumlah waktu tertentu. Ketika bintang mempunyai luminositas yang sama, bintang yang lebih dekat, seperti senter yang lebih dekat, tampak lebih terang.

Baca Juga:   Matahari Hanyalah Gerakan Tampak Matahari

Cobalah Pendekatan Baru

Bintang Aldebaran, di konstelasi Taurus, 50 kali lebih besar dan 100 kali lebih terang daripada Matahari. Akan tetapi, bintang tersebut tampak kurang terang karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi. Peragakan bagaimana jarak mempengaruhi magnitudo tampak bintang-bintang dengan luminositas yang tidak sama. Ulangi percobaan dengan menggunakan dua senter yang memakai tenaga baterai baru di satu senter dan baterai lama di senter lainnya.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img