Minggu, Juli 25, 2021

Cara Mengenali Perkembangbiakan Tikus

Must Read

Cara mengenali perkembangbiakan tikus dalam suatu area persawahan sangat sederhana. Kita cukup menggunakan alat dan bahan seperti spidol, lakban, kertas plano dan biji-bijian.

aksiografi.com – Tikus termasuk hewan menyusui (kelas mamalia) yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, baik dalam hal menguntungkan maupun merugikan. Sifat menguntungkan terutama dalam hal penggunaannya sebagai hewan percobaan di laboratorium, sedangkan sifat merugikan adalah dalam hal posisinya sebagai hama pada komoditas pertanian, hewan pengganggu di rumah dan gudang, serta penyebar dan penular (vektor) dari beberapa penyakit pada manusia.

Tikus sawah memiliki tekstur rambut agak kasar, bentuk hidung kerucut, bentuk badan silindris , warna bdan bagian punggung coklat kelabu kehitaman, warna badan bagian perut putih kotor atau kelabu pucat, warna ekor bagian atas coklat huitam, warna ekor bagian bawah coklat hitam, habitat sawah dengan ketinggian kurang dari 1.500 meter diatas permukaan laut.

gambar tikus sawah

Populasi tikus dapat meningkat sangat cepat, karena tikus dapat beranakan dan berkembang biak dengan cepat. Masa hidup tikus adalah satu tahun atau lebih, tikus betina dapat melahirkan anak lebih dari 4 kali setahun. Anak tikus sudah siap kawin setelkah umur 2-3 bulan, dan masa bunting tikus adalah 21-23 hari setelah kawin, dan 24-48 jam setelah melahirkan sudah siap kawin lagi. Tikus ini sekali melahirkan rata-rata menghasilkan 6 ekor atau lebih. Jadi setiap tiga bulan sekali satu ekor betina melahirkan 6 ekor anak.

Baca Juga:   Membuat Struktur Fisik Metana
Baca Juga:   Cara Membuat Model Batuan dalam Siklus Batu

Untuk mengetahui jumlah perekembanga biakan tikus perlu dilakukan studi langsung di lapangan, namun dalam hal ini secara matematis akan belajar mengenai perkembangan tikus dalam waktu satu tahun, sehingga kita dapat membayangkan betapa cepat perkembangan tikus di hamparan dalam waktu satu tahun.

Tujuan Pembelajaran

1. Peserta dapat mengetahui perkembangan sepasang tikus dalam waktu satu tahun.

2. Peserta menyadari betapa pentingnya mengetahui populasi tikus di tingkat hamparan.

3. Peserta dapat mengenal ciri-ciri serangan tikus.

4. Peserta paham beberapa teknik pengendalian hama tiukus.

Alat dan Bahan

Kertas plano

Sepidol

Lakban

biji-bijian

Cara Kerja Mengetahui Perkembangan Tikus

1. Gambarlah beberapa garis di atas kertas dengan sepidol, untuk menunjukkan waktu.

2. Pada bagian pertama taruhlah 2 biji, untuk menunjukkan 2 ekor tikus betina dan jantan.

3. Pada bagian kedua taruhlah 2 biji sebgai induk pertama, 6 biji sebagai anaknya.

4. Pada bagian ketiga taruhlah 2 biji sebagai induk pertama dan 6 biji sebagai anak dari induk pertama, 6 biji sebgai induk kedua dan 18 biji sebagai anak dari induk kedua.

5. Teruskan sampai pada bagian ke lima.

Baca Juga:   Mengapa Atmosfer Paling Hangat Dekat Ekuator

6. Tulislah jumlah biji dari setiap bagian kotak.

Bagaimana Penjelasannya?

Perkembangan tikus akan semakin besar setelah banyak tikus yang terbunuh, hal ini disebabkan oleh karena makin kecil persaingan untuk mendapatkan makan dan tempat hidup. Perkembangbiakan tikus menjadi cepat jika populasi tikus lebih sedikit, dan sumber makanan tercukupi. Jika jumlah tikus banyak maka kita sebaiknya mampu mengendalikan hama tikus khususnya di persawahan.

Baca Juga:   Mengapa Atmosfer Paling Hangat Dekat Ekuator

 

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img