cara mengukur gaya putar

Cara mengukur gaya putar untuk melawan kelembaman rotasi sebuah benda sangat mudah. Ikuti petunjuk Uji Coba Sekolah Alam berikut ini.

aksiografi.com – Kecenderungan sebuah benda untuk terus bergerak kecuali jika dikenai suatu gaya dinamakan kelembaman. Kelembaman diartikan pula sebagai kecenderungan benda untuk tetap diam kecuali jika dikenai suatu gaya.

Kelembaman mengacu pada kecenderungan benda untuk tetap diam atau menolak perubahan-perubahan apapun saat dalam keadaan bergerak, kecuali jika dikenai gaya dari luar. Semua benda, baik dalam keadaan bergerak, memiliki kelembaman.

Benda yang berotasi memiliki sumbu atau poros ban pada kendaraan, atau seperti sumbu pada bola yang sedang menggelinding atau pada simpai. Benda yang berotasi memiliki energi mekanis atau memiliki kemampuan bergerak. Untuk benda yang sedang berotasi, sebagian energi mekanis disebabkan oleh energi rotasi. Kelembaman rotasi merupakan sifat suatu benda untuk menolak apapun dalam gerak rotasi, yaitu gerak benda pada sumbunya.

Dalam percobaan ini, kamu akan mencari besarnya momen kelembaman (efek dari gerak berputar) yang dibutuhkan untuk melawan kelembaman rotasi benda. Kamu akan mengetahui pengaruh jari-jari benda terhadap kelembaman rotasinya. Kamu juga akan menentukan pengaruh letak pusat massa terhadap kelembaman rotasinya.

Tujuan Pembelajaran

Pengujian ini bertujuan untuk mengukur gaya putar yang dibutuhkan untuk melawan kelembaman rotasi benda

Bahan-Baban

  • 1 gulung kertas mesin hitung
  • tongkat kayu 0,94 cm x 90 cm
  • tanah liat sebesar bola golf
  • klip kertas sebanyak 20-25 buah

Cara Karja Mengukur Gaya Putar

1. Letakkan gulungan kertas mesin hitung pada tongkat. Ini disebut gulungan A.

2. Bagi model tanah liat menjadi 2, gunakan keduanya untuk menopang tongkat pada sandaran 2 buah kursi.

3. Pasang 1 klip kertas pada ujung kertas mesin hitung. Luruskan klip kertas kedua sehingga membentuk kait, lalu kaitkan pada klip kertas pertama yang terdapat di ujung kertas, seperti pada Gambar di bawah.

4. Tambahkan terus klip kertas satu demi satu pada kait hingga kertas mulai turun. Catatlah jumlah klip kertas yang dibutuhkan untuk membuat gulungan kertas mulai berputar sebagai momen kelembaman dalam tabel Data Kelembaman Rotasi seperti pada Tabel berikut.

Hasil Cara Mengukur Gaya Putar

Jumlah klip kertas akan bervariasi tergantung pada berbagai macam faktor, f termasuk ukuran dan berat gulungan kertas. Penulis membutuhkan 18 klip kertas pada percobaan ini.

Mangapa?

Kelembaman rotasi merupakan sifat suatu benda untuk menolak suatu perubahan dalam gerak rotasi (perputaran pada sumbunya). Jika kelembaman rotasi benda yang berada dalam keadaan diam sangat besar, maka dibutuhkan momen kelembaman yang lebih besar untuk memutar benda tersebut.

Momen kelembaman adalah usaha memutar sesuatu benda yang cenderung membuat benda berputar. Gaya putar adalah hasil perkalian suatu gaya dengan jarak tegak lurus antara suatu titik yang menyebabkan berputar dengan sumbu rotasi.

Sama seperti suatu gaya yang dikenakan pada sebuah benda cenderung mengubah gerak translasinya, maka momen kelembaman yang dikenakan pada sebuah sebuah benda cenderung merubah gerak rotasinya. Karena setiap klip kertas yang memberikan gaya pada gulungan kertas padajarak tegak lurus yang sama dengan jari-jari gulungannya, setiap klip kertas yang ditambahkan meningkatkan momen kelembaman pada gulungannya.

Besarnya momen kelembaman yang dibutuhkan untuk memutar gulungan kertas menunjukkan besarnya kelembaman rotasi dari gulungan kertas. Semakin besar momen kelembaman yang ditunjukkan dengan jumlah penjepit kertas yang dibutuhkan untuk memutar gulungannya, maka semakin besar pula kelembaman rotasi gulungannya.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara mengukur gaya putar untuk melawan kelembaman sebuah benda, maka kita akan melakukan pendekatan baru, sebagai berikut:

Bagaimana pengaruh jari-jari benda terhadap kelembaman rotasi? Ulangi percobaan dengan menggunakan gulungan kertas lain, yang jari-jarinya setengah dari gulungan kertas sebelumnya. Catat hasilnya pada tabel Data Kelembaman Rotasi untuk gulungan tersebut yang disebut gulungan B. Catat jari-jari kedua gulungan.

Selamat Belajar!