Cara Menentukan Pengaruh Bentuk Percepatan Benda Jatuh

Must Read

Cara menentukan pengaruh bentuk terhadap percepatan benda yang jatuh dengan melakukan uji coba sederhana saringan atau kertas cetakan roti.

aksiografi.com – Istilah “jatuh bebas” umumnya biasa dipakai untuk menunjukkan kondisi benda yang jatuh ke Bumi. Sebagai contoh, lompatan penerjun payung sebelum parasut terbuka, atau jatuhnya sebuah bola.

Dalam fisika, sebuah benda dikatakan jatuh bebas jika satu-satunya gaya yang bekerja pada benda itu adalah gaya gravitasi. Sebuah benda tidak harus jatuh “lurus ke bawah” agar bisa disebut jatuh bebas; persyaratannya adalah gravitasi merupakan satu-satunya gaya yang bekerja.

Jadi, saat bola dilempar ke atas, walaupun naik, tetap saja bola itu mengalami jatuh bebas. Begitu bola dilempar, dengan mengabaikan tahanan udara (gaya udara yang menghambat gerakan benda), gravitasi adalah satu-satunya gaya yang bekerja pada bola.

Dalam percobaan ini, kita akan mengetahui pengaruh bentuk dan berat benda yang jatuh terhadap percepatannya. Kita juga akan menghitung kecepatan terminal sebuah benda yang mengalami jatuh bebas dan membandingkannya dengan kecepatan terminal benda yang jatuh melintasi atmosfer Bumi. Kita juga akan mengetahui pengaruh tahanan (gaya yang menahan suatu benda yang bergerak di dalam fluida) dan berat terhadap kecepatan terminal.

Memulal Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan pengaruh bentuk terhadap percepatan benda yang jatuh.

Bahan-Bahan

  • 2 saringan bentuk keranjang (bisa diganti dengan kertas cetakan roti)
  • penggaris

Cara Kerja Pengaruh Bentuk

Cara Menentukan Pengaruh Bentuk

1. Bentangkan perlahan-lahan dengan tangan, sisi-sisi salah satu saringan sehingga diameter atasnya lebih besar 2,5 sampai 5 cm daripada diameter saringan lainnya. Biarkan dinding saringan lainnya tetap tegak.

2. Dengan sisi terbuka menghadap ke atas, pegang saringan tersebut pada masing-masing tanganmu, dan angkat setinggi mungkin pada ketinggian yang sama. Lalu jatuhkan keduanya pada waktu yang sama. Tentukan saringan mana yang jatuh lebih cepat.

3. Ulangi Langkah 2, sebanyak tiga kali atau lebih.

Hasil Cara Menentukan Pengaruh Bentuk

Saringan dengan sisi-sisi yang masih tegak jatuh lebih cepat.

Mangapa?

Velositas adalah kecepatan dan arah suatu benda yang bergerak. Percepatan adalah perubahan kecepatan per satuan waktu. Percepatan merupakan besaran vektor yaitu besaran yang memiliki besar dan arah. Sedangkan percepatan konstan adalah besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat.

Jatuh bebas adalah gerak benda yang hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi saja. Di medan gravitasi Bumi (suatu daerah di angkasa tempat gaya gravitasi beraksi pada benda), jatuh bebas terjadi di dekat permukaan Bumi dengan percepatan konstan 9,8 m/detik- dan dikenai sebagai percepatan jatuh bebas.

Percepatan jatuh bebas atau bisa disebut gerak jatuh bebas (GJB) adalah salah satu bentuk gerak lurus dalam satu dimensi yang hanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi saja.

Walaupun begitu, karena Bumi diselubungi atmosfer (selimut gas yang mengelilingi benda langit—benda-benda alam di langit, misalnya planet), benda-benda yang jatuh menabrak molekul udara sehingga terjadi gaya penghambatan ke atas yang disebabkan oleh gesekan antara udara dan permukaan benda tersebut. Udara merupakan nama untuk campuran gas-gas di atmosfer Bumi.

Gaya gesekan ini disebut tahanan. Tahanan adalah gaya yang menghambat benda yang bergerak di dalam fluida seperti udara atau air. Semakin besar luas permukaan benda yang jatuh, maka semakin banyak molekul-molekul udara yang ditabrak oleh benda jatuh tersebut setiap detiknya.

Bertambahnya jumlah molekul udara yang ditabrak permukaan benda yang jatuh, meningkatkan gaya ke atas atau tahanan terhadap benda tersebut. Dengan meningkatnya tahanan, maka percepatan bendanya berkurang, seperti yang ditunjukkan dengan bertambahnya waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk jatuh.

Cobalah Pendekatan baru

Setelah melakukan pengujian cara menentukan pengaruh bentuk terhadap percepatan benda jatuh, maka kita akan mencoba dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Bagaimana berat mempengaruhi percepatan benda jatuh? Ulangi percobaan dengan menggunakan sebuah saringan tunggal dan saringan ganda yang dibuat dengan melekatkan dua buah saringan menjadi satu. Bentuk saringan tersebut harus sama, sehingga faktor berat saja yang menjadi satu-satunya faktor yang diuji.

Perbedaan percepatannya dapat ditentukan dengan lamanya waktu jatuh. Semakin lama waktu jatuhnya, maka semakin kecil percepatannya. Sebaliknya, semakin cepat waktu jatuhnya, maka semakin besar percepatannya.

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img