gambar cara mengetahui gerak semu matahari

Cara mengetahui gerak semu matahari cukup menggunakan pohon sebagai alat pengamatan untuk mengetahuai gerak semu matahari.

aksiografi.com – Matahari sangat penting bagi kehidupan kita. Sejak dahulu matahari sudah menjadi petunjuk arah. Bukan hanya itu matahari juga menjadi petunjuk waktu dengan melihat posisi matahari selama setahun. Matahari terbit dari Timur dan terbenam di Barat sehingga matahari memiliki gerakan. Namun gerakan matahari gerakan matahari hanyalah gerakan tampak sehingga gerakannya hanyalah gerakan semu.

Pada pengujian Sekolah Alam Ilmu Bumi kali ini kita akan mempelajari bagaimana mengetahui gerak semu maahari.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam kali ini bertujuan uUntuk mendemonstrasikan gerak semu Matahari.

Bahan-Bahan

pohon

Cara Kerja

1. Berdiri dengan punggung dekat pohon.

2. Berjalan delapan langkah dari pohon.

3. Berbalik dan perlahan berjalan setengah jalan berlawanan jarum jam di sekitar pohon.

4. Saat Anda berjalan, perhatikan batang pohon sambil mengamati objek di latar belakang.

gambar cara mengetahui gerak semu matahari

Hasil

Hasi prakterk cara mengetahui gerak semu matahari berhasil. Pohon tampak bergerak lambat dengan latar belakang objek diam (tidak bergerak).

Mengapa?

Saat pohon tampak bergerak melawan objek di latar belakang, bagi orang yang mengamati, Matahari tampak bergerak ke timur di antara bintang-bintang. Jalur yang terlihat saat matahari bergerak adalah ekliptika.

Ekliptika berjalan melalui pita konstelasi (kelompok bintang yang tampak membuat pola di langit). Pita ini bernama zodiak, dan rasi bintang di sepanjang pita merupakan rasi bintang zodiak.

Di zaman kuno, pengamat langit membagi pita ini menjadi 12 segmen, masing-masing lebarnya sekitar 30°, dengan konstelasi di setiap segmen. Kira-kira setiap 30 hari, segmen berbeda muncul di langit siang hari.

Seperti yang terlihat dari Bumi, konstelasi zodiak adalah latar belakang pergerakan Matahari. Pada waktu tertentu, Matahari berada “dalam” konstelasi tertentu. Jadi, bahkan pada siang hari, ketika Matahari terlalu terang untuk bintang-bintang terlihat, konstelasi di sekitar Matahari diketahui.

Dalam eksperimen ini, Anda mewakili Bumi, pohon mewakili Matahari, dan objek di luar pohon mewakili konstelasi zodiak. Jalur yang Anda lalui mewakili orbit Bumi. Gerakan yang tampak pada pohon akibat oleh gerakan Anda di sekitarnya. Hal ini juga berlaku untuk pergerakan tahunan Matahari yang terlihat karena Bumi berputar (bergerak di sekitar titik pusat) di sekitar Matahari. Saat Bumi berputar mengelilingi Matahari, konstelasi zodiak yang muncul di belakang Matahari berubah sepanjang tahun.