cara meningkatkan efektivitas turbin

Cara meningkatkan efektivitas turbin agar pekerjaan semakin mudah. Itulah tujuan terbentuknya revolusi industri.

aksiografi.com – Era Industri adalah masa perkembangan teknologi yang luar biasa, masa di mana penggunaan pengetahuan ilmiah untuk membuat barang-barang berguna. Periode ini dimulai pada akhir 1700-an di Inggris Raya, dan pada pertengahan 1800-an itu meluas di Eropa dan Amerika Serikat bagian timur laut. Era itu itu disebut era industri karena berkaitan dengan manufaktur, yang berarti pembuatan setiap jenis bahan yang berguna, dari benang hingga mesin-mesin hebat. Kali ini sering disebut Revolusi Industri karena perubahan pada setiap aspek kehidupan masyarakat begitu besar.

Perubahan mendadak utama yang dibuat selama zaman ini adalah pengenalan mesin yang lebih bertenaga. Sebelumnya, pembuatan dilakukan dengan tangan atau mesin sederhana yang didukung oleh sumber-sumber seperti kincir angin atau kincir air. Sumber daya ini tidak menciptakan tenaga; melainkan turbin, atau roda yang mengubah gaya fluida yang bergerak (gas dan cairan), seperti angin dan air, menjadi energi mekanik (energi gerak). Pada dasarnya air atau angin yang bergerak mengenai sudu-sudu pada turbin, menyebabkan sudu-sudu dan poros tempat mereka dipasang berputar (berputar di sekitar titik tengah).

Gerakan atau energi mekanik ini digunakan untuk memutar bagian lain dari sebuah mesin. Mesin-mesin yang ditemukan selama Revolusi Industri membutuhkan lebih banyak tenaga daripada yang dapat disediakan oleh kincir air atau kincir angin sederhana pada masa itu. Salah satu sumber tenaga pertama adalah uap. Kemudian energi kimia, seperti minyak, bensin, dan energi listrik, digunakan sebagai tenaga. Saat ini, turbin air yang lebih baik digunakan untuk menghasilkan listrik, dan turbin uap adalah salah satu mesin paling kuat di dunia.

Tujuan Pembelajaran

Praktik Sekolah Alam ini bertujuan untuk mendemonstrasikan bagaimana meningkatkan efektivitas turbin.

Bahan-Bahan

gunting

penggaris

selembar kertas

pensil

koin besar (seperempat)

pelubang kertas satu lubang

tanah liat pemodelan

sedotan

Prosedur

1. Potong persegi 6-kali-6-inci (15-kali-15-cm) dari selembar kertas.

2. Gambarkan dua garis diagonal melintasi persegi kertas sehingga Anda memiliki X.

3. Gunakan koin untuk menggambar lingkaran di tengah alun-alun.

4. Buat satu lubang di setiap sudut persegi seperti yang ditunjukkan.

5. Buat lubang melalui bagian tengah lingkaran dengan ujung pensil.

6. Gunakan gunting untuk memotong sepanjang empat garis diagonal, dari sudut ke tepi lingkaran tengah. Bagian ini akan menjadi bilah kincir Anda.

gambar cara membuat kincir kertas
Gambar: Cara membuat kincir dari bahan kertas. Lipat, lalu gunting, dan rekatkan menggunakan tanah liat atau lem

7. Buat roda kertas. Untuk melakukan ini, lipat bilah ke arah tengah, satu per satu searah jarum jam, sejajarkan semua lubang sudut dengan lubang di tengah kertas.

8. Dorong pensil melewati lubang, dan posisikan roda kertas di tengah pensil. Tambahkan potongan tanah liat pemodelan ke kedua sisi kertas untuk menahan roda di tempatnya. Anda telah membuat kincir.

9. Letakkan ujung pensil di lubang antara jari telunjuk dan ibu jari masing-masing tangan, dengan telapak tangan menghadap, seperti yang ditunjukkan. Jangan memegang pensil.

10. Minta penolong Anda untuk berdiri sekitar 12 inci (30 cm) dari kincir dan meniup sekeras mungkin ke arah bilahnya. Amati kecepatan putaran kincir. Ulangi pada sekitar 6 inci (15 cm).

11. Ulangi langkah 10 dengan helper Anda meniupkan sedotan ke arah pisau.

Hasil

Roda dan pensil berputar bersamaan saat udara dihembuskan ke bilahnya. Kincir berputar lebih cepat saat udara dihembuskan melalui sedotan.

Mengapa?

Kekuatan udara yang menghantam bilah kertas membuat roda berputar. Karena roda terpasang erat pada pensil, pensil berputar saat roda berputar. Turbin yang digunakan untuk menyediakan tenaga terdiri dari serangkaian bilah pada poros. Seperti halnya pensil berputar, poros turbin berputar saat roda berputar. Poros putar ini digunakan untuk memutar bagian lain dari mesin. Hanya sebagian udara yang tertiup ke arah kincir Anda yang benar-benar mengenai bilah kertas. Penggunaan jerami mengarahkan lebih banyak udara ke arah bilah dan dengan demikian menyebabkan bilah berputar lebih cepat. Turbin modern berada dalam wadah tertutup sehingga fluida yang masuk harus mengenai sudu-sudu turbin. Desain ini meningkatkan jumlah energi yang tersedia untuk memutar bilah, sehingga meningkatkan efektivitas turbin.
gambar memutar kincir kertas dengan angin
Gambar: Cara memeragakan memutar kincir keras dengan cara meniupnya

Cobalah Pendekatan Baru

Kincir Anda dapat digunakan untuk mengangkat suatu benda. Pasang salah satu ujung benang jahit sepanjang 2 kaki (60 cm) sekitar 2 inci (5 cm) dari salah satu ujung pensil. Ikat ujung benang yang bebas ke penjepit kertas. Pegang kincir seperti sebelumnya dan tiup ke arah bilahnya. Amati pergerakan penjepit kertas.

Referensi

Kelly, John. Everyday Machines. Atlanta: Turner Publishing, 1995. The ins and outs of common machines.

Parker, Steve. How Things Work. New York: Random House, 1991. Explains of many power-driven machines, as well as the fundamentals of turbine power.

VanCleave, Janice. Janice VanCleave’s Machines. New York: Wiley, 1993. Experiments about machines, including turbines. Each chapter contains ideas that can be turned into award-winning science fair projects.