Rabu, Juni 16, 2021

Cara Mengukur Usaha dengan Pendekatan Fisika

Must Read

Cara mengukur usaha dengan pendekatan ilmiah dengan cara sederhana. Banyak orang hanya bekerja, bekerja, dan bekerja tapi tidak mengukur hasilnya.

aksiografi.com – Mengukur usaha dengan pendekatan ilmiah dengan cara sederhana. Banyak orang hanya bekerja, bekerja, dan bekerja tapi tidak mampu mengukur hasil kerjanya. Ketika ditanya bagaimana hasilnya, mereka cuma katakan “yang penting kami sudah bekerja”.

Bekerja atau istilah dalam fisika disebut dengan usaha. Usaha untuk menyatakan bahwa gaya telah menyebabkan sebuah benda bergerak.

Misal, pemain sepakbola menendang bola dengan kakinya sehingga bola itu bergerak. Itu contoh usaha pemain sepakbola. Bola yang bergerak akibat ditendang adalah gaya. Sedangan jarak adalah pengukuran dari titik diam bola hingga titik akhir gerak bola.

Semakin besar usaha pemain sepakbola menendang maka semakin besar gaya yang dihasilkan bola dan juga ikut menentukan jaraknya atau capaiannya. Nah, untuk mengetahui berapa besar usahanya, cukup dengan mengalikan gaya yang bekerja pada bola dengan jarak yang ditempuh bola sesuai arah gayanya.

Apakah contoh kerja lain misalnya bidang ekonomi seperti usaha jual-jualan bisa dianalisa dengan menggunakan pendekantan rumus fisika? Jawabannya tentu bisa dengan memasukkan seluruh modal usaha sebagai dasar penilaian. Barang-barang jualan dijadikan sebagai benda yang menghasilkan gaya (laku) sedangkan jarak itu bisa dikaitkan dengan seberapa besar konsumennya.

Bahkan kerja, kerja, dan kerja seorang presiden pun dapat dianalisa dengan pendekatan ini. Tapi tulisan ini diperuntukkan cara mengukur usaha yang bekerja pada sebuah benda. Di lain kesempatan aksiografi.com akan mengupas tuntas hasil kerja seorang presiden.

Satuan Usaha dalam Standar Internasional (SI) adalah joule, sedangkan satuan untuk gaya dan jarak adalah newton dan meter. Dalam percobaan ini, kamu akan mempelajari cara mengukur usaha yang bekerja pada suatu benda. Kamu akan menentukan pengaruh yang dimiliki sebuah mesin sederhana terhadap usaha.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan percobaan ini untuk mengukur usaha yang bekerja pada sebuah benda.

Baca Juga:   Cara Mempolarisasikan Cahaya dalam Satu Arah

Bahan-Bahan

  • Siapkan bahan-bahannya dari sekitar Anda yang mudah diperoleh.
  • batu bata (atau benda lain dengan berat yang hampir sama)
  • kotak sepatu yang cukup besar untuk menahan batu bata
  • pelubang kertas
  • alat pengukur
  • gaya pegas yang memiliki kait dengan ukuran maksimum 2200 gram
  • meteran kayu
  • isolasi.
Baca Juga:   Apakah Gravitasi Mempengaruhi Tanaman?

Cara Kerja

1. Letakkan batu bata dalam kotak.

2. Buatlah lubang di ujung kota dengan menggunakan pelubang kertas. Pasanglah kait yang terdapat pada alat ukur gaya pegas melalui lubang tersebut (lihat Gambar berikut).

Cara Mengukur Usaha

3. Letakkan kotak pada salah satu ujung meja. Isolasi sepanjang 15 cm secara melintang, di depan kotak. Isolasi ini sebagai garis start (mulai).

4. Ukurlah jarak dari garis mulai hingga tepi meja dalam satuan meter (m)-satuan SI untuk jarak. Catatlah sebagai jarak tempuh (d) dalam Tabel Data Usaha, seperti terlihat pada Tabel 1.

