Rabu, Juni 16, 2021

Cara Menghitung Waktu Reaksimu atas Rangsangan

Must Read

Cara menghitung waktu reaksimu terhadap rangsangan gambar sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Waktu reaksi melibatkan sel-sel saraf sensor dan sel-sel penggerak yang mengirimkan dan menerima pesan dari otak.

aksiografi.com – Manusia dengan sistem saraf simetris secara bilateral dapat belajar untuk membuat pilihan tetap. Belajar adalah suatu respon atas rangsangan tertentu. Belajar muncul melalui dorongan pembiasaan, coba-coba, atau wawasan. Ada dua kemampuan manusia secara umum, yaitu pengetahuan dan keterampilan.

Kemampuan manusia untuk belajar melalui pembiasaan dan coba-coba dan juga melalui wawasan. Kemampuan tikus dan serangga untuk belajar adalah sebagai hasil dari pelaziman operan.

Sebuah bola basket menggelinding di jalan di depan sebuah mobil yang berjalan. Pengemudi mobil harus membuat keputusan yang cepat tentang apa yang harus dilakukannya. Waktu reaksi pengemudi mobil (waktu yang diperlukan orang tersebut untuk bereaksi), melibatkan sel-sel saraf sensor dan sel-sel penggerak yang mengirimkan dan menerima pesan dari otak.

Dalam percobaan ini, kita akan membandingkan waktu reaksi pada rangsangan visual (rangsangan gambar) dan rangsangan suara. Kamu juga akan mempelajari apakah faktor-faktor lain seperti gangguan, jenis kelamin, dan usia akan mempengaruhi waktu reaksi.

Tujuan Pembelajaran

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan waktu reaksimu terhadap rangsangan gambar.

Bahan-Bahan

  • meja dan kursi
  • penggaris panjang
  • seseorang untuk membantu

Cara Kerja

1. Duduklah dengan tangan kanan berada di atas lengan kursi. Letakkanlah lengan bawahmu di permukaan lengan kursi dengan tangan yang menggantung di sisi lengan kursi.

2. Mintalah temanmu untuk meletakkan penggaris panjang dengan ujung 0 di antara ibu jari dan jari-jarimu, tetapi tidak menyentuhnya (lihat Gambar berikut).

Cara Menghitung Waktu Reaksimu

3. Mintalah temanmu untuk melepaskan penggaris tanpa memberi tahu.

Baca Juga:   Bagaimana Suhu Air Mempengaruhi Perpindahan Kalori
Baca Juga:   Cara Mengawetkan Tumbuhan dengan Baik

4. Segera sesudah penggaris dilepaskan, cobalah untuk menangkapnya secepat mungkin dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

5. Catatlah jarak jatuh penggaris dan gunakanlah persamaan berikut ini untuk menentukan waktu reaksimu. Lihat Lampiran 5 untuk contoh penghitungan.

6. Catatlah jarak dan waktu yang dihitung untuk satu kali percobaan.

Hasil

Hasil percobaan cara menghitung waktu reaksimu terhadap rangsangan gambar menunjukkan waktu reaksi untuk setiap individu berbeda-beda.

Mengapa?

Mata kita adalah penerima rangsangan yang melihat penggaris mulai jatuh. Mata mendeteksi gerakan penggaris dan memberikan sebuah sinyal yang berupa impuls saraf di dalam sel-sel saraf Pesan ini kemudian dikirimkan melalui saraf sensor (saraf khusus yang mengangkut impuls dari penerima rangsangan) ke saraf tulang belakang.

Saraf tulang belakang kemudian akan mengirim pesan ke otak untuk diproses. Dari otak, pesan ini akan dikirimkan kembali melalui saraf tulang belakang ke saraf penggerak. Saraf penggerak akan menggerakkan otot-otot pada tanganmu untuk berkontraksi sehingga jari-jarimu bisa menangkap penggaris yang jatuh. Waktu yang diperlukan impuls ini untuk menyelesaikan perjalanannya dari penerima rangsang ke saraf penggerak disebut waktu reaksi.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara menghitung waktu reaksimu terhadap rangsangan gambar maka kita akan melakukan pendekatan baru sebagai berikut:

1. Apakah latihan mempengaruhi waktu reaksi? Ulangilah percobaan sebanyak 10 kali. Hitunglah setiap waktu reaksimu dan buatlah grafik datanya. Pelajarilah grafik ini untuk menentukan apakah pengulangan percobaan ini akan mempercepat atau memperlambat waktu reaksi. Jelaskanlah laporan hasilnya.

Baca Juga:   Air Mengalir pada Kemiringan, Koq Bisa?

2. Apakah tangan kananmu mempengaruhi waktu reaksi? Ulangilah percobaan sebanyak 10 kali dengan menggunakan tangan kiri. Buatlah grafik datanya dan bandingkanlah hasil dari kedua tanganmu.

3. Apakah waktu reaksi akan terpengaruh jika kamu diganggu? Mintalah temanmu yang lain untuk memberimu soal matematika yang sederhana ketika kamu mengulang percobaan sebanyak 10 kali.

4. Apakah menggunakan penerima rangsangan suara akan berpengaruh terhadap waktu reaksi? Ulangilah percobaan dengan menutup mata. Mintalah temanmu untuk berkata “Mulai” ketika melepaskan penggarisnya. Cobalah untuk bereaksi terhadap rangsangan suara secepat mungkin dengan menangkap penggaris. Hitunglah waktu reaksimu untuk 10 kali percobaan dan buatlah grafiknya (lihat Gambar berikut).

Cara Menghitung Waktu Reaksimu

Selang waktu antara waktu melepaskan dan waktu mengatakan “Mulai” sangat sedikit, tetapi kamu mungkin ingin mengatur percobaan dengan menghilangkan selang waktu yang terjadi. Salah satu cara yang bisa digunakan menghubungkan penggaris dengan pengungkit yang dilekatkan dengan bel. Ketika penggaris dilepaskan, bel akan berbunyi sehingga kamu bisa mengetahui bahwa penggaris sedang dijatuhkan.

Baca Juga:   Cara Membuat Model Front Hangat

5. Apakah usia mempengaruhi reaksi waktu? Ulangilah percobaan pada sekelompok orang dengan jenis kelamin dan kesehatan yang sama, tetapi usia yang berbeda. Ujilah setiap orang dengan 10 kali percobaan dan hitunglah rata-ratanya. Buatlah grafik untuk menunjukkan hasilnya.

6. Apakah jenis kelamin mempengaruhi waktu reaksi? Ulangilah percobaan pada sekelompok pria dan wanita dengan jumiah yang sama, yang mempunyai kesehatan dan umur yang sama. Ujilah setiap orang dengan 10 kali percobaan dan hitunglah rata-ratanya. Buatlah grafik untuk menunjukkan hasilnya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img