cara mudah menentukan azimut 0°

Cara mudah menentukan azimut 0° (nol derajat) sebagai koordinat horizontal dengan menggunakan kompas mawar yang terbuat dari tanah liat, busur derajat, dan tongkat kayu.

aksiografi.com – Sumbu adalah sebuah garis khayal yang melalui sebuah benda, atau garis utara selatan yang menembus bagian tengah sebuah benda angkasa dari kutub ke kutub. Benda tersebut berotasi pada sumbunya.

Satu faktor yang menentukan posisi benda-benda luar angkasa di langit seperti yang terlihat dari Bumi adalah rotasi Bumi setiap harinya (perputaran Bumi pada sumbunya). Gerakan Bumi dari barat ke timur menyebabkan benda-benda angkasa seperti Matahari, Bulan, bintang, dan planet juga terlihat bergerak dari timur ke barat. Jarak sudut yang mengukur sepanjang bagian timur horizon dari titik utara ke sebuah benda angkasa disebut azimut.

Percobaan sebelumnya sudah membahas cara mengukur altitude bintang dengan menggunakan jari tangan. Dalam percobaan ini, kamu akan membuat alat ukur astronomi sederhana yang digunakan untuk menentukan azimut. Kamu akan mengukur pembahan azimut Matahari dalam satu hari dan dari hari ke hari. Kamu juga akan mengukur pembahan azimut benda angkasa yang lain.

Memulai Percobaan

Praktek Sekolah Alam Astronomi kali ini bertujuan untuk menentukan sebuah azimut 0° (nol derajat).

Bahan-Bahan

  • Piring
  • kertas aluminium
  • tanah liat seukuran buah anggur
  • busur derajat
  • tongkat berdiameter 0,47 cm sepanjang 30 cm
  • spidol
  • jam

Cara Kerja Menentukan Azimut 0°

1. Buatlah sebuah kompas mawar (sebuah lingkaran dengan tanda derajat yang digunakan untuk menunjukkan azimut) pada punggung piring kertas. Kemudian gunakan busur derajat dan spidol untuk memberi tanda setiap 10° mengelilingi piring kertas seperti pada Gambar di bawah ini, dimulai dari 0°. Berilah tanda 0° U, 90° T, 180° S, dan 270° B.

Cara Mudah Menentukan Azimut 0°

2. Gunakanlah tanah liat – KOMPAS MAWAR untuk menegakkan tongkat di bagian tengah piring kertas seperti pada Gambar berikut.

3. Pada pukul 11.30 atau sebelum jam 12 siang, letakkanlah piring tersebut di permukaan datar yang terkena sinar Matahari.

4. Lihatlah bayangan tongkat dan tentukan kapan bayangan tongkat terlihat paling pendek. Pada waktu yang sama hari berikutnya, letakkan piring kertas pada posisi bayangan tongkat mengenai tanda 0°.

5. Berdirilah sehingga kamu menghadap ke arah bayangan. Kamu menghadap ke azimut 0°.

6. Bayangkan bayangan tongkat tersebut menyentuh horizon. Catatlah bentuk-bentuk fisik yang terlihat di horizon pada saat ini.

Cara Mudah Menentukan Azimut 0°

Hasil

Hasil praktek cara mudah menentukan azimut 0° telah berhasil. Kita telah menentukan arah azimut 0° dan mengidentifikasi bentuk-bentuk fisik pada horizon untuk menandai arah ini.

Mengapa?

Ketika Matahari berada pada altitude tertinggi, bayangan-bayangan yang dihasilkannya adalah yang terpendek. Waktu ini disebut tengah hari. Pada tengah hari, di Belahan Bumi Utara, Matahari berada di titik tertinggi di atas horizon. Jadi, bayangan tongkat yang dihasilkannya menghadap ke arah azimut 0°, yaitu arah utara (arah Kutub Utara Bumi, yaitu di ujung utara sumbu Bumi).

Horizon membentuk lingkaran 360°. Setiap arah kompas adalah 90° mengelilingi lingkaran, mulai dengan 0° untuk arah utara, 90° untuk arah timur, 180° untuk arah selatan dan 270° untuk arah barat. Jarak sudut yang diukur searah jarum jam di sepanjang horizon dari utara disebut azimut.

Dalam percobaan ini, bayangan tongkat berada pada titik tengah hari menunjuk ke arah utara dan menunjuk ke sebuah titik pada horizon dengan azimut 0°. Semua benda angkasa yang sejajar dari zenit ke titik ini di horizon mempunyai azimut 0°.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah kita melakukan uji coba cara mudah menentukan azimut 0°, maka kita akan melakukan pendekatan baru, sebagai berikut:

1. Ketika azimut 0° telah diketahui, maka kita bisa menentukan azimut-azimut yang lain. Dengan tanda 0° pada piring kertas yang menunjuk azimut 0° (utara), catatlah struktur-struktur di sepanjang horizon pada azimut 90° (timur), 180° (selatan), dan 270° (barat).

2. Garis khayal azimut yang merentang dari titik-titik pada horizon ke zenit bisa digunakan untuk mengukur azimut benda-benda angkasa pada altitude yang berbeda. Gunakan struktur-struktur yang tercatat pada percobaan sebelumnya sebagai penanda untuk menentukan apakah azimut bintang sepanjang malam tersebut berubah.

Pilihlah 4 bintang terang untuk setiap arahnya: utara, timur, selatan, dan barat. Sementara berdiri di posisi yang sama, ukurlah azimut keempat bintang tersebut setiap 30 menit selama 2 jam atau lebih. Kamu bisa menulis a + untuk peningkatan, a – untuk pengurangan, dan 0 jika tidak ada perubahan. Dari hasil yang didapatkan, tentukan apabila terdapat perubahan pada azimut bintang. Jika memang terjadi perubahan, maka perubahannya akan bervariasi tergantung posisi bintang di langit.