Gelombang Air Terjadi karena Perpindahan Energi

Must Read

Gelombang air tidak membawa air bergerak maju. Hanya energi gelombanglah yang bergerak maju. Jadi gangguan permukaan terjadi karena adanya perpindahan energi.

aksiografi.com – Tsunami adalah gelombang air yang terjadi di lautan lepas akibat adanya perpindahan energi yang sangat besar di permukaan laut. Energi muncul akibat adanya pergeseran lempengan yang disebabkan gempa bumi bawah laut sehingga terjadi naik turun air.

Gelombang air tidak membawa air bergerak maju. Hanya energi gelombanglah yang bergerak maju. Jadi gangguan permukaan terjadi karena adanya perpindahan energi. Gelombang air, baik  di laut maupun di kolam karena adanya gangguan pada permukaan yang mengakibatkan gerakan naik turunnya air namun tidak terjadi perpindahan massa airnya. Semakin besar perpindahan energi maka semakin besar pula terjadinya gelombang air. Perpindahan air tidak jauh dari tempat asalnya.

Pergerakan gelombang air mirip dengan gelombang yang bergerak melalui tali. Saat gelombang bergerak ke depan, tali akan bergerak naik dan turun, akan tetapi talinya tidak ikut bergerak ke depan mengikuti gelombang. Sama seperti gelombang tali, gelombang air tidak membawa air bergerak maju. Hanya energi gelombanglah yang bergerak maju.

Munculnya gelombang merupakan konfirmasi telah terjadinya bentuk gangguan pada material, seperti permukaan air, yang terjadi berulang-ulang yang pemicunya seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan lain-lain. Namun sebagian besar itu terjadi karena adanya tiupan angin di permukaan air.

Ketika tiupan angin kencang melintasi permukaan air, gelombang terjadi namun airnya tidak ikut berpindah-pindah; melainkan hanya bergerak naik-turun. Bagian gelombang yang paling tinggi adalah puncak gelombang dan bagian paling rendah yaitu lembah gelombang. Sedangkan panjang gelombang adalah jarak horizontal antara titik-titik yang serupa dari dua gelombang yang berurutan. Tinggi gelombang adalah jarak vertikal antara puncak dan lembah gelombang.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img