Home Sekolah Alam Cara Menghemat Waktu di Siang Hari

Cara Menghemat Waktu di Siang Hari

0

Panjang siang dan malam tidak sama di semua belahan dunia. Ada siang yang lama dan ada juga malam yang lebih lama. Mungkin perbedaan ini bisa dijadikan cara menghemat waktu pada siang hari atau malam hari.

aksiografi.com – Pergantian siang dan malam karena rotasi bumi mengitari matahari sehingga matahari tampak bergerak melintasi langit dimana matahari terbit dari arah Timur terbenam menuju arah Barat. Tidak semua negara memiliki waktu siang dan malam yang sama. Ada negara yang siang dan malamnya seimbang ada negara memiliki waktu siang yang lebih lama atau sebaliknya.

Perbedaan siang dan malam mungkin bisa dijadikan cara menghemat waktu. Lantas bagaimana cara orang-orang yang tinggal berdekatan dengan kutub dalam menghemat waktunya pada siang hari atau menggunakan waktu kerjanya di malam hari yang lebih lama?

Dalam uji coba ini kita akan mempelajari apakah siang hari yang lebih lama memiliki sinar matahari ekstra karena waktu musim panas?  

Tujuan Pembelajaran

Untuk menentukan apakah ada sinar matahari ekstra karena waktu musim panas sehingga dapat menghemat waktu.

Bahan-Bahan

arloji atau jam

kaleng sup kosong (atau kaleng dengan ukuran yang sebanding) tiang tipis, seperti tiang bendera (pohon tipis bisa digunakan)

Prosedur

1. Setel jam tangan untuk mengoreksi waktu standar, yaitu 1 jam lebih awal dari waktu musim panas. (Jika Anda menjalankan percobaan ini selama waktu musim panas, setel jam mundur 1 jam.)

2. Pada hari yang cerah, bawa kaleng di luar ruangan sekitar 5 menit sebelum 10:00 A.M. (atau jam nyaman lainnya).

3. Temukan bayangan tiang.

4. Pada pukul 10.00, dorong kaleng ke tanah di tengah bayangan tiang.

5. Sebelum hari berikutnya, setel jam tangan ke waktu musim panas (atur jam tangan ke depan 1 jam).

6. Keesokan harinya, pukul 10.00 A.M. waktu musim panas, amati bayangan tiang. Bandingkan lokasi bayangan dengan lokasi kaleng. Terus amati bayangan secara berkala dan catat waktu kaleng berada di tengah bayangan seperti pada hari sebelumnya.

Hasil

Kaleng tersebut berada dalam bayangan tiang 1 jam kemudian saat jam tangan disetel ke waktu musim panas.

Mengapa?

Waktu musim panas (Daylight Saving Time / DST) adalah waktu dari akhir musim semi hingga awal musim gugur ketika jam disetel maju 1 jam sehingga ada jam siang hari yang lebih bisa digunakan di malam hari. Waktu standar (ST) adalah waktu selama sisa tahun. Selama waktu musim panas, tidak ada yang berubah kecuali posisi jarum penunjuk jam pada jam tangan.

Bayangan di kaleng akan menunjukkan waktu standar yang sama yaitu pukul 10:00 A.M. setiap hari. Jam tangan Anda menunjukkan bayangan berada di kaleng pada pukul 11:00 A.M. bukannya 10:00 A.M. karena Anda menyetel arloji Anda lebih dulu 1 jam. Fajar dan matahari terbenam keduanya terjadi 1 jam kemudian selama waktu musim panas, jadi tidak ada jam tambahan siang hari yang benar-benar tersedia dari perubahan waktu.

Artikel ini juga tersaji dalam versi bahasa Inggris.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version