5. Tariklah alat ukur, sehingga alat ukur dan kotak bergerak secara horizontal melintasi meja dengan kecepatan tetap. Bacalah skala pada alat ukur ketika kotak melintas garis mulai. Gaya ini harus diukur dalam satuan newton (N)-satuan SI untuk gaya.

6. Catat gaya newton dalam Tabel Data Usaha. Jika kamu menggunakan satuan pon, ubahlah pon ke newton dengan konversi: 1 pon = 4,45 N. Sebagai contoh, jika hasil pengukuran sebesar 2 pon, maka gaya newtonnya sebesar 2 pon x 4,45 N/1 pon = 8,9 N. Jika satuannya dalam gram, ubah gram ke newton dengan menggunakan konversi: 1 g = 0,0098 N. Sebagai contoh, jika hasil pengukurannya sebesar 908 g, gaya newtonnya sebesar 908 g x 0,0098 N/i g = 8,9 N.

7. Ulangi Langkah 5 sebanyak empat kali dan hitunglah rata-rata dari hasil pengukurannya.

8. Hitunglah usaha yang bekerja pada kotak dengan menggunakan persamaan: w =/x d. Dalam persamaan ini, w sama dengan usaha,/ adalah gaya yang bekerja pada kotak dalam newton, dan d adalah jarak (dalam meter) yang ditempuh kotak selama waktu tertentu saat gaya diukur. Sebagai contoh, jika /= 8,9 N dan d= 0,5 m, maka turunkan sekaian w = 8,9 N x 0,5 m = 4,45 Nm.

Baca Juga:   Gesekan adalah Gaya yang Menahan Gerakan

Catatan: 1 Nm = 1 joule (J). Joule (J) adalah satuan SI untuk usaha. Jadi pada contoh ini usaha yang dilakukan adalah sebesar 4,45 J.

Cara Mengukur Usaha

Hasil

Usaha yang bekerja tergantung pada gaya yang dibutuhkan untuk menarik kotak dan jarak yang ditempuhnya selama bergerak. Dalam contoh ini, usaha yang bekerja sebesar 4,45 J.

Mengapa?

Usaha akan tercapai ketika sebuah gaya menyebabkan benda bergerak. Jika benda tidak bergerak maka usaha tidak dapat terjadi, atau sia-sia. Besarnya usaha yang terjadi sama dengan hasil kali antara gaya yang bekerja pada suatu benda dengan jarak yang ditempuh benda sesuai arah gayanya.

Baca Juga:   Manfaat Karbon Dioksida dalam Kehidupan

Hal lain yang perlu dipenuhi supaya usaha dapat terjadi adalah bahwa jarak yang ditempuh benda harus memiliki arah yang sama dengan arah gaya yang bekerja. Dalam percobaan ini, gaya horizontal menggerakkan kotak pada arah horizontal pula, sehingga terjadilah usaha.

Jadi, tidak heran jika banyak orang berusaha tapi belum sukses. Hanya dengan slogan kerja, kerja, dan kerja, tapi hasilnya minim bisa jadi karena arah tidak sama dengan arah gaya yang bekerja.

Cobalah Pondekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara mengukur usaha dengan pendekatan ilmiah, maka kita lakukan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

a. Apakah kecepatan gerak benda mempengaruhi usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkannya? Ulangi percobaan sebanyak dua kali, pertama dengan kecepatan yang lebih tinggi tetapi tetap, kemudian dengan kecepatan yang lebih rendah tapi tetap.

b. Bagaimana berat benda yang digerakkan mempengaruhi usaha yang dilakukan untuk menggerakkannya? Ulangi percobaan awal tadi sebanyak dua kali, pertama dengan menaruh beban yang lebih ringan di dalam kotak dan kedua dengan menggunakan beban yang lebih berat. Catatan: Cobalah untuk menarik kotak dengan kecepatan yang sama untuk setiap percobaan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img