Cara Menentukan Tekstur Tanah dengan Ukuran Regolit

Must Read

Cara menentukan tekstur tanah berdasarkan pengaruh ukuran regolit atau penutup batuan. Tidak semua jenis tanah sama karena itu teksturnya pun berbeda.

aksiografi.com – Sebagian besar kerak Bumi ditutupi tumbuh-tumbuhan. Kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan ini tergantung pada dukungan secara fisik dan asupan unsur hara yang didapat dari campuran partikel batuan lapuk dan humus yang disebut tanah.

Dalam percobaan ini, kita akan belajar membedakan tanah bertekstur kasar, sedang, dan lembut. Kemudian kita akan menentukan bagaimana pengaruh tekstur tanah dan bentuk partikelnya terhadap porositas. Porositas adalah banyak sedikitnya pori-pori tanah. Kita juga akan menguji hubungan antara tekstur tanah dan kemampuan penyerapannya. Profil dan jenis tanah juga akan kamu pelajari.

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan tekstur tanah.

Bahan-Bahan

  • sekop kecil
  • mangkuk berukuran 1 liter
  • spidol
  • isolasi
  • 3 buah stoples berukuran 500 ml
  • 1 liter tanah
  • kertas koran
  • saringan berlubang besar (lihat gambar)
  • saringan berlubang kecil (lihat gambar)

Cara Kerja

1. Pilihiah sebuah daerah yang bertanah, seperti di dekat pohon atau di daerah yang ada tumbuhan tumbuh. Wilayah tanah kosong di kebun juga bisa digunakan. Mintalah izin untuk mengambil kira-kira 1 liter tanah.

2. Gunakan sekop kebun untuk mengambil tanah dan penuhi mangkuk dengan tanah.

3. Gunakan spidol marker dan isolasi untuk memberi angka pada stoples, 1,2, dan 3.

4 Rentangkanlah kertas koran di atas meja.

5. Sebarkan tanah ke atas kertas koran. Periksa dan bersihkan tanah dari hewan yang hidup atau bagian hewan dan tumbuhan yang mati dan kembalikan ke tempat semula.

6. Tuangkan tanah ke dalam saringan berlubang besar, dan ayak saringan di atas kertas koran sampai tidak ada lagi partikel/butiran tanah yang keluar dari lubang saringan (lihat Gambar berikut).

cara menentukan tekstur tanah

7. Masukkan butiran tanah yang tertinggal pada saringan besar ke dalam stoples 1.

8. Tuangkan butiran tanah di atas kertas koran ke saringan berlubang kecil. Ayak saringan di atas kertas sampai tidak ada lagi butiran tanah yang keluar.

9. Masukkan butiran”tanah yang tertinggal di saringan berlubang kecil ke dalam stoples 2 dan butiran tanah yang ada di kertas koran ke dalam stoples 3.

10. Bandingkan jumlah material dalam setiap stoples.

Hasil Cara Menentukan Tekstur Tanah

Tanah terbagi menjadi tiga jenis ukuran—berbutiran besar, sedang, dan kecil. Dengan menggunakan jenis tanah yang berbeda, jumlah material dalam setiap tabung akan beragam juga.

Mengapa?

Tanah adalah lapisan regolit paling atas yang mendukung pertumbuhan tanaman. Tanah terdiri atas butir-butir batuan lapuk, humus (hewan dan tumbuhan yang membusuk), udara, dan air. Tanah sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan. Tanah menyediakan bahan-bahan yang sangat diperlukan tumbuhan untuk membuat makanannya. Dan hewan, secara langsung ataupun tidak langsung, tergantung pada tumbuhan untuk makanannya. Tidak semua jenis tanah sama. Batuan lapuk terdiri atas beberapa jenis. Humus pada tanah juga mempunyai jumlah dan komposisi yang beragam. Kebanyakan tanah mengandung butiran dengan beragam ukuran.

Dalam percobaan ini, kamu telah memisahkan butiran-butiran tersebut. Butiran kasar/besar, seperti pada stoples 1, lebih besar daripada butiran sedang, pada stoples 2. Butiran halus pada stoples 3, lebih kecil daripada butiran di kedua stoples lainnya. Tekstur tanah tergantung pada jenis butiran yang mendominasi dalam campuran tanah. Contoh, jika terdapat lebih banyak butiran seperti dalam stoples 3, maka contoh tanahmu dianggap sebagai tanah bertekstur halus.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian cara menentukan tekstur tanah, maka kita coba pendekatan baru.

1a. Tekstur tanah bisa diperkirakan dengan menggosokkan tanah pada jarijarimu. Rasakan perbedaan teksturnya. Kemudian, cobalah untuk mengumpulkan beberapa contoh tanah dari yang kasar hingga yang sangat halus.

b. Bandingkan jumlah butiran dengan ukuran yang berbeda dari setiap contoh yang dikumpulkan dengan mengulangi percobaan sebelumnya. Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains: Gunakan foto atau diagram dari stoples yang berisikan butiran tanah untuk menunjukkan perbandingan ukuran butiran pada berbagai tekstur tanah.

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img