cara mengetahui panas radiasi

Cara mengetahui panas radiasi secara aman? Ikuti petunjuk Sekolah Alam ini dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan aman.

aksiografi.com – Radiasi, dalam Fisika, merupakan proses di mana energi bergerak melalui media atau ruang lalu terserap benda lain. Radiasi terjadi karena ada energi yang memancarkan bergerak keluar dalam garis lurus ke segala arah.

Daftar Isi

Tujuan Pembelajaran

Kita akan mempelajari cara mendemonstrasikan cara mengetahui panas radiasi.

Bahan-Bahan

penggaris

lampu meja

Cara Kerja

1. Posisikan satu tangan sekitar 5 cm di bawah tangan lainnya.

2. Gerakkan tangan Anda sehingga ujung atas berada 6 inci (15 cm) di bawah bohlam lampu meja.

3. Tahan tangan Anda dalam posisi ini selama sekitar 5 detik. Catat seberapa hangat atau sejuknya setiap tangan.

Hasil

Tangan atas, yang lebih dekat ke cahaya, terasa jauh lebih hangat daripada tangan bawah.

Mengapa?

Alam semesta terbuat dari semua materi dan energi di ruang angkasa sekarang dan di masa lalu. Energi adalah kemampuan untuk menyebabkan materi bergerak. Energi radiasi adalah energi yang dapat bergerak melalui ruang angkasa. Energi radiasi serta transmisinya (bagaimana ia dikirim dari satu tempat ke tempat lain) disebut radiasi. Panas (energi yang ditransfer dari benda hangat ke benda yang lebih dingin karena perbedaan suhu) yang ditransfer melalui proses radiasi disebut radiasi inframerah atau panas radiasi.

Semua benda memancarkan radiasi inframerah. Semakin panas benda tersebut, semakin banyak radiasi inframerah yang dipancarkannya. Energi radiasi dari Matahari disebut energi matahari. Dalam percobaan ini, karena hanya tangan bagian atas yang terasa lebih hangat, tangan ini dihangatkan oleh radiasi inframerah yang dipancarkan oleh bola lampu panas, bukan oleh udara yang menyentuh kulit. Tangan atas menyerap (mengambil) radiasi inframerah, dan tangan bawah tidak.