Minggu, Juli 25, 2021

Cara Menentukan Efektivitas Pengawet Makanan

Must Read

Cara menentukan efektivitas pengawet makanan kalsium propionat dalam menghambat pertumbuhan jamur pada roti. Pengaruh zat tambahan ini pada berbagai jenis roti dan juga pengaruh suhu pada zat pengawet akan ditentukan.

aksiografi.com – Bakteri dapat ditemukan di mana saja, termasuk pada makanan yang kita makan sehari-hari. Nah, karena bakteri dapat berada di mana saja, maka sangat penting kita mengenal pertumbuhan bakteri dan apa yang mempengaruhi sehingga terjadi pertumbuhan yang pesat.  

Satu bakteri tunggal tidak dapat dilihat, tetapi bila diberikan kondisi yang tepat bakteri dapat berkembang biak menjadi koloni sel-sel bakteri yang dapat dilihat. Suhu dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri.

Di dunia kita yang kompleks ini, produk-produk makanan harus dikirim ke tempat-tempat yang jauh dan atau disimpan dalam waktu yang lama. Akan sangat sulit untuk mengirim dan menyimpan kebanyakan jenis makanan tanpa menggunakan zat pengawet tambahan.

Dalam percobaan ini, kita akan mempunyai kesempatan untuk menguji keefektifan kalsium propionat, bahan pengawet makanan yang menghambat pertumbuhan jamur pada roti. Kalsium propionat banyak dijual di toko maupun secara online. Pengaruh zat tambahan ini pada berbagai jenis roti dan juga pengaruh suhu pada zat pengawet akan ditentukan. Kita juga akan menganalisis metode-metode lain dalam mengawetkan makanan.

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan seberapa efektif bahan pengawet makanan kalsium propionat dalam menghambat pertumbuhan jamur pada roti.

Bahan-Bahan

  • handuk kertas
  • air
  • kantong plastik berperekat berukuran 4 liter
  • 6 potong roti tawar dengan propionat
  • 6 potong roti tanpa propionat atau zat pengawet lainnya
  • spidol
  • stiker label
  • kaca pembesar
Baca Juga:   Bagaimana Tanggapan Semangka Terhadap Cahaya
Baca Juga:   Bagaimana Tanggapan Semangka Terhadap Cahaya

Cara Kerja Menentukan Efektivitas Pengawet

1. Lembapkan handuk kertas dengan air dan letakkan di dalam satu kantong plastik.

2. Letakkan satu potong roti yang mengandung propionat dan satu potong tanpa propionat bersisihan di atas handuk kertas lembap tadi di dalam kantong plastik.

3. Rekatkan kantong plastik.

4. Gunakan spidol dan stiker label untuk memberi label. Letakkan label di bagian luar kantong plastik di atas potongan roti yang dimaksud.

5. Ulangi Langkah 1 sampai 4 untuk menyiapkan lima kantong tambahan dengan dua potong roti, satu potong dengan propionat dan satu tanpa propionat di dalam tiap-tiap kantong plastik. Catatan: Enam kantong bukanlah jumlah yang signifikan, tetapi menyediakan cukup sampel untuk membuktikan hasilmu.

6. Simpanlah keenam kantong tadi pada suhu kamar.

7. Amati potongan-potongan roti setiap hari dengan menggunakan kaca pembesar.

8. Teruskan mengamati roti selama dua minggu atau sampai setiap potong telah dipenuhi oleh jamur. Catat lamanya waktu yang dibutuhkan oleh tiap-tiap roti untuk dipenuhi oleh jamur.

Hasil

Hasil cara menentukan efektivitas pengawet makanan kalsium propionat dalam menghambat pertumbuhan jamur pada roti berhasil. Dengan memberi waktu yang cukup, semua potongan roti akan dipenuhi jamur. Akan tetapi, potongan yang mengandung kalsium propionat ditumbuhi oleh jamur dengan lebih lambat. (lihat Gambar di bawah ini)

Cara menentukan efektivitas pengawet

Mengapa?

Kalsium propionat adalah zat pengawet makanan yang termasuk dalam daftar GRAS  (“Generally Recognized As Safe“/Umumnya Dikenal Aman) oleh U.S. Food and Drug Administration (Badan Administrasi Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat). Pada konsentrasi rendah, kalsium propionat aman untuk manusia tetapi menghambat perkembangbiakan dan pertumbuhan jamur. Penambahan kalsium propionat pada roti membuat roti dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Baca Juga:   Suhu Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri

Mikroba mempunyai makanan khusus, dan spesies yang berbeda dapat ditemukan pada makanan-makanan khusus. Pengawet makanan adalah bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke makanan untuk mencegah pembusukan. Kalsium propionat adalah pengawet makanan untuk roti karena dapat menghambat cepatnya pertumbuhan jamur roti, meningkatkan kandungan kalsium, dan menghindarkan kemungkinan penurunan pembentukan gas selama proses pembuatan.

Baca Juga:   Arah Pertumbuhan Akar, Batang, dan Daun

Cobalah Pendekatan Baru

1. Seberapa efektifkah kalsium propionat pada roti lain selain roti tawar? Ulangi percobaan dengan menggunakan berbagai jenis roti, seperti roti yang terbuat dari gandum, ketela pohon, kentang, dan Iain-lain.

2. Apakah suhu mempengaruhi keefektifan zat pengawet kalsium propionat? Ulangi percobaan awal dengan menggunakan dua pasang sampel roti. Letakkan satu pasang di dalam lemari es dan yang kedua di tempat hangat.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Catat hasil-hasil percobaan awal dan percobaan-percobaan lainnya dan pamerkan tabel datanya pada pendekatan pertama di atas..

Ambil foto saat percobaan berlangsung untuk menunjukkan perubahan dalam makanan sebagai akibat ada atau tidaknya kalsium propionat pada pendekatan kedua.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img